Inilah 12 Macam Soto yang Ada di Indonesia? Patut Dicoba Semuanya Nih

04 Juli 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Soto menjadi makanan khas Indonesia yang cocok dimakan kapan saja. Buat sarapan, bisa bikin mata melek. Buat makan siang, bisalah nyegerin badan. Kalau malem sih sebenarnya jarang ada yang memakannya, soalnya udah nggak ada yang jual.

Nah, ternyata soto di Indonesia itu ada banyak macamnya lho. Kali ini, yukepo telah menghimpun beberapa jenis soto yang ada di Indonesia. Simak yuk ulasannya.

1. Soto Lamongan

Sesuai namanya, soto Lamongan adalah makanan khas daerah Lamongan, Jawa Timur. Ciri khas dari soto ini adalah suwiran ayam kampong yang empuk. Selain itu, ada juga koya yang merupakan remahan kerupuk udang.

2. Soto Madura

Yang membedakan soto Madura dengan soto yang lain adalah bahan-bahannya. Soto Madura terdiri dari irisan daging sapi, kentang goreng, dan kecambah. Biasanya, dalam penyajiannya didampingi dengan rempeyek.

3. Soto Betawi

Selain kuahnya yang berbeda, kuah santan atau kuah susu, irisan daging sapi, dan jeroan juga menjadi ciri khas dari soto Betawi. Tak hanya itu, jeruk nipis, sambal, minyak samin, dan emping yang menjadi pendampingnya juga menjadi pembeda dari soto yang lain.

4. Soto Banjar

Banjar adalah salah satu nama suku yang ada di Pulau Kalimantan. Soto Banjar tidak dibumbui dengan kunyit. Potongan lontong selalu hadir dalam setiap penyajiannya. Perkedel, telur, dan potongan daun bawang menjadi pelengkapnya. Terkadang juga ada sate Banjar.

5. Soto Medan

Soto Medan hampir mirip dengan soto Betawi. Kuahnya sama-sama dari santan. Akan tetapi, kuah kental berwarna kuningnya memiliki aroma kapulaga yang sangat khas.

6. Soto Kudus

Kalau tidak memakai daging ayam, soto Kudus memakai daging kerbau. Daging sapi tidak dipakai konon kabarnya karena Sunan Kudus ingin bertoleransi dengan umat Hindu.

7. Soto Lenthok

Soto Lenthok merupakan soto khas Yogyakarta. Pada umumnya, sajiannya sama dengan soto yang lain. Yang membedakan adalah Lenthok. Lenthok bisa dibilang perkedel yang dibuat dari singkong.

8. Soto Tauco Pekalongan

Soto Tauco sering disebut dengan tauto alias tauco soto. Potongan jeroan yang diiris tipis disajikan bersama ketupat dan disiram dengan kuah kaldu. Yang paling mantap adalah tambahan sambal goreng atau tauco.

9. Soto Makassar

Soto Makassar lebih dikenal dengan nama coto Makassar. Coto Makassar dibuat dengan 40 bumbu lho. Kalau masyarakat Makassar sih bilangnya ampah patang pulo. Semua bumbu tersebut direbus dengan potongan daging. Setelah siap akan coto akan disajikan dengan ketupat.

10. Soto Bandung

Kuah soto Bandung berbeda. Kuahnya berwarna bening karena bumbunya hanya diiris tipis. Ciri khas lainnya adalah potongan lobak yang diiris tipis. Selain itu, ada taburan kacang tanah goreng juga.

11. Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor, dinamai seperti itu karena memang soto ini memakai mie. Mie yang dipakai adalah mie telur. Kuahnya berwarna merah karena memakai cabai. Wah, pasti menggoda nih.

12. Soto Padang

Masakan Padang banyak disukai oleh orang. Salah satunya adalah soto Padang. Perbedaan soto Padang dengan yang lain terletak pada kuahnya. Kuahnya berasa gurih dan asam. Rasa gurih didapat dari kaldu, sedangkan rasa asam didapat dari cuka.

 

Menggoda perut kan semua jenis soto yang ada di Indonesia? Mungkin kalau ditelusuri lebih lanjut setiap daerah di Indonesia punya soto khas masing-masing kali ya. Gimana tertarik buat mencoba setiap soto khas daerah-daerah di Indonesia?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES