Jika Ingin Usaha Kuliner Kamu nggak Bangkrut, Hindari 7 Kesalahan Fatal Ini Ketika Memulai

11 Juni 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Membangun bisnis bukan perkara mudah. Banyak aspek yang perlu kamu pikirkan. Segela resiko hingga kegagalan juga harus siap kamu terima. Namun sekalipun urusan ini cukup kompleks, bukan berarti kamu nggak bisa membangun bisnis. Mungkin salah satu yang cukup menarik adalah membangun bisnis kuliner atau restoran. Sebab usaha di bidang ini cukup menguntungkan, apalagi banyak orang butuh makan.

Namun meski begitu tak ada tantangan yang harus kamu hadapi. Kamu juga harus menghindari berbagai hal agar tercegah dari kebangkrutan. Untuk itu, ketika memulai membangun bisnis kuliner, kamu jangan menghindari beberapa kesalahan ini.

1. Kamu salah dalam melakukan riset pasar dan kompetitor

Saat memulai bisnis kamu jangan gegabah dan terburu-buru. Kamu harus memiliki strategi dan rencana yang sudah kamu siapkan secara matang. Kamu bisa memulainya dengan melihat tren pasar dan siapa saja kompetitor yang bermain dalam bidang yang sama. Setelah itu, kamu harus bisa menciptakan inovasi baru agar produkmu berbeda dengan yang lainnya.

2. Kamu masih minim pengalaman dan pemahaman dalam bisnis kuliner

Kalau kamu masih minim pengalaman dan pemahaman soal bisnis kuliner, ini bisa menjadi boomerang bagi kamu. Lalu kamu harus bagaimana? Tentu saja kamu harus belajar dulu soal ini. Kamu bisa menggali berbagai informasi kepada orang yang sudah ahli. Atau, kamu bisa mencoba cari pengalaman dengan bekerja di tempat yang nantinya bisa jadi panutan bagi kamu.

3. Kamu salah dalam memilih lokasi usaha kamu

Lokasi bisnis bisa cukup menentukan. Karena ini berpengaruh kepada pasar kamu nanti. Sekalipun kamu memiliki produk yang bagus, tapi lokasimu tidak tepat, tentu saja bisa menyulitkan bagi pembeli kamu. Lalu lokasi yang strategis itu seperti apa? Misalnya, area kampus, tempat wisata, area perkantoran, dan lainnya. Yang penting lokasi pilihan kamu di pusat keramaian.

4. Jangan pernah sepelekan soal kualitas makanan

Tak sedikit pengusaha kuliner yang mengabaikan hal ini. Padahal ini adalah poin penting untuk terus menjaga kualitas produk kamu, dari sisi rasa hingga kebersihan. Karena dua hal ini sering menjadi pertimbangan pembeli. Jadi sekalipun kamu sebagai pemilik, posisikan juga bahwa kamu sebagai pembelinya. Kalau kualitas bisa kamu pertahankan, pelanggan kamu nggak bakal lari.

5. Kamu tidak melakukan promosi

Sekalipun kamu memiliki produk kuliner yang bagus, kalau kamu nggak bisa menjual juga sama saja. Untuk itu promosi bisa membantu memecahkan masalah ini. Kegiatan ini harus terus berkelanjutan agar orang tidak lupa dengan bisnis kamu. Hal ini bisa dilakukan dari mulut ke mulut, leaflet, poster, atau kamu bisa manfaatkan media sosial.

6. Ketika sudah berjalan, kamu lemah dalam inventaris barang dan kontrol staf kamu

Tak sedikit kebangkrutan usaha yang disebabkan oleh faktor internal. Oleh karena itu, kamu harus bisa memiliki kontrol yang kuat terhadap kualitas produk, dapur, barang, hingga staf kamu. Sebab, lemahnya kontrol bisa menjadi masalah. Apalagi kalau ada barang-barang yang hilang atau ada karyawan yang melakukan penyelewengan. Jadi kamu harus terus tingkatkan pengawasan terhadap semua hal tadi.

7. Kamu memiliki manajemen keuangan yang buruk

Sekalipun produkmu laris, restoran atau usaha kamu ramai tapi kalau manajemen keuangan buruk hasilnya sama saja. Ini bisa menjadi masalah krusial. Jadi nggak heran kemajuan bisnis kamu bisa ditentukan oleh hal ini juga. Yang penting kamu memiliki pengelolaan yang baik. Pembagian uang harus jelas, mana yang untuk modal, kebutuhan pribadi, harian, dan seterusnya.

Itulah tadi beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari ketika memulai bisnis kuliner. Nantinya, kamu pasti akan menghadapi berbagai tantangan yang mungkin membuat kamu lelah dan kehilangan motivasi. Namun apa pun itu kamu tetap harus optimis karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya, kok.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES