Jangan Ngaku Beauty Enthusiast Kalau Belum Mengenal 12 Istilah Kecantikan Ini!

jatenglive.com

Berapa banyak nama kosmetik dan alat kecantikan yang kamu tahu? Mungkin cukup banyak dan bahkan sudah fasih karena menggunakannya setiap hari. Tetapi, di dunia kecantikan ada banyak istilah yang barangkali belum pernah kamu tahu sebelumnya. Jangan sampai ketinggalan atau nggak paham ketika menonton tutorial kecantikan ya. Kita kenalan dulu yuk dengan 12 istilah dalam dunia kecantikan berikut ini. 

1. Non-comedogenic

kesehatan-kulit.info

Pernah melihat kosmetik dengan label non-comedogenic? Istilah tersebut merujuk kepada formula yang tidak menyumbat pori-pori sehingga risiko timbul jerawat lebih kecil. Sayangnya, formula ini belum benar-benar sepenuhnya teruji oleh lembaga yang berwenang. Biasanya produk non-comedogenic menggunakan lanolin alami, bukan lanolin sintetis. Meski demikian, belum ada juga penelitian yang mengkaji efek lanolin terhadap masing-masing jenis kulit. Jadi ada baiknya kamu membaca review pemakaian produk non-comedogenic sebelum memutuskan untuk membelinya. 

2. Hypoallergenic

www.panorama.com.ve

Mirip dengan allergy-friendly, produk kecantikan yang mencantumkan kata hypoallergenic mengandung sedikit bahan yang dapat menimbulkan reaksi alergi bagi pemakainya. Namun demikian, kembali ke asalnya, alergi adalah reaksi sistem imunitas tubuh terhadap sesuatu yang asing sehingga kamu tidak bisa serta merta memercayainya. 

3. Animal testing

www.petalatino.com

Jika kamu pernah melihat video-video kelinci atau hewan lain yang dijadikan bahan percobaan untuk makeup, nah itu yang dimaksud dengan istilah animal testing. Mengujikan kandungan makeup atau formula terbaru ke hewan, kira-kira begitu. Nah di beberapa negara praktik semacam ini sudah dilarang, apalagi jika banyak pihak yang menentang seperti misalnya organisasi pecinta hewan. Ada juga banyak merek kosmetik yang tidak melakukan praktik animal testing dan harganya jadi lebih mahal serta memiliki pangsa pasar yang lebih bagus karena 'membela hak asasi hewan' tadi. 

4. Silky smooth
www.ulzza.com

Jika diartikan secara harfiah, kira-kira artinya 'selembut sutra'. Banyak produk kosmetik wajah dan rambut mengandung formula ini, yang aslinya adalah silikon. Jika kamu perhatikan di bagian komposisinya ada bahan berakhiran 'cone' atau 'one', dapat dipastikan itu adalah singkatan dari silicone yang membuat wajah dan rambut terasa halus lembut selembut sutra.

5. Natural
lenews.ch

Sebenarnya tidak ada indikator yang jelas bagaimana sebuah produk dapat disebut natural atau tidak natural. Jika sebuah produk mengklaim dirinya terbuat dari bahan-bahan alami atau natural, kamu tetap harus mencermati semuanya. Sebab, tak sedikit yang menggunakannya sebagai strategi marketing semata seperti ketika mengatakan 'green product' juga. 

6. Coverage

makeupandbeauty.com

Kalau yang ini pasti kamu sudah sering mendengar. Tapi apakah kamu sudah tahu artinya? Ketika membeli foundation, BB Cream hingga CC Cream, pasti akan ada keterangan coverage. Nah, tingkat coverage ini menentukan kemampuannya menutupi noda hitam, flek wajah, hingga pori-pori besar. Semakin tinggi tingkatannya, semakin tertutupi segala kekurangan di wajah. 

Umumnya, tingkatannya dibagi menjadi tiga. Pertama, sheer coverage yang memberi tampilan ringan dan cocok untuk makeup sehari-hari. Kedua, medium coverage yang mampu menutupi noda di wajah dan bertekstur lebih kental. Yang terakhir, full coverage yang bisa sampai menutupi jerawat tanpa bantuan concealer sekalipun!

7. Cakey

makeuppro.co

Cakey, apakah berasal dari kata 'cake'? Apa hubungannya makeup dengan kue? Nggak ada. Istilah cakey merujuk pada alas bedak yang terlihat kurang menempel dan menyatu dengan wajah karena kulit berminyak. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan primer matte yang dapat mengatur minyak berlebih di wajah. 

8. T-Zone

lesliebaumannmd.com

Coba tarik garis horizontal di dahimu dan tepat di tengahnya, tarik garis vertikal ke bawah sampai ujung hidung di atas bibir. Terbentuk huruf T kan? Ini dia yang disebut T-Zone. Daerah ini adalah yang paling banyak mengandung kelenjar minyak di wajah. Karena itulah di T-Zone sering muncul komdeo dan jerawat. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, perlu banget nih memakai bedak di T-Zone agak lebih tebal supaya nggak jadi kilang minyak di siang hari. Jangan lupa juga selalu bawa oil paper di tas. 

9. Dewy
www.dermstore.com

Saat kamu mengenakan makeup dan hasilnya segar bercahaya, itulah yang disebut dewy. Tapi nggak semua orang bisa mendapatkan hasil seperti itu lho. Modal utamanya adalah kulit sehat terawat yang didapat dengan pemakaian pelembap dan tentunya rajin menjaga kebersihan kulit wajah. Selain itu, kamu juga harus memilih produk kosmetik yang tepat untuk karakter kulit wajah. Untuk hasil cerah bercahaya, tambahkan highlighter pada hidung, dagu dan tulang pipi. 

10. Buffing motion
eratorres.wordpress.com

Istilah ini artinya adalah gerakan memijat dengan memutar yang dilakukan saat memakai foundation atau makeup base lainnya. Gunakan kuas yang padat saat melakukan buffing motion agar hasilnya bagus dan merata. 

11. Stippling motion

www.youtube.com

Berbeda dengan buffing yang menekan, stippling ini gerakan memijat dengan tekanan ringan saat memulas beberapa produk kosmetik wajah seperti foundation, blush hingga bronzer. Teknik stippling motion bisa dilakukan dengan brush khusus yang disebut stippling brush yang memiliki duo fiber yaitu bulu-bulu dengan helaian panjang dan pendek dalam satu kuas. 

12. Draping

www.lorealparisusa.com

Jika kamu pernah mendengar contouring, nah ini mirip karena digunakan untuk membentuk garis wajah. Bedanya, draping hanya menggunakan blush. Pilih dua warna blush yang paling sesuai dengan warna kulit tapi yang satu harus gelap dan satunya lebih terang. Teknik draping bisa membuat pipi terlihat tirus. Ihiy!

Sebenarnya selain ke-12 istilah di atas, masih banyak istilah kecantikan yang perlu kamu tahu. Coba pelajari dulu yuk, agar makin maksimal sebagai beauty enthusiast! 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Mules Shoes, Alternatif Baru Selain High Heels untuk Dipakai ke Kondangan. Cocok Nih!

Mules Shoes, Alternatif Baru Selain High Heels untuk Dipakai ke Kondangan. Cocok Nih!

Tak Bisa Bersaing dengan Makanan Kekinian, 7 Kuliner khas Indonesia Ini Hampir Punah!

Tak Bisa Bersaing dengan Makanan Kekinian, 7 Kuliner khas Indonesia Ini Hampir Punah!

Pakai Lipstik Selama Puasa Bikin Batal Nggak, Ya? Ini Jawabannya!

Pakai Lipstik Selama Puasa Bikin Batal Nggak, Ya? Ini Jawabannya!

10 Hidangan Buka Puasa dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Menggugah Selera?

10 Hidangan Buka Puasa dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Menggugah Selera?

Santai dan Kece Ketika di Pantai? 7 Gaya Ini Bisa Banget Dijadikan Panutan

Santai dan Kece Ketika di Pantai? 7 Gaya Ini Bisa Banget Dijadikan Panutan

Suka Makan di Warung Padang? Gini Nih Cara Cek Keasliannya

Suka Makan di Warung Padang? Gini Nih Cara Cek Keasliannya

loading