Jangan Cuma Tergiur Lucunya, Cek 7 Hal Ini Sebelum Membeli Pakaian. Biar Nggak Nyesel!

14 November 2017
|Olphi Disya
141SHARES

Ketika membeli pakaian, selain fokus melihat harga kamu juga harus memerhatikan kualitasnya. Baju dengan kualitas yang baik dari produsen yang mantap, pasti hasil produksinya berbeda dengan yang kualitasnya abal-abal.

Nah, kamu jangan lupa praktikin tujuh cara berikut agar kamu nggak menyesal setelah membeli. Mau sekece apa modelnya, kalau ternyata kualitasnya jelek, rugi juga, 'kan?

1. Cek jahitannya

Kamu bisa mulai dengan cek jahitan di pakaian tersebut. Ini untuk melihat apakah jahitan pakaian tersebut mudah robek atau akan tahan lama. Caranya adalah cari jahitan di bagian samping pakaian dan ditarik sedikit. Nggak perlu kencang-kencang karena takutnya robek beneran. Kamu bisa lihat, kalau jahitannya rapat, berarti pakaiannya bakalan lebih awet daripada pakaian yang jahitannya renggang dan mudah lepas.

2. Cek kualitas bahannya

Sekeren apapun modelnya, pastikan kamu nyaman saat mengenakannya. Kamu harus perhatikan jenis bahannya. Apakah bikin gerah, berat, mudah kusut, cepat melar, dan sebagainya. Caranya adalah dengan meremas bahannya. kamu bisa lihat apakah bahannya memang menimbulkan bekas kusut? Atau apakah bahan pakaiannya ada potensi jadi melar ketika dicuci? Jadi jangan asal pilih modelnya, pastikan juga kualitas bahannya tokcer!

3. Cek label di pakaian

Nggak hanya mereknya saja yang jadi perhatianmu, sebaiknya kamu betul-betul memperhatikan bagian label karena biasanya akan ada petunjuk perawatannya. Biasanya akan tertera cara perawatan mulai dari mencuci hingga menyetrika. Ada juga yang menyertakan komposisi bahannya.

Nah, sebisa mungkin kamu nggak memilih yang bahannya 100% katun, karena mudah mengerut setelah dicuci. Pilih komposisi yang elastisitasnya kecil sekitar 5-30% ya!

4. Cek bagian ritsleting

Agar kamu tetap aman dan nyaman ketika mengenakan model yang beritsleting, sebaiknya kamu pilih ritsleting yang terbuat dari logam daripada plastik. Biasanya yang terbuat dari plastik lebih mudah rusak dan mudah terbuka. Ketika membeli, kamu juga wajib coba membuka dan menutup ritsletingnya, apakah lancar atau macet-macet kayak jalur mudik saat H-1 lebaran. Pastikan mata ritsletingnya juga enak untuk digunakan.

5. Cek lubang kancing

Kalau beli model yang berkancing, kamu wajib memperhatikan lubang kancingnya. Jahitan pada kancing menunjukkan kualitas pembuatannya. Biasanya kalau pakaian yang dibuat asal-asalan, mereka nggak akan memperhatikan detil sehingga nggak heran kalau jahitan di kancingnya berantakan. Jadi, pilih kancing yang jahitannya rapi dan lebar lubang kancingnya pas untuk kancingnya. Nggak kesempitan atau kedodoran.

6. Cek lebar lipatan

Pernah nggak sih kamu perhatikan bahwa biasanya di pakaian itu ada lipatan? Nah, kamu juga bisa cek kualitas pakaiannya dari lipatan tersebut, apakah bakal awet atau nggak.

Sebenarnya lebar lipatan pakaian yang paling pas adalah 2 cm untuk baju dan 4 cm untuk celana atau rok. Jadi kamu bisa kira-kira sendiri tuh apakah pakaian yang akan kamu beli berkualitas atau nggak. Jangan sampai udah dibeli nggak tahunya mudah lepas 'kan jahitannya?

7. Cek kelenturan pakaian

Satu lagi nih yang harus kamu perhatikan ketika membeli pakaian. Kamu bisa menarik bahan pakaian yang akan kamu beli dan cek kelenturannya. Kalau bahannya kembali lagi setelah ditarik, berarti bahan tersebut berkualitas. Tapi kalau sekali ditarik langsung melar, kendor, atau jahitannya kebuka, berarti tahu sendiri lah ya kualitasnya nggak bagus. Pelan aja nariknya dan perhatikan. Terutama di bagian pergelangan tangan dan leher.

Jadi nggak ada lagi deh perasaan menyesal setelah membeli pakaian kalau kamu emang ngecek betul-betul pakaian yang akan kamu beli. Setelah ngecek kualitasnya, jangan lupa cek isi dompetmu, ya! Itu yang paling penting!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
141SHARES