Jangan Tertipu Agen Umroh Bodong. 9 Saran Ini Berguna Banget dan Wajib Diikuti!

www.middleeastobserver.org

Jika mengikuti perkembangan berita akhir-akhir ini, kita masih sering mendengar kabar tentang agen perjalanan umroh yang ternyata hanya tipu-tipu dan sudah merugikan puluhan hingga ribuan jamaah. Bahkan salah satu agen umroh tersebut termasuk agen besar yang sudah merekrut artis kenamaan tanah air untuk jadi brand ambassadornya.

Ada kemungkinan lainnya, ada di luar sana yang mengaku menjadi agen umroh dan haji yang terpercaya. Padahal aslinya bodong. Duh, dunia memang kejam. Untuk itu coba deh ikuti beberapa tips supaya tetap bisa berangkat umroh dengan aman dan nyaman.

Caranya adalah dengan mencari agen yang memang trusted dan nggak memberi iming-iming harga murah. Supaya jauh dari mimpi buruk kena tipu. Untuk ibadah, jangan asal pilih dong tentunya!

1. Jangan mudah tergiyur harga promo

unsplash.com

Sebelum memilih agen perjalanan umroh, kamu wajib survei harga pasaran normal dulu. Biasanya satu orang membutuhkan biaya sebesar Rp20-25 juta untuk kelas ekonomi standar. Kalau ada agen yang menawarkan di bawah harga, tersebut kamu wajib waspada. Paling tidak kamu tanya dulu fasilitas apa saja yang kamu dapatkan dengan harga miring tersebut. 

2. Tanyakan dengan jelas fasilitas apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang ditawarkan

id.pinterest.com

Sebagai konsumen, kamu wajar kok untuk cerewet. Maka dari itu, baca informasi dengan sejeli-jelinya. Nggak perlu terburu-buru, kamu bisa tanya ke beberapa agen untuk perbandingan. Normalnya dengan harga Rp20-25 juta, kamu harus sudah dapat fasilitas tiket pulang-pergi, akomodasi, manasik, transportasi selama di negara tujuan, pemandu, pengurusan visa, asuransi, dan perlengkapan lainnya. 

3. Akan ada biaya tambahan yang perlu kamu siapkan

id.pinterest.com

Jangan kaget kalau pihak agen akan meminta biaya tambahan. Biasanya, harga paket yang ditawarkan belum termasuk Vaksin Meningitis dan biaya mengurus nama paspor menjadi tiga kata. Jika mereka meminta dengan alasan tambahan lain apalagi terkait akomodasi, perlengkapan, dan transportasi selama di sana, lebih baik kamu ganti agen saja. 

4. Agen yang baik dan berpengalaman selalu mencantumkan tanggal berangkat dan kepulangan sejak awal
id.pinterest.com

Umroh tidak seperti haji yang harus antre bertahun-tahun, jadi biasanya mereka sudah bisa memberikan kamu tanggal keberangkatan dan kepulangan yang pasti dengan cepat. Mereka juga sudah menyediakan data maskapai yang digunakan, nama hotel, dan detail penting lainnya. Kalau mereka tidak bisa memberikan kepastian tanggal berangkat, kamu wajib curiga. 

5. Kepoin dulu agen yang kamu minati
id.pinterest.com

Kepoin website dan media sosial dari agen yang kamu incar. Kalau mereka memang real dan profesional, pasti punya  website yang terus ter-update. Kamu juga perlu googling, apakah mereka termasuk yang sudah terdaftar resmi di Kementerian Agama. Nama izin untuk agen perjalanan umroh dan haji adalah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU). Penting banget poin itu! 

6. Kemampuan mengurus visa umroh

unsplash.com

Untuk jadi jamaah umroh, kamu wajib punya visa umroh. Visa hanya bisa diurus jika kamu sudah dapat rekomendasi dari agen terpercaya yang sudah diverifikasi oleh pihak pemerintah Arab Saudi. Jadi kalau sampai mereka kelihatan terbata-bata saat menjelaskan proses aplikasi visa, hati-hati deh. 

7. Rajin tanya teman dan saudara, jangan hanya tergiur endorse-an artis

id.pinterest.com

Kesel 'kan kalau ada agen perjalanan umroh yang sudah merekrut artis papan atas saja terjerat kasus penipuan. Makanya, kamu lebih baik berkaca ke pengalaman teman-teman atau saudara kamu yang sudah pernah umroh. Tanyakan rekomendasi agen umroh yang terpercaya serta biaya-biaya yang wajar untuk kamu keluarkan. 

8. Pastikan agen perjalanan ini mudah dihubungi dan selalu siap siaga

flickr.com

Agen perjalanan yang terpercaya pasti punya banyak customer service yang siap siaga dan fast response. Pastikan mereka mudah dihubungi dan selalu senang hati mencerahkan kebingungan kamu. 

9. Minta kuitansi yang jelas
id.pinterest.com

Kalau sudah mau melakukan pembayaran, pastikan kamu teliti dengan nominal yang akan dibayarkan. Apakah harganya sudah sesuai dengan kesepakatan atau tidak. Pastikan juga apakah agen travel ini juga sudah mencantumkan pajak, sebab agen perjalanan yang terpercaya pasti sudah terdaftar dan wajib mendaftar pajak. Terakhir, minta kuitansi yang jelas, tercantum nama kamu, tanggal pembayaran, penerima uang, dan nominal yang dibayarkan. 

Hmmm, kasus penipuan berkedok agen perjalanan umroh memang polemik yang nggak habis-habis. Banyak celah yang kemudian dimanfaatkan pihak tidak bertanggungjawab. Namun, jangan cuma bisa menyalahkan pemerintah dan si penipu, kamu sebagai konsumen juga harus cerdas dan waspada tentunya. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Indonesia Makin Beringas, 2019 Wilayah Udara Asean Siap Dicaplok, Singapura Bakal Melarat! - Keepodotme

Indonesia Makin Beringas, 2019 Wilayah Udara Asean Siap Dicaplok, Singapura Bakal Melarat! - Keepodotme

Biar Nggak Ngebosenin, Serba-serbi Outfit dari Amanda Manopo Ini Patut Dijajal

Biar Nggak Ngebosenin, Serba-serbi Outfit dari Amanda Manopo Ini Patut Dijajal

Ampuh! 7 Cara Membuka Situs yang Diblokir - Keepodotme

Ampuh! 7 Cara Membuka Situs yang Diblokir - Keepodotme

Sebelum Ngetren Kayak Sekarang, Ini 13 Manfaat Ajaib Lidah Buaya buat Kecantikan!

Sebelum Ngetren Kayak Sekarang, Ini 13 Manfaat Ajaib Lidah Buaya buat Kecantikan!

9 Petinju Asli yang Muncul di Film-Film Rocky dan Creed - Keepodotme

9 Petinju Asli yang Muncul di Film-Film Rocky dan Creed - Keepodotme

11 Resep Olahan Terong yang Nggak Kalah Enak, Daripada Bosen Disambel dan Digoreng Terus

11 Resep Olahan Terong yang Nggak Kalah Enak, Daripada Bosen Disambel dan Digoreng Terus

loading