Ini 5 Skincare Routine yang Bisa Diamalkan Oleh Cowok. Nggak Pakai Ribet!

www.thecoolist.com

Secara fisiologis, kulit cowok memang lebih tebal daripada kulit cewek, karena produksi kolagen yang lebih banyak daripada kulit cewek.  Meskipun produksi kolagen berlimpah, kebanyakan cowok cenderung cuek dan nggak mau melakukan perawatan kulit sehingga bisa berdampak fatal. Selain itu, kulit cowok juga lebih rentan bermasalah karena kelenjar minyak yang cenderung lebih aktif sehingga apabila tidak dirawat dengan baik, kulitnya akan jadi lebih berminyak dan menimbulkan berbagai permasalahan kulit lainnya seperti jerawat hingga tekstur yang nggak rata.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penting sekali bagi para cowok untuk melakukan rutinitas skincare harian. Berikut ini adalah tahap-tahap dasar yang harus kamu perhatikan agar masalah kulit nggak bermunculan, simak ya!

1. Modal awal untuk merawat kulit adalah mempelajari jenis kulit kamu

www.sloanmagazine.com

Kira-kira, begini lima jenis kulit yang dimiliki oleh manusia

Normal: Kulit tetap bebas minyak hampir sepanjang hari dan tidak mudah kering. Jerawat jarang menjadi masalah.

Kulit Berminyak: Kulit tampak berminyak dan berkilau. Kamu sering bermasalah dengan jerawat dan pori tersumbat.

Kulit Kering: Kulit sering terasa kencang atau kering. Beberapa area wajah sering mengelupas saking keringnya.

Kombinasi: Cowok yang memiliki kulit kombinasi memiliki zona berminyak pada area dahi hingga hidung tetapi kering atau normal di bagian wajah yang lain.

Kulit sensitif: Jenis kulit ini gampang teriritasi dan kemerahan. Nggak jarang juga mengalami breakout saat mencoba produk perawatan kulit.

2. Setelah mengenal jenis kulit, mulai dengan rutinitas perawatan kulit harian, langkah pertama adalah membersihkan wajah pagi dan malam

www.myphamchonam.com

Langkah perawatan pertama yang diperlukan adalah face wash atau pembersih wajah. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang dibuat khusus sesuai jenis kulit kamu. Membersihkan wajah di pagi hari akan menghapus minyak yang diproduksi wajah saat tidur. Cuci muka saat sebelum tidur dapat mencegah minyak dan bakteri menyumbat pori-pori setelah beraktivitas seharian. Untuk kulit sensitif dan kering, hindari pembersih wajah yang mengandung alkohol, deterjen dan parfum.

Caranya, basuh muka dengan air lalu gosokkan perlahan pembersih wajah dengan gerakan melingkar kemudian bilas. Langkah ini harus benar-benar diperhatikan karena membersihkan wajah adalah langkah skincare paling penting dan mendasar dalam merawat kulit.

3. Lanjutkan dengan memakai toner

www.cheatsheet.com

Langkah skincare yang kedua adalah face toner, toner berfungsi untuk menyemimbangkan pH kulit setelah di bersihkan, toner juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati serta menjaga kesegaran kulit. Pilihlah toner yang tidak mengandung alkohol dan parfum karena bisa membuat kulit terlalu kering. Cara memakai toner, tuangkan pada kapas lalu usapkan pada wajah dengan gerakan menepuk.

 

4. Eksfoliasi wajah dengan menggunakan scrub atau exfoliating toner bisa dilakukan seminggu sekali
www.skincare.com

Langkah perawatan selanjutnya adalah eksfoliasi menggunakan face scrub atau exfoliating toner. Proses eksfoliasi ini akan menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah. Lakukan proses eksfoliasi 1 - 2 kali seminggu setelah membersihkan wajah, tergantung pada jenis kulit kamu. Cowok dengan kulit berminyak dapat melakukan eksfoliasi lebih sering agar pori-pori mengecil sehingga jerawat tidak mudah timbul. sementara cowok dengan kulit sensitif dan kering tidak boleh terlalu sering melakukannya karena bisa menyebabkan iritasi.

5. Lindungi kulit wajah dengan penggunaan sunscreen atau sunblock
sanctuaryskincare.net

Langkah yang keempat adalah sunscreen atau sunblock sebagai agen pelindung kulit wajah dari sengatan sinar UV. Gunakan sunscreen atau sunblock dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, serta menjaga kulit dari dampak buruk sinar matahari. Cara menggunakannya cukup oleskan sunscreen atau sunblock pada seluruh bagian wajah hingga leher. Langkah skincare yang satu ini penting banget untuk dilakukan, karena kalau lalai bisa menyebabkan penuaan dini hingga kanker kulit.

6. Jika kamu dikaruniai janggut dan kumis yang lebat, shaving cream jadi kawanmu setiap hari

www.burkeavenue.com

Kebanyakan cowok merasa malas menggunakan shaving cream saat mencukur rambut-rambut yang tumbuh di area wajah. Padahal menggunakan shaving cream dapat melindungi sekaligus menutrisi kulit saat bercukur. Selain itu, rambut di wajah yang dibiarkan berminggu-munggu dapat menjadi sarang bakteri sehingga memicu munculnya jerawat. Hmm, brewok sih nggak masalah, tapi tetap dijaga ya kebersihannya dengan langkah skincare yang tepat.

Mengingat wajah merupakan aset penting yang harus dijaga demi penampilan yang paripurna, jangan malas lagi ya untuk melakukan perawatan wajah secara rutin. Nggak harus ribet, cukup lakukan kelima tahapan skincare di atas dengan konsisten. Hasilnya akan membuat kulitmu lebih bersih dan lembut sehingga kamu tampak lebih tampan dan awet muda.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Selain Nyi Roro Kidul, Suka Warna Hijau Boleh Saja Kok. Ini Pilihan Outfitnya!

Selain Nyi Roro Kidul, Suka Warna Hijau Boleh Saja Kok. Ini Pilihan Outfitnya!

Bikin Wajahmu Cantik Natural dengan 7 Langkah No Makeup Makeup Look Ini. Effortless!

Bikin Wajahmu Cantik Natural dengan 7 Langkah No Makeup Makeup Look Ini. Effortless!

Biar Berasa Sarapan Sama Oppa, Bikin Aja Gyeran Mari! Telur Gulung Korea Lezatnya Tak Terkira

Biar Berasa Sarapan Sama Oppa, Bikin Aja Gyeran Mari! Telur Gulung Korea Lezatnya Tak Terkira

Dijadiin Rebutan Indonesia dan Malaysia, 5 Negara Ini Juga Ternyata Punya Batik!

Dijadiin Rebutan Indonesia dan Malaysia, 5 Negara Ini Juga Ternyata Punya Batik!

Xabiru, Balita dari Rachel Vennya yang Bajunya Sekali Pakai Habis Minimal 250 Ribu

Xabiru, Balita dari Rachel Vennya yang Bajunya Sekali Pakai Habis Minimal 250 Ribu

7 Olahan Lontong dari Berbagai Daerah yang Siap Menguji Iman. Soal Rasa Jangan Ditanya!

7 Olahan Lontong dari Berbagai Daerah yang Siap Menguji Iman. Soal Rasa Jangan Ditanya!

loading