Jauh dari Ciri Khas, 5 Nasi Uduk Kekinian Ini Punya Bentuk yang Nggak Biasa

11 Juli 2018
|Reza Pratama
0SHARES

Istilah “Belum makan, kalo nggak makan nasi” memang menggambarkan masyarakat Indonseia. Hal ini membuktikan jika kita begitu ketergantungan terhadap nasi. Tak heran jika kuliner dari bahan nasi pun memiliki banyak ragamnya. Mulai dari nasi kuning, nasi goreng, nasi uduk, dan sebagainya. Berbicara tentang nasi uduk, kita semua pasti sudah sangat akrab dengan makanan tradisional yang satu ini. Biasa dijadikan menu saat sarapan, keberadaan nasi uduk sudah tersebar dari kota sampai ke pelosok-pelosok daerah. 

Namun, kini nasi uduk sudah mulai banyak yang mengkreasikannya menjadi makanan yang berbeda. Nah, berikut kreasi nasi uduk kekinian dengan bentuk dan rasa yang berbeda dari biasanya. 

1. Nasi uduk ungu

Bukan hasil editan, nasi uduk ini benar-benar berwarna ungu. Warna nyentrik dari nasinya sendiri buat menggunakan bahan alami, seperti ubi ungu dan bunga telang. Jadi aman untuk dikonsumsi. 

2. Nasi uduk cake

Meski ada unsur kata 'cake' di dalamnya, tapi bukan berarti bahan yang digunakan juga sama dalam membuat kue. Bahan-bahan yang digunakan justru sama dengan yang biasa kita temukan saat membeli nasi uduk. Hanya saja bentuknya dibuat menyerupai cake. 

3. Nasi uduk McD

Beberapa waktu yang lalu, McD meluncurkan menu baru yang menghebohkan banyak orang. Bagaimana tidak, restoran cepat saji sekelas McD memasukkan nasi uduk ke dalam menu barunya. Menurutmu lebih enak nasi uduk McD atau nasi uduk original?

4. Nasi uduk macarons

Agak sedikit aneh memang membayangkan nasi uduk digabungkan dengan makanan manis seperti macarons. Tetapi makanan ini benar-benar dibuat oleh salah satu toko kue di Indonesia, La Maison. Cita rasa yang gurih dan manis bercampur aduk menjadi satu di dalam mulut. 

5. Nasi uduk es krim

Variasi selanjutnya ada nasi uduk es krim. Es krim yang dikenal memiliki rasa manis yang kuat harus dipadupadankan dengan rasa gurih dari nasi uduk dan ikan teri. Tentu gabungan kedua makanan ini akan menghasilkan senasi makan uduk yang berbeda. Tertarik mencoba?

Memiliki cita rasa dan lauk-pauk yang khas, mebuat reputasi nasi uduk tak pernah menurun. Termasuk beberapa nasi uduk kekinian di atas. Meski masuk ke dalam makanan tradisional, beberapa restoran juga sengaja menyediakan nasi uduk ke dalam menunya. Hal ini jadi bukti jika nasi uduk tetap dicintai oleh kalangan bawah maupun atas. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES