Jangan Takut, Hadapi Infeksi Saluran Kemih dengan 8 Cara Ini!

19 September 2017
|Lidya Kartika

Di tengah kemajuan zaman, kita sering kali dituntut bergerak serba cepat, bahkan sampai melewatkan hal-hal personal yang detail, seperti kebersihan pribadi. Hal ini membuat belakangan, banyak masyarakat yang terkena infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih (ISK) atau biasa disebut urinary tract infection dapat terjadi baik pada laki-laki maupun perempuan, dan disebabkan oleh bakteri.  

Terdapat beberapa pemicu ISK, seperti: Adanya penghalang atau yang menghalangi saluran kencing, misalnya batu ginjal; Adanya kesulitan untuk mengeluarkan semua urin yang terdapat pada kandung kemih; Penggunaan alat kontrasepsi seperti diafragma dan kondom; Sistem daya tahan tubuh yang lemah karena penyakit atau kemoterapi; Pada laki-laki, dapat juga dipicu oleh pembesaran kelenjar prostat.

Gejala yang terjadi beragam, di antaranya, urin yang berwarna keruh atau berdarah, keluarnya bau tidak enak dari urin, keinginan buang air kecil yang lebih tinggi daripada biasanya, keram perut bagian bawah, demam, juga gelisah berlebihan. Apabila kamu mengalami ISK, jangan panik. Kamu bisa melakukan hal ini untuk mengatasinya infeksi saluran kemih secara alami.

1. Minum air putih

Delapan sampai dengan sepuluh gelas air dalam sehari dapat membantu menghilangkan bakteri melalui urin yang dikeluarkan. Jumlah ini dapat bervariasi sesuai keadaan kamu. Jika terdapat gangguan seperti batu ginjal, jumlah air yang dikonsumsi mungkin akan berbeda.

 

2. Tidak menahan buang air kecil

Menahan air kecil dapat menyebabkan bakteri semakin berkembang di dalam kandung kemih Anda. Selain itu, kamu juga harus buang air kecil setelah berhubungan seks dengan pasangan. Ini dapat mengurangi risiko bakteri yang masuk lebih dalam ke saluran kencing

3. Minuman jus cranberry

Jus cranberry dapat menjadi pengobatan yang alami untuk infeksi saluran kencing. Jus cranberry diketahui mengandung fruktosa dan monosaccharide yang baik untuk kesehatan.  Selain itu, dapat juga mengonsumsi jus buah dengan kandungan yang memiliki kandungan yang bermanfaaat, yakni buah beri, apel, dan persik.

4. Mengonsumsi vitamin c

Meski tidak boleh mengonsumsi jeruk, kamu bisa mendapatkan nilai vitamin C dari buah serupa, seperti tomat. Vitamin C membuat urin Anda asam dan ini baik untuk mengurangi bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kencing.

5. Kompres panas

Menurut Dr. Rivers yang dikutip di Everyday Health, menggunakan bantal panas dapat meringankan rasa perih atau sakit pada area kandung kemih. Cara menggunakannya adalah dengan tidak mengaplikasikannya langsung ke kulit, gunakan kain sebagai pemisah. Gunakan maksimal selama 15 menit.

6. Gunakan pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian dengan bahan yang dapat membuat kulit bernapas, seperti celana dalam katun, celana longgar bukan celana jeans, baju yang longgar, hal ini diperlukan agar tidak terasa lembap sehingga bakteri yang ‘hinggap’ pun berkurang

7. Perhatikan kebersihan area kandung kemih

Dalam keadaan mengalami ISK, kamu tidak diperbolehkan menggunakan spray atau sabun pembersih kewanitaan. Selain itu, kamu juga harus membilas daerah genital dengan cara dari depan ke belakang, lalu keringkan. Hal ini untuk menghindari kuman yang berpindah tempat ke saluran kencing. Ketika mandi, lebih baik menggunakan shower daripada berendam di bathtub

8. Gaya hidup sehat

Kamu disarankan untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi, yakni lebih sering mengkonsumsi buah dan sayur.

Namun, jika penyakit infeksi saluran kemih kamu tidak kunjung membaik, kamu harus menghubungi dokter ya. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik, atau memberikan penanganan lebih lanjut.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lidya Kartika
Gak Punya Quote Nih!
SHARES