Jangan Keburu Dibuang! Inilah Manfaat 7 Ajaib dari Make-up Kadaluarsa

03 Oktober 2017
|Olphi Disya
410SHARES

Kamu suka bingung kalau ada make-up kadaluarsa atau yang nggak cocok di kulit? Mau dibuang tapi masih banyak. Mau dipakai tapi takut kulit jadi rusak atau iritasi. Duh, galau banget ya!

Eits, jangan buru-buru dibuang. Ternyata ada beberapa produk kecantikan yang punya manfaat lain bahkan setelah kadaluarsa, nih. Mau tahu? Check it out!

1. Pelembab atau body lotion

Punya krim pelembab atau body lotion yang udah lewat tanggal kadaluarsa tapi masih tersisa banyak? Jangan keburu dibuang, karena sebenarnya produk-produk tersebut masih bisa bermanfaat untuk hal lain. Salah satunya adalah untuk membuat agar barang-barang berbahan kulit di rumahmu jadi seperti baru lagi, misalnya tas, sepatu, sofa, dan sebagainya. Bisa juga kamu gunakan untuk melembabkan kutikula kuku. Multiguna!

2. Cleanser

Produk pembersih wajah ternyata nggak hanya ampuh mengangkat kotoran di wajahmu aja. Kalau kamu punya cairan cleanser yang udah kadaluarsa, kamu bisa gunakan untuk membersihkan kuas make-up dan peralatan kecantikan lainnya. Cleanser juga bisa menjadi cairan pembersih untuk permukaan porcelain seperti wastafel atau meja dapurmu. Mau tahu manfaat yang lebih tokcer dari cleanser kadaluarsa? Bisa menghilangkan noda di baju!

3. Kuas maskara

Sebenarnya maskara yang udah kadaluarsa dan kering bisa membuat matamu iritasi. Jadi daripada matamu kenapa-napa tapi sayang kalau mau dibuang, mendingan kamu manfaatkan kuas bekasnya. Cuci dan bersihkan kuas maskara, setelah kering kamu bisa jadikan kuas tersebut sebagai sisir untuk merapikan alis. Bisa juga lho dijadikan sikat saat kamu mengapikasikan lip scrub di bibir agar lebih optimal mengangkat sel kulit matinya!

4. Toner

Cairan toner biasanya diproduksi dalam botol dan volume yang banyak. Nggak heran toner sering kadaluarsa duluan sebelum habis dipakai. Tapi jangan keburu bete, kamu bisa manfaatkan toner kadaluarsa untuk membersihkan perkakas rumahmu, nih. Toner yang mengandung alcohol bisa digunakan untuk membersihkan kaca supaya jadi kinclong. Sedangkan toner non-alkohol bisa kamu pakai untuk furniture berbahan kayu atau sepatu. Cool!

5. Kuteks

Jangan kira kutek yang kadaluarsa nggak berbahaya bagi kesehatan. Kalau kamu pakai kutek yang udah lewat masa expired-nya bisa menyebabkan kulit dan kuku rusak hingga iritasi. Nggak perlu langsung dibuang, kumpulkan semua kutek kadaluarsamu. Bagi yang hobi crafting, kutek bisa dijadikan cat lukis. Bisa juga menjadikan kutek tersebut cat untuk mewarnai kunci atau kabel. Dengan begitu kamu nggak akan lupa atau ketukar, deh!

6. Eyeliner

Mau eyeliner yang bentuknya cair hingga pensil, semua ada masa kadaluarsanya. Perhatikan selalu kapan tanggal keramat tersebut, jangan sampai kamu masih menggunakannya. Tapi kalau udah lewat batas waktunya, silakan jadikan eyeliner kadaluarsa sebagai cat lukis untuk menghias pigura atau prakarya lainnya. Atau kalau kamu hobi facepainting, bisa banget nih menjadikan eyeliner bekas untuk menggambar fitu-fitur di wajah!

7. Lipstik

Memang sih, terkadang lipstik yang patah itu sama nyebelinnya dengan hati yang patah. Apalagi kalau lipstik favorit dan ternyata masih panjang. Eits, jangan bersedih, kamu tetap bisa mengoleskan lipstik tersebut di bibir kamu tapi dengan bentuk yang lain. Campurkan lipstick yang atah dengan petroleum jelly dan coconut oil. Setelah itu biarkan mengering dan jadilah lip balm yang baru. Tuh kan, malah jadi lebih hemat!

Ternyata ada manfaat lain yang nggak kalah ciamik dengan manfaat aslinya, 'kan? Jadi kalau ada produk kecantikan kadaluarsa jangan keburu dibuang, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
410SHARES