Jangan Buru-Buru Warnai Rambut Sebelum Memahami Hal Esensial Ini

www.pexels.com

Yang namanya kawula muda selalu ingin bereksperimen dengan penampilan, termasuk gaya dan warna rambut. Dewasa ini, warna rambut yang dapat diaplikasikan dengan cukup pigmented tentunya makin beragam. Nggak harus berpatokan ada warna dasar rambut, saat ini warna rambut yang cerah bahkan putih susu sekalipun bisa menempel apik pada warna rambut gelap wanita tanah air.

Hal ini tentunya nggak terlepas dari proses yang dapat membuat warna rambut asli menjadi lebih cerah. Warna yang terkesan kontras akan jauh lebih mudah untuk menyatu. Sejumlah selebriti tanah air banyak yang hobi gonta-ganti gaya rambut.

Meskipun terlihat sangat kontras dengan skintone, kenapa bisa cocok-cocok saja? Kamu harus paham dulu tips menentukan warna dan teknik yang sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Ketahui warna rambut yang cocok melalui undertone

brenttany.com

Banyak yang belum memahami perbedaan antara skintone dan undertone. Skintone adalah warna kulit yang dapat berubah karena perawatan dan paparan sinar matahari. Sementara undertone adalah warna kita yang tidak dapat diubah.

Sebelum memutuskan warna yang tepat, kamu perlu tahu undertone melalui warna urat tanganmu. Jika berwarna biru, kamu memiliki undertone dingin. Warna rambut yang tepat cenderung golden to bronze. Untuk yang uratnya kehijauan, undertone-mu adalah hangat. Warna rambut yang cocok untukmu cenderung cerah.

Sementara jika uratmu terlihat berwarna hijau dan biru, maka warna dasarmu adalah netral. Undertone jenis ini cocok untuk mencoba seluruh warna rambut dari yang gelap hingga terang.

2. Perlu bleaching lebih dulu

byrdie.com

Kamu perlu proses bleaching terlebih dahulu sebelum mulai mengubah warna rambut. Sebenarnya, proses ini memang dibutuhkan untuk orang Asia yang mayoritas memiliki warna rambut dasar gelap cenderung hitam.

Proses bleaching ini dibutuhkan untuk menyamarkan bahkan mencerahkan warna rambut kita yang gelap dan membuatnya tampak lebih terang. Biar warna rambut yang akan kamu pilih setelahnya akan menyatu dengan rambut, dan menjadikan warnanya lebih terang dan hidup, ketimbang kamu yang tidak melalui bleaching. Warna terang yang kamu pilih akan tersamarkan warna gelap asli rambutmu.

3. Hilangkan warna rambut yang sebelumnya kamu pilih

nrc.nl

Kamu perlu menghilangkan warna rambut yang sebelumnya jika sebelumnya rambutmu sudah diwarnai. Pergi ke salon, dan mintalah untuk melakukan mild cleanse agar warna rambutmu yang sebelumnya luntur. Baru kamu bisa mulai untuk mengganti warna rambut dengan yang baru ranpa mencampurnya.

4. Warna rambut akan terpengaruh pigmentasi warna cat
hairglamourista.com

Perlu diingat juga kalau rambut bisa terpengaruh oleh pigmentasi cat warna. Hal ini umumnya terjadi sama para bule yang memiliki warna rambut blonde pucat mewarnai rambut dengan warna gelap akan mempengaruhi pigmentasi rambut aslinya yang terang. Ini akan berubah menjadi gelap permanen secara perlahan. Kalau sudah begini, mereka akan butuh proses bleaching lagi.

5. Kenali jenis cat warna yang benar-benar dibutuhkan
bustle.com

Kenali juga jenis cat rambut yang kamu pilih. Untuk yang baru sekali mewarnai rambut, jangan kira pewarna rambut sekadar untuk mewarnai tanpa bisa mengubah permanen warna rambutmu. Ada tiga jenis pewarna rambut yang harus kamu ketahui.

Permanent hair color yang mengubah keseluruhan warna rambut dan menjadikannya permanen alias nggak akan luntur. Jenis perwarna ini mengandung zat ammonia dan hidrogen peroksida yang akan mengangkat pigmen asli rambutmu. Warnanya akan masuk ke dalam batang rambut.

Semi permanent hair color yang mengandung hidrogen peroksida dan bebas ammonia. Tidak akan mengubah warna rambutmu secara permanen dan mudah luntur.

Toning Hair merupakan proses pewarnaan rambut dengan toner tanpa memerlukan proses bleaching sebelumnya. Toner digunakan hanya untuk memberikan kesan berkilau untuk warna rambut tertentu. Pewaranaannya sendiri mudah luntur dalam 2-3 bulan.

6. Ke salon terpercaya daripada nekat mewarnai sendiri

today.com

Untuk yang pertama kali menjajal pewarnaan rambut, ada baiknya kamu menggunakan tenaga profesional di salon yang terpercaya. Hal ini untuk menghindari alergi dan proses pewarnaann yang gagal.

7. Melakukan perawatan rambut setelah diwarnai

jgs.salon

Janagn lupa juga untuk mengerti cara merawat rambut setelah diwarnai. Hal ini sangat diperlukan supaya pewarnaan rambut nggak sia-sia. Sederhananya, kamu nggak boleh terlalu sering keramas. Maka dari itu, dry shampoo akan menjadi teman baikmu setelah mewarnai rambut. Jangan lupa untuk selalu menggunakan vitamin khusus untuk rambut yang sudah diwarnai agar tidak mudah kering dan rontok.

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan penampilan. Tapi juga seimbangkan dengan riset menyoal do's and don'ts sebelum mewarnai rambutmu. Supaya hasilnya sesuai dengan ekspektasi dan nggak menyisakan penyesalan di dalam hati.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Menag: Pegawai BUMN yang Benci Pemerintah, Silahkan Keluar! | Keepo.me

Menag: Pegawai BUMN yang Benci Pemerintah, Silahkan Keluar! | Keepo.me

Inspirasi Gaya Cuek Ala Julia Michaels yang Bisa Ditiru oleh Cewek Mager

Inspirasi Gaya Cuek Ala Julia Michaels yang Bisa Ditiru oleh Cewek Mager

Calon Menteri Masa Depan, Ini Lho Deretan Anak Muda Yang Jadi Staf Khusus Jokowi! | Keepo.me

Calon Menteri Masa Depan, Ini Lho Deretan Anak Muda Yang Jadi Staf Khusus Jokowi! | Keepo.me

Temukan Gaya Rambut Paling Cocok untukmu Sesuai Bentuk Wajah

Temukan Gaya Rambut Paling Cocok untukmu Sesuai Bentuk Wajah

Dari Pamer Alat Kelamin hingga Lempar Sperma, Ini Deretan Aksi Cabul yang Hebohkan Publik | Keepo.me

Dari Pamer Alat Kelamin hingga Lempar Sperma, Ini Deretan Aksi Cabul yang Hebohkan Publik | Keepo.me

Pilih Baju Sesuai Warna Aura Seseorang, Susanna Merrick: Sangat Bisa!

Pilih Baju Sesuai Warna Aura Seseorang, Susanna Merrick: Sangat Bisa!

loading