Jangan Coba Konsumsi Makanan Ini Mentah-mentah, Bahaya Buat Kesehatan

08 Mei 2018
|Galih Wisnu Brata
82SHARES

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi secara mentah. Biasanya, makanan tersebut dikonsumsi sebagai lalapan. Misalnya saja, mentimun, tomat, kubis, dan kemangi. Namun, ternyata ada makanan yang tidak boleh dimakan secara mentah. Karena selain rasanya tidak enak, berbahaya juga untuk tubuh. Yuk kita lihat makanan apa saja yang tidak boleh dimakan mentah.

1. Kentang

Kentang bisa diolah menjadi pelbagai makanan. Bisa jadi kentang goreng, perkedel, atau kroket. Tapi, jangan sekali-kali makan kentang mentah. Karena kentang mentah mengandung senyawa solanine yang bisa menyebabkan sakit perut bahkan pingsan.

2. Daging

Daging hewan apapun harus dimasak sampai matang. Banyak bakteri yang berkeliaran di daging mentah. Dengan demikian, agar terhindar dari berbagai penyakit alangkah baiknya daging dimasak dengan matang.

3. Jamur

Suka dengan masakan berbahan jamur? Tapi, jangan sekali-kali makan jamur mentah-mentah ya. Jamur mentah mengandung racun yang bisa menyebabkan sakit perut dan ganguan sistem pencernaan.

4. Sosis

Banyak yang berpikir kalau semua sosis bisa dimakan secara langsung. Nyatanya, nggak begitu lho. Bakteri listeria terkandung dalam sosis mentah dan hanya bisa dimatikan dengan cara dipanaskan.

5. Susu

Suka minum susu sapi segar? Susu segar memang bagus untuk kesehatan. Namun, selesai diperah jangan langsung diminum ya. Sebabnya, susu mentah mengandung bakteri berbahaya, seperti E-coli dan salmonella.

6. Kecambah

Makanan ini biasanya diburu para pasangan muda. Ya, kecambah memang bisa membantu meningkatkan kesuburan. Tapi, jangan dimakan mentah ya karena bakteri berbahaya, seperti E-coli, salmonella, dan listeria, terdapat di kecambah mentah.

7. Terong

Sama halnya dengan kentang mentah, terong mentah juga mengandung senyawa solanine. Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk memakan terong secara mentah.

8. Daun Pepaya

Getah daun pepaya mengandung hidrogen sianida. Kalau denger kata sianida, jadi inget kasus kopi ya. Untuk itu, sebelum memakannya perlu dimasak dulu. Air rebusannya juga dibuang ya.

9. Singkong

Singkong mentah juga mengandung hidrogen sianida. Kita harus memasaknya dengan matang sebelum memakannya. Karena memakan singkong mentah bisa menyebabkan gangguan sirkulasi udara yang berujung pingsan.

Tuh guys, jadi nggak semua makanan bisa dikonsumsi secara mentah ya karena beracun sehingga berbahaya bagi tubuh. Tetap jaga kesehatan tubuh ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
82SHARES