Jawaban Ampuh Buat 7 Pertanyaan Jebakan Saat Interview Kerja. Biar Diterima!

18 September 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Salah satu momok yang menakutkan bagi para pemburu kerja adalah cara menjawab pertanyaan jebakan saat interview. Keluar rumah sih udah mantap melangkah menuju masa depan, tapi ketika duduk di depan HRD-nya kok lidah jadi kelu dan otak seolah nggak bisa berpikir sempurna? Apalagi kalau dihadapkan oleh pertanyaan yang seperti ada ranjaunya, salah dikit bisa-bisa nggak keterima kerja deh. Nggak perlu gundah gulana, guys! Nih, Yukepo kasih nih buat tips menghadapi ini.

1. “Coba ceritakan tentang dirimu!”

Biasanya pertanyaan jebakan ini muncul sesaat setelah kamu masuk ruang interview. Kamu akan ditanyakan pertanyaan ini dan jawabanmu akan menentukan kesan pertama. Kalau ditanya dengan pertanyaan ini, kamu bisa jawab dengan menyebutkan nama, usia, domisili (bukan alamat lengkap dengan kode pos ya), latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja. Jadi nggak perlu mendongeng dari tentang masa kecil kamu di kampung halaman ya!

2. “Apa kekurangan dan kelebihanmu?”

Kalau ditanya pertanyaan seperti ini, sebaiknya kamu tuturkan dengan santai bukan seperti mengada-ngada dengan kelamaan mikir. Kamu bisa tuturkan kelebihanmu terlebih dahulu dengan percaya diri tapi bukan lebay, misalnya rajin, kreatif, dan sebagainya. Setelah itu sebutkan kekuranganmu dengan gaya bahasa yang lebih positif, misalnya bukan orang yang spontan karena kamu harus memikirkan segala sesuatu dengan matang.

3. “Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?”

Umumnya sih, pewawancara ingin mengetahui apakah kamu benar serius untuk melamar kerja di perusahaannya. Jadi, jangan lupa browsing dulu sebelum interview tentang perusahaan tersebut. Nggak perlu menceritakan kronologi berdirinya perusahaan atau mengabsen seluruh jajaran direksinya. Cukup sebutkan perusahaan tersebut bergerak di bidang apa dan apa jasa yang mereka tawarkan ke publik.

4. “Apa yang membuatmu memutuskan untuk resign dari pekerjaan sebelumnya?”

Ada riwayat berhenti bekerja dan melamar di perusahaan lain biasanya akan ditanyakan hal-hal seperti ini. Harus diperhatikan, pertanyaan jebakan kayak gini jangan pernah dijawab dengan cara menjelek-jelekkan tempat kerjamu sebelumnya. Sebaiknya kamu tuturkan hal-hal yang lebih positif tentang dirimu, misalnya ingin pengalaman baru, jenjang karir yang meningkat, penghasilan yang lebih sesuai, dan tentunya ingin lebih berkembang.

5. “Rekan kerja seperti apa yang tidak kamu sukai dan bagaimana caramu bekerjasama dengannya?”

Satu lagi nih pertanyaan jebakan tentang rekan kerja. Biasanya sih tim HRD-nya ingin tahu seberapa mantap kamu bisa bekerja sama dengan orang lain yang bahkan nggak kamu sukai. Kamu bisa menyebutkan beberapa sikap yang kamu nggak suka terkait dengan pekerjaan, misalnya nggak professional, nggak bertanggung jawab, dan sebagainya. Jelaskan juga bagaimana kamu bekerja sama dengan mereka berdasarkan pengalaman kamu sendiri dengan cara yang positif, ya!

6. “Apa prestasi yang telah kamu capai di pekerjaan sebelumnya?”

Coba ingat-ingat lagi kamu pernah melakukan hal-hal membanggakan apa sih saat di pekerjaan sebelumnya? Misalnya nih kamu pernah membuat perencanaan ide konten yang ternyata sukses banget di sosial media hingga menaikkan penjualan. Kalau kamu orangnya berprestasi banget, nggak perlu semua kesuksesan kamu disebutkan sih. Pilih satu yang terbaik aja menurut kamu. Terutama prestasi dengan proses yang menantang dan sulit, akan lebih cihuy lagi tuh kalau dijelaskan!

7. “Berapa gaji yang kamu inginkan untuk pekerjaan ini?”

Jangan keburu rendah diri atau tinggi hati ketika ditanya tentang nominal gaji. Tapi jangan sembarangan juga ya. Pertimbangkan dengan kualitas hasil kerja kamu selama ini, pengalaman, dan latar belakang pendidikan. Kalau kamu fresh graduate, kamu bisa menjawab dengan angka sekitar UMR tapi jangan di bawah UMR. Kalau kamu berpengalaman lebih dari satu tahun, kamu bisa menyebutkan nominal gaji yang lebih dari gajimu sebelumnya atau boleh sama nominalnya dengan benefit lain yang lebih baik.

Jadi udah lebih siap dong menghadapi interview kerja nanti? Ingat, pertanyaan jebakan sesulit apapun bisa kamu lalui asal kamu percaya diri dan nggak gugup. Good luck, guys!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES