Jangan Panik! Saat Gempa Bumi Terjadi, Lakukan 7 Tips Ini Untuk Menyelamatkan Diri

temblor.net

Beberapa waktu yang lalu, terjadi gempa bumi yang berkekuatan hingga 7,3 SR di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Berita ini sempat membuat heboh masyarakat umum, karena ada potensi tsunami. Hal ini jelas membuat banyak orang panik ketika hal ini terjadi.

Nah, terus gimana nih kalau tiba-tiba gempa bumi terjadi di daerahmu? Well, gempa bumi memang sangat berbahaya dan membuat panik. Supaya kamu tetap baik-baik saja saat menghadapi kejadian alam ini, yuk coba selamatkan diri dengan cara berikut ini!

1. Alat yang HARUS ada di setiap tempat

www.bmkg.go.id

Apa yang harus selalu kamu bawa untuk menghadapi situasi darurat? Yup, selalu sediakan P3K, senter atau lampu baterai, radio, makanan suplemen, dan air. Kamu bisa memasukkannya ke dalam sebuah tas. Kamu juga boleh menambahkan beberapa benda penting ke dalam tas tersebut, misalnya dokumen penting. Jadi saat terjadi gempa bumi tiba-tiba, kamu langsung bisa membawa tas tersebut dan menyelamatkan diri.

2. Saat kamu berada di dalam ruangan, gunakan teknik 3B: Berlutut, Berlindung, dan Berpegangan

id.wikihow.com

Ketika gempa mulai terasa, segeralah berlutut dan merendahkan badan, dan carilah tempat berlindung. Praktikkan cara 3D ini. Kamu bisa berlindung di bawah meja yang kokoh, lalu berpegangan. Kalau kamu lagi di atas tempat tidur, tetaplah di sana, kecuali jika di atasmu ada lampu gantung yang berat. Setelah gempa berhenti, barulah keluar ruangan dengan berjalan (bukan berlari, ya guys!) dan berhati-hati untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan.

3. Kamu juga bisa menggunakan rumus segitiga kehidupan saat berada di dalam ruangan

id.wikihow.com

Kalau tidak ada meja yang kokoh di dalam ruangan kamu berada, kamu bisa menggunakan rumus segitiga kehidupan. Meskipun masih diragukan oleh beberapa petugas keselamatan gempa bumi, namun metode ini dapat melindungimu dari reruntuhan bangunan.

Selama berada di dalam segitiga kehidupan, kamu bisa meringkuk dengan posisi fetal seperti janin di dalam kandungan. Menurut Doug Copp, penggagas teori segitiga kehidupan, posisi fetal yang merupakan hal alami bagi kucing dan anjing dapat diterapkan oleh manusia.

Akan tetapi perlu diingat ya guys, segitiga kehidupan adalah pilihan terakhir. Sebaiknya kamu hanya menggunakannya saat tidak ada lagi tempat berlindung di dalam ruangan kamu berada.

4. Demi keselamatanmu, jangan lakukan hal-hal ini saat gempa bumi terjadi!
id.wikihow.com

Kalau kamu sedang berada di dalam ruangan saat terjadi gempa bumi, dan tidak menemukan tempat berlindung sama sekali, jangan pernah berlindung di balik pintu, karena kusen pintu bisa jatuh dan runtuh. Sebaiknya kamu juga tidak naik ke lantai atas atau berpindah-pindah tempat untuk mencari tempat berlindung. Menurut para pakar keselamatan, kemungkinan mengalami cedera justru lebih besar saat kamu berpindah-pindah daripada diam di tempat.

5. Saat kamu berada di luar ruangan, tetaplah di luar!
id.wikihow.com

Saat gempa bumi, banyak orang yang cedera bahkan tewas karena tertimpa reruntuhan bangunan. Oleh karena itu, ketika gempa bumi terjadi, jika kamu berada di luar, tetaplah di luar, dan jauhilah bangunan sehingga kemungkinan tertimpa reruntuhan semakin kecil. Selain itu, kamu juga harus menjauhi penerangan jalan dan kabel listrik.

6. Jika kamu sedang berada di dalam kendaraan, segera berhenti ya!

id.wikihow.com

Jika kamu berada di dalam kendaraan, berhentilah sesegera mungkin dan tetap di dalam. Kamu akan tetap aman asalkan tidak berhenti di dekat bangunan, pepohonan, jalan layang, dan kabel listrik. Kamu bisa melanjutkan berkendara saat gempa bumi mereda, tapi jangan melewati jembatan atau tanjakan yang rusak ya!

7. Tetap tenang dan ambil langkah preventif saat kamu terjebak di dalam puing

id.wikihow.com

Jika kamu terlanjur terjebak di dalam puing, sebaiknya menunggu pertolongan dan ambil langkah preventif untuk menghindari bahaya lainnya.

Sebaiknya, kamu juga tidak berteriak untuk meminta pertolongan karena dapat membuatmu menghirup debu dalam jumlah yang membahayakan. Kamu bisa menggunakan peluit atau memukul-mukul pipa atau dinding agar tim penolong dapat menemukanmu.

Itulah tujuh tips untuk mengahadapi gempa bumi ala yukepo. Intinya, saat gempa terjadi, kamu harus tetap tenang dan mencari tempat berlindung terdekat, serta menjauhi tempat yang di sekitarnya terdapat banyak bangunan atau pepohonan ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kaus Polos Numpuk di Lemari? Contek Inspirasi Style yang Anti Ribet Ini Deh!

Kaus Polos Numpuk di Lemari? Contek Inspirasi Style yang Anti Ribet Ini Deh!

Memutuskan Kuliah di Luar Negeri? Ini Dia Persiapannya, dari Nol sampai Tuntas

Memutuskan Kuliah di Luar Negeri? Ini Dia Persiapannya, dari Nol sampai Tuntas

Buat Anak Kos, Ini 6 Cara Mengatur Keuangan Biar Bertahan di Akhir Bulan!

Buat Anak Kos, Ini 6 Cara Mengatur Keuangan Biar Bertahan di Akhir Bulan!

Mau Tetap Sehat dan Cantik Alami? Coba 10 Resep Mujarab Warisan Leluhur Ini!

Mau Tetap Sehat dan Cantik Alami? Coba 10 Resep Mujarab Warisan Leluhur Ini!

Biar Makin Betah di Kamar, Rombak Dindingmu dengan 11 Inspirasi Dekorasi Ini!

Biar Makin Betah di Kamar, Rombak Dindingmu dengan 11 Inspirasi Dekorasi Ini!

Capek Dikecewain Pas Belanja Baju Online Shop? Lakuin Tips Ini Makanya!

Capek Dikecewain Pas Belanja Baju Online Shop? Lakuin Tips Ini Makanya!

loading