Ingin Cepat Tajir Melintir? 7 Tips Bisnis Waralaba atau Franchise Ini Layak Dicoba

14 Februari 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Anak muda sekarang cenderung lebih tertarik menjadi wirausaha ketimbang menjadi pegawai swasta ataupun pegawai negeri. Lebih bebas dan tidak diatur orang lain menjadi alasan di balik merebaknya wirausaha dari kalangan anak muda. Namun biasanya anak-anak muda yang berniat memulai menjadi wirausaha ini terbentur satu hal pertama dan utama yaitu modal. Modal dalam pengertian ini tidak hanya berupa uang, melainkan berbagai hal awal yang dibutuhkan sebagai syarat suatu bisnis dapat dijalankan seperti tempat, produk yang ingin dijual, brand, dan berbagai kebutuhan awal lainnya.

Biasanya karena modal tidak terpenuhi, banyak anak muda yang patah semangatnya padahal ada jalan lain yang lebih mudah untuk memulai berbisnis, salah satunya dengan memulai dari bisnis waralaba atau franchise. Ada hal-hal yang tidak perlu dipikirkan bagi seorang wirausaha yang memulai usahanya dari waralaba.

Walaupun begitu ada yang harus dipertimbangkan sebelum memulai berbisnis di bidang franchise agar usaha yang dilakoni tetap berjalan lancar. Nah kali ini Yukepo akan memberi tips bagi kamu yang ingin memulai berbisnis waralaba. Mau tau tips jitu dari Yukepo? Yuk langsung aja cari tahu, guys!

1. Pilih waralaba yang sesuai dengan minatmu

Menjalankan suatu bisnis tentu harus menjadi proses yang bisa dinikmati. Hal tersebut juga berlaku bagi pebisnis waralaba. Pilihlah bisnis waralaba yang sesuai dengan minatmu agar kamu bisa menikmati prosesnya. Menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat akan membuat senang dan tidak terbebani dalam menjalankannya.

2. Kuncinya, cari yang sistemnya mudah untuk dijalankan

Sebagai pemula, tentu kamu sangat dianjurkan memulia bisnis dari langkah yang mudah terlebih dahulu. Pilihlah usaha waralaba yang menurutmu mudah dijalankan dan tidak terlalu rumit. Usaha yang tidak terlalu menyita waktu bisa menjadi salah satu kriteria usaha yang mudah untuk dijalankan.

3. Pilih waralaba dengan harga produk terjangkau

Faktor harga menjadi salah satu faktor penting dalam bisnis. Produk dengan harga murah namun kualitas yang terjamin akan menjadi incaran banyak konsumen. Buat kamu yang ingin memulai usaha waralaba, kamu bisa memilih produk yang harganya terjangkau agar sasaran pasar yang diperoleh bisa lebih luas.

4. Pilih waralaba yang banyak dicari konsumen

Memperhatikan kebutuhan konsumen tentu menjadi salah satu strategi bisnis. Jika kita menawarkan produk yang sedang banyak dicari konsumen, tentu kita akan mendapat keuntungan ekonomi yang besar. Begitu pula dalam memulai bisnis waralaba. Pilihlah jenis waralaba yang banyak dicari konsumen, misalnya waralaba kuliner. Untuk mengetahui produk apa yang banyak dicari konsumen, kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu.

5. Pilih waralaba dengan pelayanan baik

Bergabung dengan suatu merk dagang, kamu harus pintar-pintar memilih. Pilihlah merk waralaba yang memberikan pelayanan prima, seperti garansi produk, pelayanan informasi yang baik, pelatihan, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan usaha waralaba yang akan dijalankan.

6. Pilih waralaba yang dekat dengan rumah

Sebagai pemula, pilih waralaba yang dekat dengan rumahmu. Hal ini bertujuan agar kamu lebih mudah mendapatkan informasi tentang usaha tersebut. Selain itu, usaha waralaba yang lebih dekat tentu akan lebih memudahkan kamu ketika menjalankannya. 

7. Semangat dan fokus

Nah, ini harus banget dilakuin dalam menjalankan bisnis apapun ya. Semangat dan fokus! Jangan takut untuk mengambil resiko, dan jangan mudah menyerah ketika mendapatkan kesulitan. Anggaplah kesulitan yang kamu alami sebagai proses yang nantinya akan membawamu pada kesuksesan. 

Nah, itu dia tips sukses berbisnis waralaba bagi pemula. Bagi kamu anak muda yang berniat menjadi wirausahawan dan memulai usahanya dari waralaba, gak ada salahnya kamu lakukan tips-tips tadi untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Walaupun semua harus dipikirkan dengan matang tapi bukan berarti kamu jadi takut untuk melangkah ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES