Jangan Khawatir IPK Pas-pasan, 5 Hal Ini Bantu Wujudkan Mimpimu untuk Sukses!

13 Desember 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Bung Karno perah mengatakan, “Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia”. Kalimat tersebut memang terdengar mustahil jika dilihat dengan keadaan sekarang ini. Apalagi melihat perilaku anak muda zaman now yang cukup miris dan mencerminkan hal-hal yang kurang baik.

Mulai dari malas membaca, perilaku yang hanya ingin mengikuti tren supaya bisa dibilang gaul, sampai pola hidup yang bertolak belakang dengan norma yang berlaku. Duh, semoga kamu nggak termasuk tipe anak muda zaman now yang seperti itu ya.

Nggak semua sih anak muda zaman now itu buruk ada juga kok yang berprestasi dan sukses meskipun tidak menyandang gelar sarjana atau nilai IPKnya pas-pasan. Nah, buat kamu yang merasa IPK cuma pas-pasan dan jauh dari kata untuk mencapai kesuksesan, jangan menyerah. Yuk lakukan beberapa hal ini terus menerus dalam hidup kamu supaya kamu bisa jadi anak muda yang berkualitas. Karena sukses bukan lagi jadi mimpi!

1. Jauhi pola hidup konsumtif, mulailah hidup sederhana

Saat kamu terlahir dalam kondisi perekonomian yang sudah serba berkecukupan, bukan berarti kamu bisa hidup berfoya-foya. Bagaimanapun itu adalah harta orang tuamu, jadi jangan terus-menerus terlena. Mulailah belajar hidup sederhana, mandiri, dan menghargai setiap uang yang kamu keluarkan agar kamu bisa lebih bijak dalam menghargai hidup jadi nggak konsumtif. 

2. Mencoba pengalaman baru dengan keluar dari zona nyaman

Banyak anak muda sekarang yang nggak mau ribet saat meraka sudah berada di zona nyamannya. Terutama dalam pekerjaan, saat mereka nyaman dalam pekerjaannya meskipun mereka tahu kariernya bila terus menerus seperti itu nggak akan berkembang.

Nah, nyaman nggak masalah asalkan kamu bisa mengembangkan kemampuan dan mendapatkan pengalaman baru. Cobalah mempelajari hal-hal lain dan nikmati setiap prosesnya agar kamu bisa memperluas wawasan dan kamu pun terus berkembang.

3. Rajin menabung bukan hanya dalam urusan keuangan

Nah, rajin menabung itu memang perlu agar kamu juga bisa belajar mengatur keuangan kamu, mana yang menjadi prioritas untuk dibeli dan tidak. Tapi menabung juga nggak selalu tentang uang, kamu bisa saja menabung dalam bentuk investasi.

Tapi harus bisa memilah ya, jangan investasi yang abal-abal harus jelas. Selain itu, kamu juga bisa menabung hal-hal baik kepada orang lain sebagai wujud kepedulian kamu terhadap sesama. Karena setiap hal baik juga pasti akan menghasilkan hal-hal baik.

4. Menggunakan media sosial untuk hal-hal yang lebih bermanfaat

Sebagai anak muda yang kekinian, tentunya media sosial menjadi salah satu yang wajib dimiliki. Eitsss, tapi jangan sembarangan dan ikutan menyebar hal-hal negatif dan hoax. Nah, daripada cuma gitu-gitu aja, lebih baik manfaatkan untuk menyebar energi positif kepada orang lain lewat postingan-mu. Hal ini juga udah pasti bikin followers kamu bertambah.

Selain untuk menginspirasi orang lain, kamu juga bisa jadikan media sosialmu sebagai salah satu alat promosi bila kamu punya usaha. Lumayan nih menambah pundi-pundi rupiah. Tapi ingat jangan spam, nanti orang males jadinya. Gimana, lebih berfaedah bukan?

5. Perluas pergaulan untuk hal-hal positif agar kamu terus berkembang dan jadi pribadi yang lebih berkualitas

Anak muda di tanah air ini memang memiliki potensi untuk berkembang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Hanya saja kadang mereka bingung untuk menyalurkan potensi, bakat dan kemampuan mereka untuk berkarya membangun masa depan. Oleh karena itu, sebagai anak muda kita wajib memperluas pergaulan agar bisa terus berkembang.

Salah satunya dengan ikut serta dalam salah satu acara dari Indonesia Youth Conference (IYC) 2017. IYC sendiri rutin mengadakan acara ini setiap tahunnya dan tahun ini adalah acara yang ke-7 dengan tagline "Kami Masa Depan". Acara kekinian ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Desember 2017 di atrium Townsquare Cilandak, Jakarta. Dalam acara seluruh anak muda diajak untuk mempersiapkan diri dan menggali potensi mereka dalam beberapa sesi acara seperti talkshow, workshop, dan public discussion.

Acara yang diadakan oleh Sinergi Muda bersama dengan Kibar ini juga menghadirkan banyak pembicara kece yang bisa menambah wawasan kamu lho. Topik pembicaraannya juga sangat menarik karena mulai dari membahas anak muda dan politik, modal membangun start-up, sampai membahas peranan anak muda dalam keluarga sampai ke evolusi industri kreatif.

Acara IYC 2017 ini juga dimeriahkan dengan oleh beberapa artis tanah air, art space, career expo, dan masih banyak keseuran lainnya di acara ini.

Gimana keren kan caranya? Nah, jangan tunda lagi deh buat dateng ke acara sekece ini. Langsung daftar aja di IYC 2017 Kami Masa Depan sekarang!

Itulah beberapa hal yang harus kamu terapkan dan terus praktikan dalam hidup kamu di usia sedini mungkin. Jangan terlena oleh oleh perkembangan zaman tapi teruslah berkembang dan jadi bagian untuk mengembangkan zaman. Semangat karena anak muda bagian masa depan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES