Jenis dan Kisaran Modal untuk Bisnis Ikan Cupang, Mau?

20 Agustus 2017
|Robertus Ari
1.3 KSHARES

Secara umum, ikan cupang bisa dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu ikan cupang aduan dan ikan cupang hias. Hal yang membedakannya adalah ikan cupang aduan lebih agresif dan bentuk tubuhnya lebih ramping, sedangkan ikan cupang hias lebih tenang dengan bentuk sirip yang lebih mekar dan indah. Ikan ini berkembang biak di air tawar yang tersebar di seluruh Asia Tenggara, seperti Kamboja, Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Habitat mereka ada di danau, rawa-rawa, bahkan lubuk sawah. Untuk jenisnya sendiri sebenarnya cukup banyak, setidaknya ada sekitar dua puluhan jenis yang diketahui. Namun, untuk di Indonesia, ikan cupang biasa dikenal dalam beberapa jenis saja. Yuk, kita cari tahu apa saja jenis-jenis ikan cupang yang ada di Indonesia beserta harga di pasarannya!

1. Cupang Halfmoon

Ikan ini berbentuk seperti bulan karena ekor dan siripnya yang menyatu sehingga berbentuk seperti setengah lingkaran. Harga di pasaran biasanya berkisar dari 5 ribu sampai 400 ribuan. Namun, harga tersebut bisa lebih mahal kalau ikannya pernah menang dalam sebuah kontes atau sejenisnya.

2. Cupang Crown Tail atau Serit

Ikan cupang ini termasuk ke dalam jenis breeder atau diternakkan. Cupang jenis ini memiliki keunggulan dari keindahan ekornya layaknya mahkota raja. Untuk kisaran harganya, mulai dari 10 ribu sampai 450 ribuan karena warna bisa juga berpengaruh dalam penentuan harga jual.

3. Cupang Plakat atau Laga

Ikan cupang jenis ini bisa ditandai dengan bentuknya yang lebih pendek dan cenderung lebih kecil dari jenis ikan cupang lainnya. Namun, cupang ini lebih agresif dan biasa untuk aduan. Untuk harga berkisar antara 10 sampai 300 ribuan. Tapi, untuk kualitas impor, ikan aduan ini harganya bisa mulai dari 30 ribuan.

4. Cupang Double Tail atau Cagak

Ikan cupang ini bentuknya mirip dengan halfmoon. Hal yang membedakannya ada pada ekornya yang terbagi menjadi dua bagian. Untuk harganya sendiri bisa mulai dari 15 sampai 500 ribuan dan bisa lebih mahal kalau pernah menang kontes.

5. Cupang Giant

Tentu dari ikan yang lain, cupang jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dan bahkan bisa 2-4 kali lipat dari besar ikan cupang yang biasa. Untuk harganya pun cukup tinggi, yakni 60 sampai 700 ribuan.

6. Cupang Liar

Cupang ini disebut juga cupang alam dan bentuknya lebih memanjang. Ikan cupang liar juga cenderung lebih agresif dan cocok jika dipakai untuk aduan. Namun katanya, harga cupang liar justru bisa lebih tinggi, yakni mulai dari 20 ribuan sampai jutaan.

7. Lalu, bagaimana jika kamu ingin bisnis Ikan cupang?

Meski ukurannya yang mungil, namun jangan sepelekan ikan kecil kalau sudah masuk di ladang bisnis. Mungkin kamu sudah tahu juga kalau beberapa pelaku bisnis ikan air rawa ini bisa beromzet jutaan rupiah. Lalu apakah itu benar?

Melansir laman okezone.com, Jum'at (21/04/2017), seorang pelakukan bisnis ikan cupang, Saringun, warga desa Majasari, Purbalingga, Jateng mengaku dirinya sudah menekuni bisnis pembudidayaan ikan cupang hias sejak lima belas tahun yang lalu. Dari pembudidayaan tersebut, Saringun mengatakan setiap bulan omzetnya bisa mencapai Rp 10 juta. Omzet itu didapat dari dua puluh petak kolam ikan yang tiap petaknya diisi oleh 50 ribu ekor ikan dengan masa panen tiap 3 bulan. Untuk harga, Saringun membandrol ikan cupang miliknya dengan harga Rp 3 ribu sampai Rp 15 ribu rupiah. Tapi, kalau untuk kualitas kontes, harganya bisa lebih mahal lagi.

Beda lagi cerita di Kampung Cupang yang ada di daerah Semanan, Jakarta Barat. Di sana juga terdapat sentra ikan cupang, mulai dari hias hingga aduan. Melansir laman kumparan.com, Selasa (24/01/2017), Marwan Pechi yang juga pelaku bisnis ikan cupang mengatakan per bulan dirinya bisa menjual hingga 5.000 ikan cupang dengan berbagai jenis.

“Per bulannya kios saya bisa menjual sampai 5.000 ikan cupang. Mungkin kurang lebih nilai transaksi sebulan bisa 10-15 jutaan,” terang Marwan Pechi.

 

Bagaimana? Tergiur untuk mencoba peruntungan dengan bisnis ikan cupang? Mungkin sebagai langkah awal kamu bisa memulainya di rumah dulu dengan akuarium kecil serta belajar cara membudidayakan ikan cupang. Jika kamu mau berusaha dan bekerja keras, pelan-pelan untuk menjadi pebisnis sukses bukanlah hal yang mustahil.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
1.3 KSHARES