Inspirasi Dekorasi Meja Ini Buatmu Makin Enjoy buat Belajar. Pas untuk Kamar Mungilmu

01 Januari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Apakah kamu tipe orang yang gemar belajar di luar rumah seperti kafe atau perpustakaan? Jangan-jangan kamu nggak punya meja belajar di rumah atau kos yang bisa bikin pewe. Kalau dihitung-hitung pengeluaran kita untuk ke kafe buat belajar lumayan mahal juga, lho. Pun perpustakaan hanya bisa diakses di jam-jam yang sudah ditentukan.

Coba deh kamu buat study space sendiri di kos atau rumahmu yang nyaman dan bisa kamu gunakan kapan saja. Bisa kamu tata sendiri kok dalam waktu yang singkat pula. Tata kamarmu sekarang yuk!

1. Letakkan di seberang jendela

Belajar dengan menghadap ke jendela bisa memberi kamu kesan luas, ketika bosan kamu juga bisa curi pandang ke pemandangan luar. Meletakkan meja di dekat jendela juga bisa memberi kamu udara segar serta pencahayaan alami, sekalian hemat listrik. Sayangnya buat anak kos yang mendapat kamar  menghadap jemuran atau halaman parkir motor pemandangannya jadi kurang sedap ya. Ah, yang penting dapat udara dan cahaya deh.

2. Letakkan tanaman kecil di mejamu

Kamu bisa meletakkan tanaman yang bisa hidup dalam ruangan dan mudah dirawat seperti kaktus misalnya. Tanaman-tanaman itu tidak perlu disiram setiap hari, jadi kamu tidak perlu takut mejamu basah atau kotor. Kamu hanya perlu memastikan mereka dapat cahaya yang cukup atau mengeluarkannya seminggu sekali. Selain sebagai hiasan yang memberikan kesan asri di meja kamu, tanaman baik berada di dekat kita pada siang hari karena menghasilkan oksigen.  

3. Pasang rak di atas meja belajarmu

Ketika belajar alangkah baiknya jika kamu punya ruang yang cukup luas untuk menaruh buku teks pelajaran, buku tulis, laptop, dan berbagai keperluan kamu lainnya. Untuk itu, kamu bisa menyiasati mejamu yang kecil dengan memasang rak di dinding depan meja belajarmu.

Pilih rak minimalis yang mudah dipasang dan tidak makan banyak tempat. Nah, sekarang kamu bisa meletakkan barang seperti tempat pensil, pajangan, pigura, dan lainnya di atas rakmu, sehingga kamu punya lebih banyak ruang untuk belajar. 

4. Papan buletin

Kamu yang punya banyak kegiatan dan tugas pasti butuh semacam organizer dan reminder. Kamu bisa pasang papan buletin di dinding dekat meja belajarmu. Dengan begitu, kamu akan selalu teringat tugas-tugas dan acara penting apa yang harus kamu kerjakan. Kamu juga bisa menaruh beberapa foto atau poster, desain layoutnya semenarik mungkin supaya kamu selalu menyempatkan diri melirik ke papan buletinmu.   

5. Tata dengan rapi dan minimalis

Usahakan setiap selesai belajar kamu menaruh buku kamu dengan rapi pada tempatnya semula. Dengan begitu kamu tidak perlu membereskan barang-barang yang berantakan setiap akan belajar. Sering kan kita meninggalkan buku-buku dan pena sembarangan, lama-kelamaan meja kamu penuh sampah dan berantakan, alhasil kamu malas belajar di mejamu sendiri.

Usahakan pula kamu tidak terlalu banyak menaruh barang yang kurang berguna di mejamu, lagi-lagi untuk memberikan ruang yang luas. Cukup lampu belajar dan beberapa tempat pensil misalnya.  

6. Beri aksen warna cerah

Supaya lebih semangat, kamu bisa memberikan aksen warna yang ceria seperti kuning, orange, tosca, atau pink di meja belajarmu. Aksen warna tersebut bisa dalam bentuk lampu belajar, pajangan action figure, foto, folder, jam meja, atau benda lainnya. Jadikan itu highlight di mejamu yang bisa menaikkan mood kamu saat belajar. 

Itu beberapa tips dan inspirasi meja belajar yang bisa kamu tiru. Intinya, bikin meja belajarmu senyaman mungkin dan selalu siap dipakai buat belajar. Dengan dekor meja belajar yang kece, niscaya mood belajar kamu akan bertambah. Belajar jadi tidak membosankan lagi.   


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES