Jangan Sering-sering Konsumsi 9 Makanan Ini, Nggak Baik Buat Kamu!

23 Juni 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Setiap orang punya makanan kesukaan. Karena saking sukanya, terkadang ogah makan jika makanan favoritnya nggak tersedia. Ya, dengan begitu, ia mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya. Tapi, tahukah kamu, ternyata ada beberapa makanan yang tidak baik lho jika dikonsumsi tiap hari. Berikut ini 9 makanan yang tidak boleh dikonsumsi tiap hari.

1. Mie Instan

Kamu pasti sudah tahu dong, kalau mengonsumsi mie instan tiap hari itu nggak baik. Ya, benar sekali, kandungan pengawet dalam mie instan bisa membuat kesehatan tubuh kita tertanggu. Sebaiknya sih, mengonsumsi mie instan cukup sekali dalam seminggu.

2. Makanan Kaleng

Sama halnya dengan mie instan, makanan kaleng pastilah menggunakan zat pengawet. Tentunya, jika kita sering-sering mengonsumsi makanan kaleng, kesehatan kita bisa terganggu. Lebih baik sih makan makanan yang masih segar.

3. Snack Kemasan

Nonton televisi ataupun membaca buku paling enak memang ditemenin dengan cemilan. Tapi, sebaiknya jangan kamu lakukan setiap hari ya. Tahu sendirikan banyak bahan kimia yang digunakan dalam satu kemasan cemilan. Selain itu, berat badanmu juga bisa melonjak lho.

4. Dessert manis

Biasanya sih sehabis menyantap menu utama, dessert manis menjadi penutupnya. Sayangnya, kebiasaan ini berdampak buruk buat kita. Penyakit gula bisa mengancam hidup kita. Sesekali sih boleh-boleh aja. Asal jangan rutin.

5. Kentang

Banyak yang diet dengan menghindari makan nasi. Lalu, mereka lebih memilih menyantap kentang. Ternyata, hal itu salah lho karena kentang punya karbohidrat yang tinggi. Alhasil, bisa tambah gendut malahan.

6. Susu

Susu sering dikonsumsi oleh banyak orang. Biasanya, susu dikonsumsi untuk sarapan atau menjelang tidur. Namun, kandungan lemak yang tinggi dalam susu ternyata nggak baik buat dikonsumsi terlalu sering. Tak hanya susu, hal itu berlaku juga untuk semua produk olahannya.

7. Kedelai

Tempe, tahu, dan kecap kedelai sangat lekat dengan lidah orang Indonesia. Bahkan, mungkin sering hadir di meja makan. Tapi ternyata, kita tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kedelai dan olahannya setiap hari lho. Kedelai yang dikonsumsi rutin akan menghambat penyerapan zat besi yang bisa berakibat anemia.

8. Tomat

Tomat adalah buah yang baik untuk dikonsumsi. Akan tetapi, jangan dikonsumsi setiap hari. Pasalnya, tomat bisa saja mengandung atropine yang bisa menyebabkan sakit kepala dan sakit perut.

9. Ikan Tuna

Mengonsumsi ikan tuna bisa berdampak baik bagi otak. Tapi, ikan tuna rawan terkontaminasi mercuri. Untuk itu, tidak disarankan rutin mengonsumsinya sebab mercuri bisa menimbulkan lemah otot, gangguan penglihatan, dan autism.

 

Sebenarnya, semua makanan memang tidak baik jika dikonsumsi dengan berlebihan. Tubuh kita ada batasannya dalam menerima segala bentuk makanan. Makanya, makanlah setiap makanan dengan cukup.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES