Jerawat Batu Bikin Bete? 4 Bahan Alami Ini Bisa Menghilangkannya, Lho

07 Juni 2018
|Chandra W.

Memiliki wajah halus mulus tanpa cela adalah impian semua orang. Tapi, namanya hidup, nggak ada yang sempurna. Di wajah, ketidaksempurnaan muncul dalam bentuk komedo, jerawat, keriput, dan juga jerawat batu. Yang terakhir ini ngeselin karena meskipun kecil, bikin makeup jadi nggak menempel dengan rata. Kecil-kecil bikin susah. Tapi, tenang saja. Berikut cara-cara menghilangkannya.

1. Masker madu

Masker madu mengandung antiseptik yang berfungsi membunuh bakteri pada jerawat. Selain itu, ia juga mampu menyamarkan bekas luka. Dobel-dobel kebaikannya. Jika jerawat batu rutin muncul di wajahmu, coba deh maskeran madu 2-3 kali seminggu dan lihat perbedaannya. 

2. Baking soda

Lho, bukannya baking soda itu digunakan untuk membuat kue? Betul. Tapi, siapa sangka bahan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat batu? Caranya mudah, cukup campurkan baking soda dengan sedikit air lalu campur hingga mengental seperti adonan pasta. Oleskan di area yang berjerawat, tunggu 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi langkah ini setiap hari hingga jerawat hilang. 

3. Es batu

Selain bisa digunakan untuk membuat es teh, es campur, dan es-es lainnya, es batu juga bisa membantu mengurangi peradangan di area yang berjerawat dan mengecilkannya lebih cepat. 

4. Daun binahong

Tanaman yang memiliki nama latin Anredera cordifolia ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat batu. Tumbuk hingga halus dan oleskan di area yang berjerawat, diamkan selama semalam. Lakukan secara rutin sampai jerawat mengempis dan hilang. Serasa sedang melakukan pengobatan tradisional, ya? Nggak apa-apa. Yang penting kan jerawat batunya nggak semakin membatu. 

Itu dia empat bahan alami yang bisa kamu gunakan  untuk menghilangkan jerawat batu yang membandel. Jangan dianggap sepele, lho. Meskipun kecil-kecil dan sekilas nggak terlihat dari jauh, jerawat batu cukup mengganggu penampilan karena bikin makeup nggak bisa menempel secara merata di wajah. Males banget kan kalau harus terus menutupi dengan concealer, hanya untuk jerawat batu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES