Jangan Sekadar Ikut Tren, Ini Dia 7 Tips Biar Diet Keto-mu Sukses Besar!

04 Desember 2017
|Olphi Disya
19SHARES

Saat ini, diet keto menjadi salah satu cara diet yang populer. Diet keto merupakan salah satu cara untuk mengontrol asupan gula dan karbohidrat namun menekankan pada asupan lemak yang tinggi agar lemak tersebut dapat dipecah menjadi energi yang bermanfaat untuk tubuh. Diet ini mampu menurunkan berat badan, menjaga kebugaran dan performa, dan manfaat kesehatan lainnya.

Tapi itu semua bisa didapatkan jika kamu mengikuti aturan asupan nutrisi saat melakukan diet. Jangan asal-asalan ya. Yuk ikuti tipsnya seperti berikut ini.

1. Mulai dari hitung-hitungan

Apalah arti diet jika hanya sekadar mengurangi asupan makanan tanpa tahu perhitungan yang tepat tentang nutrisi yang baik untuk tubuhmu. Kamu bisa konsultasi ke dokter spesialis gizi atau nutritionist untuk mendapatkan penjelasan lengkap mengenai kebutuhan dietmu, terutama jika kamu memilih diet ketogenik.

Beberapa cara lainnya adalah dengan bantuan aplikasi di smartphone kamu untuk menghitung jumlah kalori, karbo, gula, dan sebagainya dalam satu porsi makananmu. Mudah, bukan?

2. Cari alternatif karbohidrat

Bagi orang Indonesia yang terbiasa makan nasi, tentu harus punya tekad yang bulat untuk mengurangi asupan karbohidrat. Namun, kamu tetap bisa mendapatkan nutrisi karbohidrat dengan mencari alternatif lain yaitu seperti shirataki noodles yang mirip dengan spaghetti namun dengan karbohidrat yang rendah. Bisa juga dengan memilih makanan yang rendah kerbohidrat lainnya seperti kacang macadamia dan makanan rendah karbohidrat yang disarankan oleh ahli gizi.

3. Gimana dengan produk susu?

Terbiasa untuk minum susu dan sulit untuk mengganti produk susu dengan alternatif lain? Kamu tetap bisa mengonsumsi susu seperti almond milk atau soy milk (susu kedelai) yang tak kalah lezat dengan susu sapi biasanya. Kamu juga bisa mengonsumsi produk susu lain seperti keju atau heavy whipped cream di atas kopimu. Jadi, kamu tetap bisa merasakan enaknya susu dengan cara yang lebih sehat.

4. Pilih roti yang gluten-free

Kalau kamu biasanya sarapan dengan roti, kamu bisa menggantinya dengan roti yang lebih ramah untuk diet ketogenik. Misalnya adalah roti yang diperkaya dengan biji-bijian atau bisa juga membuat sendiri roti untuk pelengkap menu dietmu. Kamu bisa membuatnya dengan tepung tapioka yang gluten-free. Selain untuk roti, bahan seperti ini pun bisa kamu gunakan untuk membuat kue atau bahan pizza untuk kamu yang lagi diet ketogenik.

5. Pecinta makanan manis, jangan khawatir

Meski dalam diet keto asupan gula dibatasi, kamu tetap bisa merasakan kenikmatan cokelat yang manis atau permen, kok. Pilih camilan yang rendah gula atau gluten free. Kamu bisa ngemil cacao nibs, kue kering, biskuit atau permen kacang yang terdiri dari kombinasi biji-bijan dan buah. Rasa manisnya akan tetap bisa kamu rasakan tanpa perlu khawatir jumlah asupan gula yang kamu konsumsi.

6. Jangan sampai kekurangan mineral ketika diet keto

Biasanya orang yang baru mulai diet keto akan mengalami penurunan berat badan karena air dan natrium berkurang karena asupan karbohidrat menurun. Tapi kehilangan natrium bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh yang bisa memengaruhi tingkat mineral lain. Hal ini tentu menjadi masalah bagi tubuh. Kamu bisa dapatkan asupan natrium dari garam, terutama garam Himalaya/garam dapur kasar dan juga dari kaldu ayam/tulang sapi.

7. Serat tetap perlu dong, meskipun asupan lemakmu banyak!

Sebenarnya tubuhmu nggak butuh banyak serat karena ketika diet keto, metabolisme tubuhmu akan bekerja sangat efisien. Hal ini karena dalam diet keto kamu akan makan makanan dengan kalori yang berkualitas, bukan sekedar kalori aja. Maka dari itu, kamu tetap harus mengonsumsi alpukat, santan, agar-agar, dan sayuran agar buang air besar tetap lancar. Pastikan kamu cukup serat agar pencernaanmu tetap lancar jaya, ya! 

Kesuksesan untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat perlu semangat dan konsitensi dalam menjalankan diet keto. Good luck!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
19SHARES