Ini Dia 6 Cara Mujarab untuk Mengasah Kembali Kinerja Otakmu

30 Agustus 2017
|Indana Putri
0SHARES

Pernah nggak kamu merasa jadi mudah lupa atau kurang fokus? Ada beberapa janji yang terlupakan bahkan banyak barang yang tertinggal di rumah saat kita sudah berangkat ke sekolah? Tenang, ini bukan karena kamu kurang minum air kok, guys. Hehehehe.

Lupa terhadap sesuatu itu hal yang wajar, jika terjadi beberapa kali saja. Tapi, kalau sudah terlalu sering, bisa jadi ini adalah pertanda bahwa otakmu mengalami penurunan fungsi! Sayangnya, menurunnya fungsi ini nggak bisa disembuhin begitu saja. Selain makan makanan bergizi yang mengandung Gingko Biloba, ada juga beberapa tips untuk mengasah otakmu biar nggak tumpul terus-terusan. Ini dia tips asik yang bisa bikin kamu encer lagi!

1. Shopping

Seperti yang dilansir dari National Geographic, belanja adalah sebuah kegiatan yang bisa mengasah otak. Karena saat berbelanja, fisik dan pikiranmu bekerja secara bersamaan. Kamu akan berjalan, bertemu orang, melihat harga, melakukan perhitungan diskon, dan menentukan keputusan jadi atau tidaknya membeli barang. Setiap kegiatan itu bakal merangsang otak untuk jadi lebih aktif.

2. Berdansa

Berdansa merupakan interaksi sosial yang bisa memperbaiki fungsi sel saraf serta membantu jantung untuk memompa oksigen dan nutrisi ke sel-sel otak. Selain itu, bergerak aktif juga dapat meningkatkan otak kecil (cerebellum) dan memproduksi protein yang dapat membantu sel saraf berkomunikasi lebih efektif.

3. Melakukan sesuatu dengan tangan kiri

Orang yang melakukan segala kegiatan dan aktivitas dengan tangan kiri disebut dengan kidal. Otak kanan, yang mana berfungsi sebagai pusatnya hal-hal kreatif, adalah yang bekerja lebih ekstra. Ini sebabnya, orang kidal identik dengan orang yang kreatif yang otaknya juga terasah dengan baik.

4. Juggling

Selain melatih fisik agar lebih fokus dan cekatan, juggling juga dapat melatih otak dalam pengenalan pada pola dan orientasi spesial yang mengaktifkan beberapa area sekaligus pada otak. Hal multitasking ini nggak cuma juggling, kok. Contoh lainnya bisa kamu temui di rumah misalnya multitasking ketika menggoreng tempe biar nggak gosong sekaligus mengepel lantai yang ketumpahan kuah sop dalam satu waktu.

5. Main pingpong

Bermain pingpong atau tenis meja dipercaya dapat meningkatkan koordinasi interaksi mata dan tangan. Sehingga, otak kita jadi terlatih untuk mengetahui apa yang harus dilakukan hanya dalam sekali tatap.

6. Mandi sambil menutup mata

Memejamkan mata dipercaya dapat meningkatkan fungsi indera lainnya, pendengaran misalnya. Selain itu, menutup mata juga dapat melatih fokus dan ingatan. Kalau kamu gampang lupa, pasti kamu menutup mata saat berusaha mengingat sesuatu. Ya, 'kan?

Mau lupain mantan, tinggal pejamkan saja matamu!

Nah, inilah cara dan tips gampang yang bisa kamu praktikkin tiap hari untuk mengasah otakmu. Semoga berhasil!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES