Ingin Mental Sekuat Baja? Coba Konsumsi Makanan-makanan Ini Saja!

recipegeek.com

Otak kita adalah rumah bagi jiwa kita. Sebagai organ dengan daya paling tinggi yang kita miliki, otak membutuhkan jumlah dan jenis bahan bakar yang tepat untuk bekerja dengan benar seperti halnya organ tubuh kita yang lainnya. Ketika kita tidak memberi otak kita bahan bakar yang tepat, kerja otak akan melambat, membuat pikiran kita sulit fokus, membuat kita merasa tidak bahagia, dan bahkan bisa jadi kita tidak termotivasi untuk maju ke arah yang lebih baik.

Pepatah yang mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat memang benar adanya. Jika kamu ingin memaksimalkan kekuatan otak sehingga kamu bisa meningkatkan fokus, berpikir lebih jernih dan hidup lebih bahagia, di bawah ini kamu bisa membaca beberapa informasi tentang nutrisi terbaik yang kamu butuhkan untuk memaksimalkan kekuatan mental kamu.  Penasaran apa saja yang kamu butuhkan untuk mendapatkan jiwa semental baja? Kepoin aja di bawah ini!

1. Makanan yang mengadung Omega-3

www.maangchi.com

60 persen otak kita terdiri dari lemak, dan oleh karena itu, kita membutuhkan lemak berkualitas tinggi untuk meningkatkan performa kerjanya. Salah satu lemak yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas otak adalah Omega-3. Kurangnya asupan Omega-3 pun dapat menyebabkan otak mengalami penuaan dini dan berkurangnya kemampuan kognitif. Oleh karena itu, jika kamu tidak mau cepat pikun, kamu harus rajin-rajin mengonsumsi makanan yang mengandung Omega-3 seperti kenari, biji chia, sarden, telur, salmon, minyak biji rami, minyak ikan, tiram, kacang soya, alpukat, dan bayam.

2. Makanan yang mengandung magnesium

realfood.tesco.com

Kandungan magnesium pada otak dapat bermanfaat untuk mencegah anti-inflamasi, meredam hormon stress, membuat sistem saraf menjadi lebih rileks, mengurangi kemungkinan depresi, dan meredam kecemasan. Makanan yang mengandung magnesium diantaranya: kacang almond, bayam, alpukat, biji-bijian (khususnya biji labu kuning), cokelat hitam, ikan mackerel, kacang soya, buah ara yang dikeringkan, pisang, beras merah, dan susu rendah lemak.

3. Makanan yang mengandung vitamin B1 (thiamine)

en.wikipedia.org

Dari sekian jenis vitamin B, vitamin B1 atau yang dikenal juga dengan nama thiamine memiliki fungsi yang sangat penting untuk meningkatkan metabolisme otak. Selain itu, vitamin B1 juga bisa membuat suasana hati kamu lebih baik, membuat kamu lebih enerjik, dan meningkatkan daya konsentrasi. Untuk mendapatkan asupan vitamin B1 yang tinggi, kamu harus lebih sering mengonsumsi rumput laut, biji bunga matahari, kacang macadamia, lentil, dan kacang hitam.

4. Makanan yang mengandung vitamin B6

www.seriouseats.com

Selain B1, vitamin B6 pun memiliki khasiat yang baik untuk perkembangan mental kamu. Asupan vitamin B6 bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan menyembuhkan kelelahan yang dirasakan secara mental karena kandungan serotonin di dalamnya. Makanan yang mengandung vitamin B6 diantaranya: daging kalkun, daging ayam, daging sapi, ikan tuna, kacang pistachio, dan alpukat.

5. Makanan yang mengandung vitamin B9
www.foodandwine.com

Vitamin B9, atau yang dikenal juga dengan nama folate, memiliki khasiat untuk meningkatkan daya imun otak dan daya ingat. Kurangnya vitamin B9 dalam tubuh juga bisa meningkatkan resiko terkena depresi lho. Oleh karena itu, kamu harus banyak-banyak memakan bayam, hati sapi, brokoli, asparagus, dan selada romaine.

6. Makanan yang mengandung vitamin B12
realfood.tesco.com

Selain bagus untuk tulang, rambut, kulit, dan sistem imun, vitamin B12 juga bisa meningkatkan daya ingat, meningkatkan fokus, dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Makanan yang mengandung vitamin B12 diantaranya: hati sapi, sarden, salmon, telur, dan ragi.

7. Makanan yang mengandung vitamin C

weheartit.com

Vitamin C mengandung antioksidan yang sangat penting bagi otak. Otak menghabiskan energi dan oksigen yang sangat banyak untuk bisa bekerja, dan antioksidan pada vitamin C dapat membuat otak kita tidak mudah lelah. Selain itu, vitamin C juga bisa menstimulasi produksi serotonin yang membuat suasana hati kita menjadi lebih baik. Vitamin C yang paling bagus terdapat pada brokoli, jeruk, paprika, semangka, dan bayam.

Itulah beberapa jenis makanan yang sangat penting untuk memperkuat mental kamu. Makanan pada kenyataannya tidak hanya berpengaruh kepada fisik saja lho, melainkan juga kondisi mental. Jadi, kalau kamu ingin merasa lebih baik lagi dalam menjalani aktivitas sehari-hari, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan-makanan yang disebutkan di atas ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bikin Badan Terlihat Ramping, Plaid Dress Adalah Wajib untuk Dijadikan Eksperimen

Bikin Badan Terlihat Ramping, Plaid Dress Adalah Wajib untuk Dijadikan Eksperimen

Jangan Sering-sering Konsumsi 9 Makanan Ini, Nggak Baik Buat Kamu!

Jangan Sering-sering Konsumsi 9 Makanan Ini, Nggak Baik Buat Kamu!

Biar Makeup Menempel Terus dan Nggak Meleleh Kayak Es Krim, Begini Triknya!

Biar Makeup Menempel Terus dan Nggak Meleleh Kayak Es Krim, Begini Triknya!

Kelihatan Lebih Serasi, Outfit Sarimbit Ini Cocok buat Kondangan Bareng Pasangan

Kelihatan Lebih Serasi, Outfit Sarimbit Ini Cocok buat Kondangan Bareng Pasangan

Bikin Geli-Geli Penasaran, Inilah Tren Nail Art Paling Aneh di Tahun 2018!

Bikin Geli-Geli Penasaran, Inilah Tren Nail Art Paling Aneh di Tahun 2018!

7 Resep Smoothies yang Bermanfaat Buat Melunturkan Racun di Tubuhmu

7 Resep Smoothies yang Bermanfaat Buat Melunturkan Racun di Tubuhmu

loading