Jangan Sepelekan 5 Persiapan Pernikahan Ini. Punya Manfaat Jangka Panjang, Lho!

02 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Mempersiapkan pernikahan bukan hanya tentang gaun, jas, gedung pesta, atau budget semata. Ada hal-hal lain yang nggak kalah penting yang justru punya manfaat jangka panjang untuk keberlangsungan rumah tanggamu dan pasangan. Tapi hal-hal ini sering disepelekan karena mungkin banyak yang berpikir bahwa hidup dalam pernikahan akan terjadi dengan sendirinya secara alami.

Nah, agar kamu dan pasangan memiliki pernikahan yang sejahtera, yuk lakukan kelima persiapan di bawah ini, yuk.

1. Cek kesehatan

Ketika sudah berumah tangga nanti, kamu dan pasangan tentu akan mengidamkan momongan. Agar program memiliki buah hati berjalan lancar dan kualitas hubungan intim semakin meningkat, kamu perlu lakukan medical check-up pranikah, nih. Dengan cek kesehatan, kamu akan memperoleh informasi tentang kondisi kesehatan kamu dan pasangan hingga vaksin yang berguna untuk kesehatan kalian berdua. Penting banget nih agar kamu lebih tahu apa yang harus dilakukan jika ada kondisi yang harus dilakukan tindakan.

2. Konsultasi psikologis

Sering kali pasangan yang akan menikah menganggap konsulitasi psikologis hanya akan berisi nasihat-nasihat tentang pernikahan dan bagaimana agar menjadi suami atau istri yang baik. Padahal jika kamu konsultasi pranikah dengan konselor atau psikolog spesialis pernikahan, maka kamu akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana menjalankan peran baru sebagai suami istri hingga persiapan menjadi ayah dan ibu. Apalagi kalau selama pacaran kalian sering ada masalah, berkonsulitasi bisa jadi langkah baik untuk menuju pernikahan yang ideal.

3. Perawatan tubuh

Jangan terlalu terlena dengan ungkapan “aku terima kamu apa adanya”, karena semestinya kamu dan pasangan harus berusaha untuk saling membahagiakan dan memuaskan. Salah satunya adalah dengan merawat tubuh masing-masing agar tampak lebih sehat dan indah dilihat oleh pasangan masing-masing.

Perawatan tubuh bisa dimulai dari program diet, olahraga, hingga perawatan yang sifatnya estetik tapi tetap bertujuan untuk menjadi sehat seperti lulur, refleksi, perawatan organ intim dan sebagainya. Kalau udah gini pasti pasanganmu jadi bahagia banget!

4. Konsultasi finansial

Menikah artinya harus siap dengan konsekuensi finansial yang sangat jauh berbeda dengan ketika kamu sendiri. Kalau sebelumnya tujuanmu menabung untuk kebutuhan pribadi, setelah menikah kamu akan mulai memikirkan masa depan lebih jauh. Untuk itu perlu perencanaan finansial yang matang ketika akan menikah dan kamu perlu berkonsultasi dengan financial planner khusus rumah tangga. Mereka akan membantumu untuk merencanakan alokasi keuanganmu selama menikah hingga biaya pendidikan anak.

5. Konsultasi keagamaan

Meski bukanlah hal yang wajib, namun menikah dapat menuntunmu dan pasangan menuju kebahagiaan dunia dan akhirat bila dijalankan sesuai dengan perintah agama. Kamu dan pasangan akan saling melengkapi dan akan jauh lebih baik jika kalian mengerti bagaimana menjalankan pernikahan sesuai dengan pedoman agama yang kalian anut. Maka, perlu banget nih berkonsultasi pada pemuka agama yang kalian percaya untuk menjadi konselor atau penasihat pernikahan kalian sebelum menuju jenjang pernikahan.

Sekarang udah tahu kan gimana mempersiapkan pernikahan dengan matang? Jadi nggak boleh lupa persiapan yang nggak kalah penting seperti di atas ya. Ingat, kehidupa rumah tangga yang sebenarnya itu justru dimulai setelah pesta, jadi siapkan untuk kehidupan yang sesungguhnya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES