Jangan Terjebak Kosmetik Jadi-Jadian, Cermati 7 Tanda Pada Kemasan Ini Sebelum Membeli!

13 Juni 2018
|Faizah Pratama

Pernah nggak sih nyesel setelah beli makeup gara-gara ternyata sudah kadaluarsa? Atau kamu pernah membeli produk kecantikan tertentu yang justru bikin kulitmu iritasi? Semua itu merupakan kerugian yang bakal kamu terima jika abai membaca tanda dan keterangan pada kemasan kosmetik.

Mengamati kemasan sebelum membeli sesuatu merupakan yang tidak boleh terlewatkan termasuk saat beli kosmetik. Dalam kemasan tersedia segala informasi tentang kosmetik yang akan kamu beli. Biar nggak kecele alias mendapatkan sesuatu tidak sesuai harapan, 6 hal pada kemasan ini wajib kamu amati!

1. Kondisi Kemasan

Sebelum membaca keterangan produk, hal yang paling utama dilakukan adalah mengecek kondisi kemasan. Pastikan kemasan kosmetik yang akan kamu beli dalam kondisi tersegel. Waspadalah jika tulisan pada kemasan memudar. Perhatikan dengan cermat biar tidak kena tipu barang palsu.

2. Tanggal produksi dan kadaluarsa

Manufactured Date biasanya disimbolkan dengan MFG atau MFD untuk menginformasikan kepada pembeli kapan kosmetik tersebut diproduksi. Sementara kode kadaluarsa dilambangkan dengan huruf E atau EXP yang biasanya terdiri dari tanggal, bulan, dan tahun. Tanggal kadaluarsa biasanya juga tertulis dengan tanda Best Used By. Kode ini sangat penting dicek karena kosmetik kadaluarsa bisa menyebabkan jerawat dan iritasi.

3. Kode BPOM

Saat memilih kosmetik, pastikan yang akan kamu beli sudah terdaftar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan memperhatikan kodenya. Kosmetik yang telah terdaftar BPOM lebih aman digunakan karena telah melewati serangkaian uji laboratorium. Biar lebih yakin kamu bisa mengeceknya di website cekbpom.pom.go.id.

4. Komposisi

Selain mengecek kode BPOM, kamu juga harus jeli melihat kandungan kosmetik. Kosmetik terkadang mengandung bahan kimia tertentu yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Misalnya pewarna sintesis, paraben dan Sodium lauryl sulfate. Bagi yang memiliki kulit sensitif, bahan-bahan kimia tertentu bisa memicu iritasi.

5. Petunjuk penggunaan

Meski kamu sudah sering menggunakan  kosmetik, kamu juga perlu membaca petunjuk pemakaiannya. Siapa tahu ada langkah-langkah yang wajib dilakukan agar memperoleh hasil yang maksimal. Pada bagian ini pula dicantumkan manfaat produk kosmetik tersebut.

6. Peringatan

Bagian ini bisanya berisi imbauan untuk menggunakan produk kosmetik tersebut hanya di bagian luar tubuh saja. Pada bagian ini pula biasanya terdapat petunjuk penyimpanan yang benar. Terdapat pula peringatan untuk tidak menggunakan produk tersebut untuk anak usia tertentu. 

7. Simbol-simbol

Tanpa disadari, pada kemasan kosmetik juga terdapat simbol-simbol yang bermakna penting. Misalnya simbol api yang menandakan produk tersebut mudah terbakar. Biasanya simbol api ini terdapat pada botol spray parfum atau hair styling. Ada juga lambang kemasan terbuka dengan angka yang teltulis di tengahnya, misalnya 12M berarti batas penggunaan kosmetik tersebut 12 bulan setelah kemasan dibuka. 

Amatilah ketujuh hal tersebut, baru putuskan akan membeli atau tidak kosmetik yang telah kamu incar. Jangan asal saat membeli, sebab nantinya barang tersebut akan menentukan kelangsungan kecantikan kulit wajah dan tubuhmu. Jadilah pembeli cerdas biar nggak menyesal nantinya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
SHARES