Ingin Berhenti Merokok? Cobalah Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

16 Mei 2018
|Idham Nur Indrajaya
1SHARES

Informasi tentang bahaya rokok sebenarnya sudah menjamur dan diketahui oleh kebanyakan masyarakat. Perlu diberitahu dengan cara apa lagi? Toh di setiap bungkus rokok yang diedarkan pun sudah ada peringatan keras dampak negatif rokok untuk kesehatan. Meski demikian, khususnya di Indonesia, kecanduan orang-orang pada rokok memang cukup sulit untuk dibatasi. Selain disebabkan oleh negeri kita yang kaya akan produk tembakau, kebijakan yang mengatur tentang penjualan rokok kepada konsumen dengan rentang usia tertentu memang tidak diawasi dengan ketat sehingga rokok pun saat ini sangat mudah untuk didapatkan sejak usia dini.

Meskipun berhenti merokok itu memang sangat sulit untuk orang yang sudah jadi pecandu, namun bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan. Berbagai tips dan trik untuk berhenti merokok bisa ditemukan di berbagai media. Walaupun informasi itu sudah tersedia, tapi usaha untuk berhenti merokok tetap dikembalikan kepada para perokok aktif.

Nah, buat kamu yang ingin berhenti merokok, di bawah ini kamu tidak akan menemukan trik seperti membuang segala macam yang berhubungan dengan rokok atau tips yang menyarankan untuk mencatat apa saja dampak positif yang bisa didapatkan dari berhenti merokok. Paparan di bawah ini akan memberitahu apa saja makanan dan minuman yang bisa membantu kamu untuk berhenti merokok.

1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet adalah saran paling umum yang biasa ditujukan kepada pecandu rokok yang ingin berhenti. Sebenarnya permen karet tidak memiliki kandungan yang bisa membuat pecandu menjadi berhenti merokok, tapi permen karet setidaknya dapat membuat mulut sibuk sehingga keinginan untuk merokok pun bisa teralihkan.

2. Teh herbal

Teh herbal mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks sehingga kebutuhan akan rokok yang sering dianggap sebagai obat stress oleh para pecandunya pun akan berkurang. Teh yang paling ampuh untuk menekan keinginan untuk merokok adalah teh chamomile. Selain itu, jenis teh lainnya seperti teh hijau dan teh melati pun dapat membantu mengurangi rasa gelisah pada orang yang sedang dalam proses berhenti merokok.

3. Haver (oat)

Haver atau yang sering disebut juga dengan nama oat ternyata mampu mengurangi rasa candu akan rokok. Sebuah penelitian di Jepang membuktikan bahwa perokok dapat mengurangi konsumsinya terhadap rokok sebanyak 50 persen saat mengonsumsi haver secara rutin. Selain kamu bisa memakan dalam bentuk oatmeal, kamu juga bisa membeli suplemen yang mengandung ekstrak oat di beberapa apotik.

 

4. Susu

Menurut penelitian yang dilakukan di Duke University, Carolina Utara, meminum susu sebelum merokok bisa membuat rokok memberikan sensasi yang tidak enak. Selain bisa dengan cara diminum, kamu juga bisa mencoba mencelupkan rokok yang ingin kamu hisap ke dalam susu dan biarkan mengering. Saat dihisap, rasanya akan membuat para pecandu menurunkan hasratnya terhadap rokok.

5. Jeruk

Penelitian di Inggris membuktikan bahwa 21 hari setelah pecandu mengonsumsi jeruk secara rutin, 79 persen dari mereka dapat berhenti merokok. Baik dikonsumsi secara langsung atau dijus, jeruk bisa mengalihkan perhatian para pecandu terhadap rokok.

6. Jus wortel

Jus wortel memiliki fungsi yang sama dengan susu, yakni membuat sensasi merokok menjadi terasa tidak enak sehingga hasrat candu bisa ditekan secara alamiah.  

7. Jus tomat

Berhubung tomat dan tembakau masih berasal dari keluarga tumbuh-tumbuhan yang sama, kabarnya meminum jus tomat bisa menjadi alternatif untuk kebiasaan menghisap rokok. Bedanya, jus tomat tidak mengandung unsur-unsur bahaya seperti halnya rokok.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu kamu untuk mengurangi keinginan merokok. Meski tips-tips di atas memang terbukti ampuh lewat sejumlah penelitian, namun yang lebih penting lagi sebenarnya adalah niat dari pecandu sendiri untuk menghentikan kebiasaannya. Kalau misalnya tidak ada niat untuk berhenti, tips-tips di atas bisa jadi tidak berpengaruh.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
1SHARES