Jangan Biarkan Smartphone-mu Jadi Sarang Penyakit. Bersihkan dengan 7 Cara Aman Ini!

02 April 2018
|Dwi Ayu Silawati
231SHARES

Smartphone merupakan barang yang sekarang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Bahkan banyak yang bilang, lebih baik lupa bawa dompet daripada lupa bawa smartphone. Tetapi, saking sayangnya kita sama handphone kita jadi lupa kalau ponsel juga butuh dibersihkan sesekali lho.

Bayangkan udah berapa banyak kuman yang menumpuk di handphone kamu selama kamu gunakan. Apalagi kamu yang gemar membawa ponsel ke kamar mandi.

Hmmm, supaya gawaimu nggak jadi sumber penyakit, simak deh cara aman bersihkan smartphone berikut ini. Jangan males!

1. Sedia selalu lap halus

Setidaknya biasakan untuk mengelap layar smartphone kamu sehari sekali dengan lap halus atau microfiber. Biasanya lap jenis ini juga digunakan untuk mengelap kacamata. Jika kamu punya kacamata, gunakan saja lapnya untuk menyeka layar hapemu sesekali, terutama kalau sudah mulai berminyak dan nggak nyaman ketika disentuh.  

2. Beberapa minggu sekali, bersihkan layar smartphonemu dengan larutan alkohol

Campurkan alkohol dengan air, kemudian basahi lap microfibermu tadi dengan cairan alkohol. Kemudian usapkan secara merata pada layar ponselmu untuk membersihkan kuman-kuman yang menempel di layar.

Lakukan ini dua minggu sekali atau ketika kamu merasa layar kamu sudah kotor dan nggak nyaman digunakan. 

3. Gunakan cotton bud atau tusuk gigi untuk membersihkan bagian yang kecil

Debu sering mengendap pada sela-sela sempit di tombol power atau volume smartphone kamu. Gunakan cotton bud atau tusuk gigi untuk membersihkannya. Gunakan juga untuk membersihkan bagian rongga seperti rongga tempat kita mencolokkan charger dan sela-sela lensa kamera. 

4. Punya budget lebih, cobain alat pembersih dengan UV

Kalau yang ini pas buat kamu yang punya budget lebih dan nggak pengen ribet-ribet. Alat ini akan membersihkan smartphone kamu dengan sinar UV. Tinggal memasukannya ke dalam kotak, tunggu beberapa menit dan smartphone kamu steril dari kuman. 

5. Jangan semprotkan cairan langsung ke layar smartphone

Kebiasaan itu lambat laun bisa mencederai layar smartphone kamu. Selalu semprotkan cairan pembersih ke kain atau lap terlebih dahulu.  

6. Menggunakan tisu basah diperbolehkan dalam keadaan mendesak saja

Tisu basah antibakteri juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan layar smartphone, tetapi jangan terlalu sering. Tekstur tisu basah yang lumayan kasar bisa menggores layar ponsel kamu. 

7. Kalau perlu bersihkan juga earphone kamu ya

Selain layar ponsel, barang yang sering jadi sarang kuman adalah earphone. Coba tengok deh, earphone kamu udah mulai kotor belum? Kalau sudah kamu bisa bersihkan dengan cotton bud atau tusuk gigi di bagian sela-sela dan rongga lubang suara. Kamu juga bisa mengelapnya dengan sedikit alkohol agar lebih bersih dan nggak bau. 

Yuk, mulai tengok smartphone dan earphone kamu. Kalau sudah kotor bisa jadi sarang penyakit tuh. Segera dibersihkan deh, demi keamananmu juga. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
231SHARES