Jangan Asal Pakai Produk Hype, Kenali AHA dan BHA dalam Produk Skincare!

baomoi.com

Kalian kalo pakai skincare suka memperhatikan kandungannya gak? Atau pake produk skincare cuma karena produknya banyak direview sama beauty vlogger? Hm, mulai sekarang jangan pakai produk hanya karena lagi hype aja ya. Kita harus mulai belajar mengerti kandungan-kandungan yang ada di dalam skincare yang kita pakai agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Misalnya kalau kulit kita kering kita harus tau nih bahan-bahan apa yang bisa menghidrasi kulit dan menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan tersebut. Salah pakai produk skincare akibatnya gak hanya masalah kulit yang tidak teratasi tapi juga bikin breakout dan memunculkan masalah-masalah yang baru.

Salah satu kandungan yang kerap disebut dalam produk skincare adalah AHA dan BHA. Sebagian besar pasti udah pernah dengar ya tentang AHA dan BHA karena biasanya kandungan ini tertera jelas pada nama produk skincare. Nah, biar tahu apakah kandungan ini cocok atau nggak buat kamu, kepoin dulu informasinya berikut ini!

shesintheglow.com

AHA dan BHA merupakan zat aktif yang biasa terkandung dalam produk eksfoliasi seperti scrub atau exfoliating toner. Terdapat dalam produk eksfoliasi, AHA dan BHA yang berupa senyawa asam ini bekerja mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Tidak hanya itu, AHA dan BHA juga dapat merangsang produk kolagen serta mengurangi keriput pada wajah. Walaupun bekerja mengangkat sel kulit mati, AHA dan BHA hanya bekerja pada lapisan luar kulit, sehingga tetap aman digunakan untuk kulit wajah.

stellar.ie

Apa bedanya AHA dan BHA? Keduanya memang zat aktif yang berguna untuk eksfoliasi, tetapi AHA dan BHA mempunyai perbedaan. AHA atau Alpha Hidroxy Acid memiliki komponen pelembab dan larut dalam air, sehingga kandungan AHA lebih direkomendasikan untuk wajah dengan kulit kering. AHA akan menjaga kadar air dalam kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih lembab. Contoh senyawa AHA adalah glycolic dan asam laktat.

www.foreo.com

BHA atau Beta Hidroxy Acid mempunya komponen yang berlawanan dengan AHA. BHA sama sekali tidak memiliki komponen yang dapat melembabkan kulit, sebaliknya komponen dalam BHA akan membuat kulit menjadi lebih kering. Oleh sebab itu, produk yang mengandung BHA direkomendasikan untuk kulit berminyak. Tidak hanya itu, BHA juga cocok untuk kulit yang memiliki masalah jerawat, sensitif, dan komedo karena mempunyai agen antiradang dan antibakteri. 

beautyeditor.ca

Setelah mengetahui perbedaan karakter AHA dan BHA, kamu tinggal menentukan masalah kulit seperti apa yang ingin kamu atasi. Oh iya, AHA dan BHA ini biasanya ditemukan dengan nama-nama lain seperti glycolic acid, lactic acid, malic acid, mandelic acid, dan citric acid untuk AHA serta salycilic acid untuk BHA. Ingat-ingat namanya ya agar tidak keliru ketika memilih produk.

vineverareviews.com

AHA dan BHA akan bekerja maksimal pada kulit yang bersih, sehingga pastikan kamu sudah membersihkan wajahmu sebelum memakai AHA atau BHA. Ketika menggunakan AHA, pastikan wajahmu bebas minyak, lakukan double cleansing jika kamu membersihkan wajah dengan cleansing oil. Tunggu kulit benar-benar kering sekitar 3-5 menit untuk memaksimalkan eksfoliasi. Sedangkan pada penggunaan BHA, kamu tidak perlu menunggu kulit hingga kering karena sifat BHA yang dapat larut dalam minyak.

www.getthegloss.com

Memperhatikan waktu pemakaian AHA dan BHA penting juga nih. Kalau kamu menggunakan AHA pada siang hari, kamu harus menggunakan sunscreen sebagai proteksi kulitmu karena penggunaan AHA pada siang hari bisa menyebabkan photosensitivity jika terpapar sinar matahari. Lebih aman jika kamu menggunakan AHA pada malam hari. Selain meminimalisir resiko iritasi, AHA memiliki pelembab yang dibutuhkan kulit untuk berregenerasi pada malam hari. Berbeda dengan AHA, BHA lebih aman digunakan pada siang atau malam hari.

k-beauty-europe.com

Terakhir yang gak kalah penting, perhatikan konsestrat AHA dan BHA! AHA dan BHA mempunyai batas aman dan efektif yang penting untuk diperhatikan sebelum memilih produknya. AHA akan efektif pada takaran 5-10%, dan BHA efektif pada takaran 1-4%.

Gimana? Udah paham kan tentang penjelasan AHA dan BHA? Sekarang kalian bisa menentukan deh mana yang lebih cocok untuk kulit kalian. Oh iya, sebelumnya kenali dulu jenis kulitmu ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Umur 20-an Tapi Sering Dipanggil "Bu"? Outfit Ini Bikin Kamu Terlihat Forever Young

Umur 20-an Tapi Sering Dipanggil "Bu"? Outfit Ini Bikin Kamu Terlihat Forever Young

Penasaran Pengen Cobain Ceker Ayam Setan? Gampang, Kamu Bisa Bikin Sendiri di Rumah, kok!

Penasaran Pengen Cobain Ceker Ayam Setan? Gampang, Kamu Bisa Bikin Sendiri di Rumah, kok!

5 Skincare Lokal Ini Bikin Wajah Kayak Song Hye Kyo, Mulus Tanpa Pori!

5 Skincare Lokal Ini Bikin Wajah Kayak Song Hye Kyo, Mulus Tanpa Pori!

Deretan Tas Mewah Zaskia Gotik yang Harganya Bikin Sobat Misqueen Gigit Jari

Deretan Tas Mewah Zaskia Gotik yang Harganya Bikin Sobat Misqueen Gigit Jari

Bermodal 10 Ribu, Resep Sandwich Murah Meriah Ini Bisa Jadi Menu Sarapan Alternatifmu

Bermodal 10 Ribu, Resep Sandwich Murah Meriah Ini Bisa Jadi Menu Sarapan Alternatifmu

Mengulik Makeup Deddy Corbuzier Yang Membuat Wajahnya Jadi Sangar. Panutan Para Cowok!

Mengulik Makeup Deddy Corbuzier Yang Membuat Wajahnya Jadi Sangar. Panutan Para Cowok!

loading