Jangan Mau Belang Kayak Tas Kresek, Hindari 5 Dosa Fatal Saat Mengenakan Sunscreen Ini!

07 Juli 2018
|Faizah Pratama
0SHARES

Sinar matahari adalah musuh sebagian besar wanita. Nggak cuma bikin kulit gosong, sinar ultra violetnya juga bisa memicu kerusakan kulit. Bahkan, dampak terburuknya bisa mengakibatkan kanker kulit. Buat kalian yang sudah rutin memakai sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan, itu langkah preventif yang sangat baik. Namun, bukan berarti kamu sudah aman dari serangan sinar UV. Mungkin saja kamu melakukan sejumlah kelalaian ini yang bikin kulitmu tetap terpapar dan belang walau sudah pakai sunscreen. Coba ingat-ingat lagi, jangan-jangan kamu sering melakukan 5 dosa ini!

1. Jumlah yang dipakai tidak cukup

Pakai sunscreen itu bukan cuma asal nempel di kulit saja. Kamu juga harus mempertimbangkan jumlah yang pas untuk mencapai hasil yang maksimal. Banyak orang suka mengoleskan sunscreen tipis-tipis karena takut kulit jadi lengket. Gunakanlah paling tidak setengah sendok teh untuk wajahmu dan satu gelas sloki untuk seluruh tubuh.

2. Salah pilih SPF

Biasanya orang memilih sunscreen hanya berdasarkan SPF-nya saja. Padahal, SPF (Sun Protection Factor) hanya melindungi kulit dari sinar UVB atau sinar yang bikin kulitmu terbakar saja. Kamu juga perlu memerhatikan PA (Protection Grade of UVA) untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang memicu penuaan dini. Semakin banyak tanda plus (+) semakin tinggi pula perlindungannya. Kamu butuh keduanya untuk mendapat perlindungan maksimal. Sementara itu, kadar SPF yang diperlukan kulit untuk daerah tropis minimal SPF 30.

3. Tidak diaplikasikan ulang

Mengoleskan sunscreen itu tidak cukup sekali untuk seharian. Suncreen juga bisa luntur saat terkena air atau terhapus oleh keringatmu sendiri. Ulangi penggunaannya setiap dua atau tiga jam sekali.

4. Melupakan bagian-bagian tertentu

Walau yakin sudah mengaplikasikan sunscreen secara menyeluruh, terkadang kita melupakan area-area tertentu, Misalnya, belakang telinga, bawah bibir, pangkal hidung, hingga kelopak mata. Kebanyakan orang juga melupakan area-area tertutup. Padahal, pakaian tidak seratus persen melindungi kulit dari kedua jenis sinar UV. Kalau memungkinkan, pakailah sunscreen secara merata di seluruh tubuh untuk perlindungan sempurna.

5. Tidak memakainya saat berada di dalam ruangan

Banyak yang mengira sunscreen hanya digunakan saat keluar rumah saja. Padahal, di dalam rumah juga masih berpotensi terkena sinar ultra violet. Paparan sinar UV bisa masuk melalui celah-celah jendela maupun kaca. Gunakanlah sunscreen, paling tidak yang mengandung SPF 15 agar kecantikan kulitmu lebih terjaga walau sedang di rumah.

Pakai sunscreen itu nggak cuma mengkhawatirkan kulit bakal gosong atau terkena sunburn yang perih. Khawatirkan juga kerusakan jangka panjang yang bakal terjadi pada kulit. Dampak terburuk dari lalai menggunakan tabir surya ini adalah kamu dapat terkena kanker kulit. Jangan sampai kamu melakukan kelalaian yang merugikan dirimu sendiri. Ingat, langkah pertama untuk penampilan yang cetar dan tubuh yang sehat adalah perawatan dan penjagaan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES