Inilah 10 Rangkaian Skincare untuk Kulit Semulus Artis Korea, Yakin Kamu Sanggup?

22 Juli 2017
|Olphi Disya
144SHARES

Cantik itu mahal. Mungkin pernyataan tersebut pas banget sama tren perawatan kecantikan yang datang dari Korea Selatan. Seperti sebuah wabah, para penggiat kecantikan di seluruh dunia pun antusias dengan rangkaian skincare yang katanya mampu membuat kulit wajah kita semulus wajah artis Korea. Tapi, apakah semua orang sanggup menerapkan kesepuluh rangkaian perawatan tersebut? Berikut tips serta langkah-langkahnya.

1. Cleanser

Ini adalah langkah paling awal. Umumnya cewek Korea menerapkan metode “double cleansing”. Jadi, setelah membersihkan dengan make-up remover, kemudian dilanjutkan dengan cleansing oil untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit wajah. 

2. Facial wash

Cuci muka dengan sabun pembersih sangat dianjurkan dalam rangkaian skincare Korea. Biasanya cewek Korea menggunakan foaming cleanser dengan memijat lembut seluruh area wajah. Jangan menggosok terlalu kencang kalau ingin mendapatkan kulit yang mulus.

3. Exfoliation

Tahu nggak kenapa banyak artis Korea yang kulitnya flawless? Karena mereka rajin membersihkan sel-sel kulit mati, blackhead, dan komedo dengan eksfoliasi. Gunakan exfoliation scrub dan gosok kulitmu dengan lembut, lalu bilas dengan air.

4. Toner

Nggak seperti fungsi toner kebanyakan, toner pada rangkaian skincare Korea umumnya bersifat melembabkan dan menjernihkan. Toner akan membuat wajah kita lebih siap untuk menyerap rangkaian skincare lainnya yang berfungsi menutrisi kulit.

5. Essence

Sebenarnya ada beberapa brand skincare Korea yang menggabungkan produk essence dan serum, namun ada pula yang memisahkan kedua produk tersebut. Konsentrat essence biasanya lebih kental daripada toner dan berfungsi untuk peremajaan kulit.

6. Serum/ Ampoule

Konsentrat serum adalah yang paling kental di antara rangkaian skincare cair lainnya. Serum/ ampoule lebih kaya akan manfaat serta ditujukan untuk masalah kulit yang lebih spesifik. Misalnya, serum untuk anti penuaan dini, serum kolagen, atau serum pencerah warna kulit.

7. Sheet mask

Korea merupakan salah satu pencetus sheet mask atau masker kertas yang direndam dengan cairan konsentrat mirip serum. Sheet mask itu sendiri ada berbagai macam. Ada yang digunakan pada wajah, eye patch untuk mata, atau lip mask untuk bibir. Gunakan maksimal 2-3 kali seminggu.

8. Eye cream

Kulit di area mata sangat sensitif dan memerlukan perawatan khusus. Oleh karena itu, kamu butuh eye cream untuk menyamarkan mata panda, kantung mata, garis-garis halus, hingga kerutan di sekitar mata. Eye cream akan membantu melembabkan dan menutrisi area tersebut.

9. Moisturizer

Produk skincare yang nggak boleh ketinggalan adalah pelembab atau moisturizer. Dalam rangkaian skincare korea, produk ini juga dikenal dengan emulsion. Sebenarnya sama aja, umumnya berupa krim yang berfungsi untuk melembabkan dan mencerahkan.

10. Sunscreen atau sleeping mask

Kalau ini sebenarnya harus disesuaikan dengan kapan waktu penggunaannya. Kalau kamu pakai di pagi hari sebelum beraktivitas, kamu harus aplikasikan sunscreen atau tabir surya dengan SPF. Tapi, kalau sebelum tidur di malam hari, kamu harus pakai sleeping mask.

Kalau diperhitungkan, kamu memang harus memiliki budget yang cukup untuk bisa menerapkan kesepuluh rangkaian skincare ala Korea tersebut. Perawatan semacam ini juga memakan waktu kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Saking banyaknya, bisa-bisa kamu malah ketiduran duluan, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
144SHARES