Ingin Percepat Laju Karier? Ini 7 Kunci Sukses di Era Digital

01 Desember 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Kita semua memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan karier yang lebih baik - tak peduli itu cewek maupun cowok, semua punya kesempatan yang sama. Namun ada satu hal yang mungkin bisa membedakan satu sama dengan yang lain, yakni bagaimana akselerasi kamu dalam membangun karier itu sendiri. Nah, dari sisi inilah yang mungkin bisa membedakan pencapaian seorang dalam pekerjaannya, terlebih di zaman yang serba digital seperti sekarang.

Untuk itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal untuk mempercepat laju kamu dalam berkarier. Berikut adalah kunci sukses agar pencapaian kamu bisa lebih meningkat di era yang serba digital dan maju. Ingin tahu rahasianya? Yuk, kepoin!

1. Mematikan gadget untuk memiliki kualitas tidur yang baik.

Jika kualitas tidur kamu baik, akan membantu kamu beraktivitas di hari esok agar lebih produktif dan maksimal. Sebab di era seperti sekarang, gadget layaknya ‘pendamping hidup’ bagi kamu dalam menjalani hari demi hari. Jadi ada baiknya saat jam tidur, kamu perlu mematikan gadget agar tidurmu lebih berkualitas dan nyenyak, minimal satu jam sebelum kamu tidur. Menurut penelitian, sinar atau cahaya layar gadget ini bisa mengganggu kualitas tidur kamu.

2. Terus belajar dengan teknologi baru agar kamu makin mahir di dunia digital.

Menggunakan teknologi mampu membantu kamu dalam bekerja – untuk lebih efisien dan mempercepat pekerjaan. Jadi belajarlah terus akan hal ini, agar kamu makin mahir menggunakannya. Cara ini juga mempermudah kamu untuk terhubung dengan pihak lain, entah itu rekan kerja, kolega, dan lainnya.

3. Memaksimalkan penggunaan teknologi dalam dunia kerja

Banyak aplikasi yang bisa kamu pilih untuk membantu kinerjamu. Sebut saja seperti media sosial atau WhatsApp (WA). Medsos bisa membantu dalam menghubungkan ke calon-calon konsumen kamu. Kemudian kamu juga bisa membuat grup di WA untuk mempermudah kamu dalam berkominukasi dengan kolega. Jadi adanya kemajuan teknologi ini bisa kamu maksimalkan agar kamu mampu bersaing di dunia karier.

4. Ciptakan strategi dalam berkarier agar kamu memiliki arah yang jelas

Kamu harus memiliki strategi yang jelas dan detail dalam membangun karier yang lebih baik. Kamu harus mengelola ini secara proaktif agar kamu lebih mudah dan tahu ke mana arah yang harus kamu tuju. Jika kamu sudah memiliki arah yang jelas, tentu akan memudahkan kamu saat menjalaninya, sehingga menuju ke puncak karier tertinggi itu bukanlah hal mustahil.

5. Mengatur skala prioritas kamu. Jangan semua dikerjakan dalam satu waktu

Memiliki perencanaan itu sangat penting. Jadi buatlah daftar perencanaan dan tulis apa saja yang harus kamu lakukan di hari esok. Buatlah berdasarkan ukuran dan skala prioritasnya. Letakkan perkerjaan yang paling penting menjadi target utama. Dengan begini kamu akan lebih fokus dan mudah menjalaninya. Jadi, semua perkerjaan jangan kamu kerjakan dalam satu waktu.

6. Mulai membangun jaringan atau relasi seluas-luasnya

Beberapa orang sering ‘terjebak’ dalam kariernya sendiri. Hal ini terkadang membuatnya tidak peka dan jeli dalam melihat peluang. Padahal, meskipun kamu sudah memiliki karier, kamu tetap butuh membangun relasi dan komunikasi dengan orang-orang sekiar. Jadi carilah kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru, karena hal ini akan membantu kamu dalam membangun relasi. Karena, terkadang relasi ini cukup menentukan bagaimana laju karier kamu ke depan.

7. Kamu harus tahu bagaimana menikmati hidup

Tugas dan tanggung jawab dalam berkarier terkadang membuatmu lelah atau stres. Karena ini pula kamu harus memiliki sebuah keseimbangan agar semua bisa berjalan maksimal. Kamu juga perlu untuk ‘istirahat’ - menikmati hidupmu bersama teman, keluarga, pasangan, melakukan hobimu, atau meluangkan waktu untuk pergi berwisata ke tempat-tempat terdekat. Cara ini bisa membuat kamu me-refresh kembali pikiran, mental, dan jiwa, sehingga kamu lebih baik dalam menjawab tantangan-tantangan ke depan serta mampu untuk bersaing.

Nah, itulah tadi 7 kunci sukses dalam berkarier di era digital. Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini kita memang dituntun untuk selalu siap menghadapi perubahan – entah itu dalam hal teknologi, karier, dan hidup. Sehingga siapa yang paling cepat untuk belajar, hal inilah yang menentukan seberapa cepat ia tumbuh dalam membangun karier yang cemerlang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES