Kaca di Rumah Buram? Bersihin Pakai 8 Benda Rumahan Ini Biar Kinclong Lagi

14 Maret 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Salah satu hal yang kadang bikin nggak enak mata saat di rumah tuh saat kita liat kaca di rumah kita berembun. Mending kalau berembunnya tuh masih berbentuk titik air yang mengalir. Kalau malah buram dan mengganggu pemandangan, nggak enak juga. Pandangan kita terhadap objek yang ada di balik kaca itu menjadi terganggu.

Belum lagi dengan cermin. Niatnya mau berkaca, eh malah jengkel sendiri karena banyak bercak-bercak putihnya. Dibersihin pakai air, hasilnya nihil. Terus gimana ya solusinya biar kaca di rumah kita nggak buram, tapi juga nggak banyak mengeluarkan uang untuk membersihkannya?

Nah, pasti ini juga jadi pertanyaan di benak kamu, 'kan? tenang, sekarang nggak perlu pusing-pusing lagi saat membersihkan kaca buram di rumah kamu karena solusinya ternyata sederhana! Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kamu, masalah biasa langsung selesai!

1. Pasta gigi

Bahan rumahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kaca yang buram adalah pasta gigi. Oleskan sedikit pasta gigi pada kaca yang buram, kemudian lap secara perlahan dan searah. Tidak hanya bersih, kaca yang dilap dengan pasta gigi pun akan terhindar dari debu.

2. Kayu putih

Minyak kayu putih ternyata bisa membersihkan kaca lho. Tuangkan minyak kayu putih secukupnya pada lap yang bersih, kemudian usapkan searah pada kaca atau jendela yang buram. Setelah itu, lap kembali kaca menggunakan lap yang sedikit dibasahi air agar kotoran dengan mudah bisa terangkat.

3. Tembakau menthol

Tembakau menthol atau tembakau rokok pun bisa digunakan untuk membersihkan kaca yang buram lho. Caranya sangat mudah, usap kaca yang buram dengan tembakau secukupnya. Jangan terlalu keras saat mengusap karena potongan cengkeh pada tembakau bisa menggores kaca.

4. Shampoo

Shampoo tidak hanya bisa membersihkan kulit kepala, tetapi bisa juga membersihkan kaca yang buram karena embun. Oleskan sedikit shampo pada kaca, kemudian lap dengan kanebo yang lembab (tidak dicampur air). Cara mengelapnya pun harus searah agar kaca tidak semakin buram.

5. Kaus kaki

Cara yang satu ini tidak menggunakan bahan-bahan pembersih. Cukup dengan kaus kaki bekas dan pasir, kamu sudah bisa membuat kaca di rumahmu cling-cling kembali. Oh iya, pasir yang digunakan adalah pasir yang biasa dipakai untuk alas kandang hewan peliharaan ya. Caranya sangat mudah, masukkan pasir tersebut ke dalam kaus kaki bekas, kemudian ikat dengan kencang agar pasir tidak tercecer. Setelah itu, gunakan kaus kaki tersebut untuk mengelap kaca yang buram agar kembali bersih.

6. Air teh

Kalau kamu penikmat teh dan sering mengonsumsi teh di rumah, mulai sekarang jangann buang ampas air teh karena bisa bermanfaat untuk membersihkan kaca. Caranya seduh ampas teh hitam yang sudah tidak terpakai dengan 200 ml air bersih dan tambahkan cuka sebanyak 40 ml. Kemudian, saring bahan-bahan tersebut dan tuang larutannya ke dalam botol spray.

Penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan menyemprotkan cairan tersebut pada kaca jendela, kaca lemari, ataupun kaca cermin di rumah Anda. Usap dengan kain yang bersih dan kering kemudian kaca di rumahmu akan kembali bersih.

7. Cuka makan

Walaupun bagi sebagian orang cuka makan mempunyai bau yang kurang sedap, cuka makan bisa juga bermanfaat untuk membersihkan kaca lho.  Cara pun sangat mudah, cukup campurkan 2 sendok makan cuka dengan air yang kemudian tuangkan ke dalam botol semprot untuk membersihkan kaca. 

8. Tepung maizena

Selain untuk memasak, tepung maizena juga sangat ampuh untuk membersihkan kaca jendela rumah.

Caranya adalah dengan mencampurkan 45 gram tepung maizena dengan 125 ml air. Celupkan kain ke dalamnya dan gosokkan pada kaca jendela rumah. Awalnya, akan terbentuk lapisan tipis pada kaca jendela, kemudian gosok terus hingga kaca jendela tampak seperti baru lagi.

Nah itu dia guys cara membersihkan kaca buram di rumah dengan menggunakan barang-barang yang mudah ditemukan di sekitar kamu. gimana? gampang kan ternyata membersihkan kaca buram. Nah, kalau gini' kan kaca di rumah kamu jadi bening dan kamu nggak perlu beli produk pembersih kaca yang harganya mahal!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES