Kakimu Bukan Ampelas Girls, Begini Cara Sederhana Atasi Tumit Pecah-Pecah. Ampuh!

sites.psu.edu

Tumit merupakan anggota tubuh yang penting untuk menopang tubuh kita. Namun sayangnya masih banyak yang mengabaikan perawatan area tumit sehingga kulit tumit kerap menjadi sangat kering dan pecah-pecah. Kondisi tumit pecah-pecah ini terjadi saat kulit di area tersebut sangat kering hingga mengelupas atau bahkan mengalami pendarahan. Jika tidak diberikan perawatan yang tepat, kondisi itu dapat menyebabkan masalah serius seperti infeksi hingga kesulitan berjalan. Tentunya kamu nggak mau kan kalau sampai aktivitas terganggu karena tumit pecah-pecah?

Untuk membantu mengatasi tumit pecah-pecah yang mengancam mobilitas dan kepercayaan dirimu, berikut langkah sederhana mengatasinya. Simak ya!

1. Hindari memakai alas kaki dengan bagian belakang yang terbuka

www.captainhanski.com

Meskipun sandal mungkin lebih nyaman pada kaki kamu, hindari memakai sandal dan sepatu dengan bagian belakang terbuka untuk melindungi kaki dari retak. Menutupi seluruh bagian kaki akan membuat kulit lembap, gunakan kaos kaki sekalian. Pastinya pilih sepatu yang berbahan lembut sehingga tidak menyebabkan rasa sakit dan gesekan pada tumit yang menimbulkan retakan.

2. Menjaga pola makan

ar.pinterest.com

Sangat penting untuk memiliki pola makan yang tepat yang kaya akan asam lemak Omega-3, buah-buahan, dan sayura, kacang-kacangan yang membuat tubuh kamu ternutrisi. Makan makanan yang kaya vitamin A dan E serta minum banyak air mineral dapat menjaga kelembapan kulit kamu dari dalam, membuat kamu tetap sehat dan bebas dari masalah tumit pecah-pecah.

3. Membuat masker pisang

www.money.id

Ini adalah salah satu cara pengobatan rumah termurah untuk menyembuhkan kaki kering dan pecah-pecah. Caranya, tumbuk pisang menjadi pasta halus, oleskan ke area yang retak. Diamkan pasta selama lima belas menit agar terserap dengan baik. Lalu basuh kaki dengan air hangat dan rendam dalam air dingin selama beberapa menit. Masker pisang ini membantu melembabkan kulit secara efektif. Gunakan secara rutin setiap hari, pasti tumit kamu lembut dan halus.

4. Memijat dengan minyak nabati
www.estilodevidasano.com

Menggunakan minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa atau minyak sayur untuk pemijatan harian akan menjauhkan tumit yang pecah. Pemijatan secara teratur juga meningkatkan sirkulasi darah di area kaki dan melembutkan tumit. Untuk lebih melembapkan, biarkan minyak menetap semalaman di tumitmu. Oleskan setiap malam sebelum tidur untuk hasil maksimal.

5. Eksfoliasi dengan bubuk beras
www.alibaba.com

Scrub ini membantu menghilangkan kulit mati yang disebabkan dari kekeringan dan keretakan. Cara membuat bubuk beras yaitu dengan mengendapkan beras selama sehari penuh lalu tiriskan dan haluskan. Tambahkan beberapa tetes cuka apel dan madu ke segenggam bubuk beras yang sudah jadi dan aduk sampai menjadi pasta kental. Rendam kaki pecah-pecah dalam air hangat selama sekitar 15 menit dulu sebelum melakukan eksfoliasi. Setelah itu, gunakan pasta beras dan gosokkan pada bagian tumit yang pecah-pecah secara perlahan. Untuk mendapat hasil maksimal gunakan dua hari sekali.

6. Membuat masker madu

www.proastiakos.gr

Karena bersifat anti-bakteri, madu adalah pelembap yang luar biasa untuk kaki. Madu dapat meresap ke dalam kulit dan membuat kulit tetap kenyal dan lembap sehingga membantu proses penyembuhan dengan lebih cepat. Campur secangkir madu ke dalam bak berisi air hangat. Rendam kaki kamu di air madu ini selama sekitar 20 menit. Lalu gosok kaki dengan lembut untuk mendapatkan hasil yang bagus.

7. Cuci dengan air lemon

www.livestrong.com

Pengobatan jus lemon adalah metode penyembuhan paling sederhana untuk tumit pecah-pecah. Lemon memiliki khasiat khusus yang membantu menghaluskan kulit dan menghilangkan sel kulit mati. Langsung rendam tumit pecah-pecah di air hangat yang dicampur dengan air lemon selama sekitar 15 menit dan gosok dengan menggunakan batu apung atau sikat bulu lembut.

Kini kamu jadi semakin percaya diri memamerkan tumit yang halus nan mulus. Asalkan kamu mau mengikuti langkah di atas secara rutin, tumit pecah-pecah enggak akan kembali menghampirimu. Selain perawatan alami, imbangi pula dengan menggunakan produk sabun dan hand body yang melembapkan agar kulit kamu tetap terjaga kelembutannya. Jadi mau coba langkah yang mana nih? Semoga berhasil ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Rahasia Ganteng Effortles dari Christiano Ronaldo yang Bisa Menggaet Hati Cewek Sedunia

Rahasia Ganteng Effortles dari Christiano Ronaldo yang Bisa Menggaet Hati Cewek Sedunia

Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Pizza Italia dan Pizza Amerika!

Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Pizza Italia dan Pizza Amerika!

Biar Nggak Jadi Rambut Singa, Rawat Rambut Keringmu Dengan 8 Hair Mask Ampuh Ini

Biar Nggak Jadi Rambut Singa, Rawat Rambut Keringmu Dengan 8 Hair Mask Ampuh Ini

Baju Vintage Zaman Baheula Nggak Bisa Jadi Kekinian? Salah Besar, 12 Gaya Ini Buktinya!

Baju Vintage Zaman Baheula Nggak Bisa Jadi Kekinian? Salah Besar, 12 Gaya Ini Buktinya!

Pakai Toner Sampai 7 Lapis, 7 Skin Method Ala Cewek Korea Ini Bikin Lelah!

Pakai Toner Sampai 7 Lapis, 7 Skin Method Ala Cewek Korea Ini Bikin Lelah!

Biar Nggak Salah Kaprah Selamanya, Harus Paham Bedanya Matcha dan Green Tea Nih!

Biar Nggak Salah Kaprah Selamanya, Harus Paham Bedanya Matcha dan Green Tea Nih!

loading