Ini 5 Cara Untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Mending Jauhi Bahan Kimia

03 Oktober 2017
|Lidya Kartika

Sebagai orang yang mulai bertumbuh dewasa, jerawat menjadi problem yang tidak terelakkan untuk dialami hampir oleh semua orang. Beberapa dari kita bahkan bisa mengalaminya berulang-ulang dan nggak tau lagi gimana cara mengatasinya. Akhirnya, kadang kita suka beralih memakai obat atau bahan kimia.

Padahal, bahan kimia itu memiliki efek samping tersendiri lho. Daripada bingung bagaimana cara mengatasi jerawat, yuk simak 5 cara alami berikut ini! Aman dong pastinya!

1. Mencuci wajah dengan bahan alami

Ternyata, jerawat membandel dapat hilang dengan mencuci wajah dengan lembut. Tapi, jangan pakai pencuci muka berbahan kimia dan yang mengandung scrub! Gunakanlah campuran bahan alami dari madu, cuka apel, minyak kelapa, atau minyak pohon teh atau tea tree oil. Madu dapat menyegarkan wajah, minyak kelapa dapat membasmi bakteri dan jamur, serta minyak pohon kelapa dapat menguatkan kulit.

2. Masker alami penyembuh

Masker berguna untuk memberikan asupan air dan menyembuhkan kulit. Bahan-bahan alami yang digunakan di antaranya madi, kayu manis, atau minyak tanaman. Kamu bisa mencampurkan yoghurt dan madu dengan sendok makan kemudian meratakannya ke seluruh wajah, kemudian didiamkan selama 10 menit. Atau bisa juga menggunakan campuran kayu manis dan madu serta minyak kelapa yang dibalurkan ke seluruh wajah.

3. Pelembap handmade

Berlawanan dengan apa yang diketahui masyarakat umum, kulit yang sedang sensitif terkena jerawat harusnya dirawat dan dilembapkan. Gunakan pelembap alami seperti minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki asam laurat yang dapat membunuh bakteri. Selain itu, minyak kelapa juga memberikan efek antioksidan dan mengembalikan keremajaan kulit.

4. Bunuh bakteri dengan tea tree

Salah satu penyebab jerawat yang paling umum adalah bakteri, yakni Propionibacterium acnes. Nah, salah satu cara membunuhnya yakni langsung mengaplikasikan zat-zat antibakteri ke area yang berjerawat. Zat alami yang ampun untuk membunuh bakteri ini di antaranya adalah minyak pohon teh atau tea tree oil.

5. Didukung dengan asupan makanan sehat

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah makanan dapat meningkatkan gula darah yang berakibat peningkatan insulin. Makanya, makanan yang kamu makan harus seimbang dan tidak memicu terjadinya hal ini. Saat berjerawat, kamu hanya disarankan makan tumbuhan hijau, bua dari kelompok beri, dan protein. Lemak sehat seperti salmon juga masih boleh dikonsumsi.

 

Jadi, daripada dikit-dikit mengonsumsi obat, mendingan menggunakan bahan alami, 'kan? Kamu pasti menang melawan jerawat dengan tips ini!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lidya Kartika
Gak Punya Quote Nih!
SHARES