Inilah 7 Tips Menghadapi Pacar yang Cemburuan Tanpa Harus Putus

storiesofworld.com

Cemburu memang kondisi emosi alamiah manusia. Salah satu situasi yang mungkin sulit ditangani adalah ketika kamu harus menghadapi pacar yang cemburuan. Padahal menurutmu, nggak perlu ada yang dicemburuin. Kamu pun merasa nggak melakukan hal apa pun yang pantas menjadi pemicu api cemburunya. Daripada pusing dan masalah nggak teratasi, yuk kepoin tips menghadapi pacar yang cemburuan berikut ini!

1. Bicarakan tentang kekhawatiran pacarmu

viralsection.com

Pacarmu cemburu tentulah mengatasnamakan alasan tertentu. Coba obrolin secara empat mata dan dari hati ke hati. Jangan pernah mem-bully apa pun yang dipikirkannya dan alasannya cemburu padamu. Kamu juga bisa katakan kalau kamu juga sedih mengetahuinya cemburu dengan hal yang nggak seharusnya menjadi masalah. Jangan pernah sepelekan rasa cemburu pacarmu apalagi kalau sampai mengatakan, “Gitu aja kok cemburu sih?”

2. Jangan terlalu defensif dan langsung marah

www.romper.com

Kalau pacarmu menuduh sesuatu yang nggak benar tentangmu, misalnya menuduhmu selingkuh padahal kamu nggak selingkuh, kamu jangan langsung melawannya dan membela diri. Justru kamu harus mengajaknya bicara pelan-pelan dan memintanya untuk menceritakan alasan yang membuatnya berpikir bahwa kamu berbuat demikian. Cobalah untuk mendiskusikan pemecahan masalahnya. Kalau kamu terlihat defensif, kamu justru terlihat lebih mencurigakan, lho.

3. Tunjukkan perhatian lebih

giphy.com

Setelah kamu dan pacar udah tahu akar masalahnya dan mencoba memperbaiki keadaan, kamu bisa menunjukkan perhatian lebih padanya. Mungkin aja dia cemburu karena kurangnya perhatian darimu. Kamu bisa tunjukkan dengan mendukung aktivitasnya atau sesimpel mengucapkan selamat pagi. Tapi, kalau cemburuannya udah berlebihan, jangan biarkan pacarmu terus-terusan menindasmu dengan alasan cemburu, ya. Itu sih hubungannya udah nggak sehat lagi.

4. Ciptakan dan terapkan batasan
www.digitalmomblog.com

Sebelum terlalu jauh melangkah bersama, kamu jadi banyak belajar tentang arti batasan seperti apa yang kamu butuhkan dan apa yang pacarmu inginkan. Nggak semua hal pribadimu bisa kamu bagikan ke pacarmu dan sebaliknya. Ciptakan dan terapkan batasan yang jelas tentang bagaimana kalian berdua mengelola emosi satu sama lain agar nggak ada lagi kesalahpahaman. Misalnya, dengan mengatakan kenapa kamu butuh berhubungan dengan orang yang dicemburuinya dan kenapa pacarmu nggak perlu cemburu akan hubungan tersebut.

5. Berusaha mengerti dan ada untuknya
giphy.com

Salah satu cara untuk memedamkan api cemburu adalah berusaha untuk hadir dan mengerti. Meskipun sikap cemburunya adalah hal yang seharusnya ia atasi sendiri, tapi menyediakan bahu untuknya saat ia membutuhkanmu atau sekadar hadir di acara pentingnya akan membuatnya merasa bahwa dirinya adalah orang terpenting di hidupmu sehingga ia nggak perlu lagi untuk cemburu. Hal ini juga bisa membantu menumbuhkan kembali rasa percaya di antara kalian.

6. Kenalkan pada orang atau situasi yang dicemburuinya

giphy.com

Umumnya seseorang cemburu karena nggak kenal dan akrab dengan hal yang dicemburuinya. Kalau pacarmu cemburu akan kedekatanmu dengan orang lain, kamu bisa memperkenalkan pacarmu dan orang tersebut. Pacarmu akan menilai sendiri apakah orang tersebut pantas untuk dicemburui atau memang hanya perasaan cemburu buta aja selama ini? Tapi, pastikan pacarmu bersedia, ya. Kalau pacarmu mengelak dengan alasan udah benci banget sama orang yang dicemburuinya, kamu perlu curiga dan mempertimbangkan kelanjutan hubunganmu.

7. Sabar dan perhatikan perkembangan masalahnya

id.pinterest.com

Meredakan pacar yang cemburuan nggak bisa selesai gitu aja dalam waktu sehari. Kamu dan pacar mungkin butuh waktu berhari-hari untuk bisa menemukan jalan keluar yang adil bagi kedua pihak. Kalian berdua harus kompak dalam menyelesaikan masalah dan jangan berpura-pura lupa dengan masalah yang pernah terjadi. Selalu kontrol dan evaluasi rasa cemburunya sampai kamu yakin bahwa kalian udah nggak menganggap hal tersebut sebagai masalah lagi.

Memang cemburu adalah tanda cinta, namun jika pacarmu cemburu buta secara berlebihan, nggak masuk akal, dan udah menunjukkan tanda-tanda kekerasan dalam pacaran, kamu perlu curiga, ya, dan kamu boleh mempertimbangkan kelanjutan hubunganmu. Jangan biarkan dirimu berhubungan dengan orang yang nggak menghargaimu. Cemburu boleh, lebay jangan!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Harus Coba Nih! Kombinasi Dress dan Sneakers yang Kece Badai

Harus Coba Nih! Kombinasi Dress dan Sneakers yang Kece Badai

Ingin Cantik Tanpa Ribet? Inilah 5 Produk Perawatan Wajah yang Wajib Kamu Gunakan

Ingin Cantik Tanpa Ribet? Inilah 5 Produk Perawatan Wajah yang Wajib Kamu Gunakan

loading