Jijik-jijik Sedap, Ini Kuliner Khas Sumatera Utara dari Kotoran Usus Sapi. Bernyali Coba?

16 Mei 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Indonesia nggak pernah habis dengan ragam kulinernya. Pasti kalian semua juga mengakui hal ini. Bahkan, berbagai kuliner nyeleneh tersebar di berbagai daerah sebagai makanan khas. Nah, untuk kali ini Yukepo juga akan mengulas kuliner unik dan mungkin bagi beberapa orang sedikit jijik. Sebab, bahan yang digunakan dinilai tidak lazim, yakni pagit-pagit atau trites, kuliner khas Sumatera Utara yang terbuat dari kotoran usus sapi.

Kalau bicara rasa, kuliner unik ini cita rasanya sedikit pahit dan gurih. Tapi dari segi aromanya, sangat harum dan bisa bikin kamu laper. Meskipun terdengar aneh atau bahkan jijik, kuliner ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan, lho. Di dalamnya memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Hal ini didapat dari sumber utama pagit-pagit, yakni kotoran usus sapi berupa rumput yang sudah dikunyah.

Namun tak hanya soal bahan saja yang dinilai tidak wajar. Tapi cara mengolahnya juga demikian. Sebelum proses memasak, rumput dari usus sapi ini dikumpulkan dulu di ember. Namun jangan salah, warna rumput dari usus ini tidak berubah dan masih hijau. Umumnya, warga setempat memang sengaja memberikan sapi mereka dengan rumput yang masih segar sebelum disembelih.

Lalu proses selanjutnya, rumput yang sudah dikumpulkan tadi diperas dulu dengan kain tipis. Tujuannya, untuk memisahkan cairan dari dalam usus sekaligus menghilangkan bau amisnya. Setelah bersih, rumput kemudian direbus dalam waktu yang cukup lama, yakni dari 2 sampai 3 jam hingga bau amis hilang.

Kemudian setelah cukup merebusnya, bahan tambahan lainnya adalah jeroan, tulang sapi, santan, kulit kayu, susu segar, dan tentu saja bumbu pagit-pagit yang sudah dihaluskan. Lalu adonan ini dimasak dan diaduk hingga matang. Setelah itu pagit-pagit pun siap untuk kamu nikmati.

Pagit sendiri dalam bahasa setempat berarti pahit. Tapi sampai sekarang kelestariannya masih terjaga karena ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Sumatera Utara. Banyak juga orang yang percaya bahwa dengan memakan ini bisa menyembuhkan maag, memperbaiki pencernaan, dan menambah nafsu makan.

Nah, jika kamu lagi berkunjung ke Sumatera Utara, rasanya pasti ada yang kurang kalau belum coba pagit-pagit. Ini kuliner yang wajib kamu cicipi. Tenang, rasanya enak, kok. Bernyali untuk mencoba?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES