Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Wawancara Kerja. Efek Sampingnya Ngerugiin Banget

27 Maret 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Wawancara kerja merupakan tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para pelamar. Tahap wawancara bertujuan untuk menilai kepribadian dan kemampuan pelamar yang kemudian dipertimbangkan apakah pantas untuk bergabung dengan perusahaan. Tahapan ini juga krusial karena pelamar akan menunjukkan dirinya sebagai calon pekerja yang dicari.

Oleh sebab itu, tahap ini cukup rumit dan menuntut banyak persiapan. Nah, supaya bisa lolos, kamu perlu strategi yang tepat dan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Tidak perlu khawatir, resah, bimbang, dan gelisah. Sudah ada pantangan yang harus dihindari ketika wawancara. Jadi, buat kalian yang lagi nyari pekerjaan atau yang mau wawancara kerja, harus banget kepoin rahasia ini!

1. Datang terlambat

Datang tepat waktu ketika wawancara kerja menunjukkan itikad baik kamu sebagai pelamar. Cara ini merupakan cara pertama dan paling sederhana untuk menunjukkan kinerja dan profesionalitasmu. Setidaknya datanglah 30 menit sebelum waktu wawancara. Lebih baik menunggu daripada kamu harus terburu-buru bukan?

2. Bersikap tidak sopan

Ketika berhadapan dengan HRD dan user perusahaan, selalu tunjukkan sikap yang sopan. Namun bersikap sopan tidak berarti kamu bersikap kaku lho, ya. Selama sesi wawancara, duduk dengan tenang dan jawab semua pertanyaan dengan intonasi suara yang stabil. Jangan menyela atau memotong pembicaraan si wawancara. Kamu harus bisa mengontrol dirimu agar tetap tenang ya. Oh iya, jangan lupa tersenyum agar kamu terlihat ramah dan tidak tegang.

3. Kurang wawasan tentang perusahaan

Sebelum melakukan wawancara, kamu harus "mengisi otakmu" dengan berbagai macam wawasan yang nantinya dibutuhkan. Tidak hanya seputar pekerjaan yang kamu lamar, tapi kamu juga harus mempunyai banyak wawasan tentang perusahaan tersebut. Mulai dari hal dasar seperti sejarah perusahaan. Jangan anggap remeh hal ini lho! Mempunyai wawasan yang lebih tentang perusahaan bisa menjadi nilai plus buat kamu.

4. Menjelek-jelekkan perusahaan lama

Jika sebelumnya kamu pernah bekerja di perusahaan lain, jangan memberitahu rahasia perusahaan tersebut apalagi menjelek-jelekkannya. Sikap ini tentunya akan memberikan kesan negatif pada dirimu. Kamu cukup memberitahu tentang pengalamanmu selama bekerja di perusahaan yang lama dan kontribusi apa yang sudah kamu berikan.

5. Berbohong

Nah, hal yang satu sangat tidak disarankan boleh dilakukan ketika wawancara! Berikan informasi yang sejujur-jujurnya. Jangan hanya karena ingin menaikkan citra, kamu memberikan informasi yang tidak sebenarnya pada si pewawancara. Jika hal ini kamu lakukan dan pihak pewawancara mengetahui, akibatnya bisa sangat fatal lho.

6. Salah kostum

Tidak hanya wawasan dan sikap yang perlu disiapkan. Penampilan juga sangat perlu diperhatikan sebelum kamu datang ke wawancara kerja. Untuk menentukan outfit seperti apa yang harus kamu pakai, kamu harus mengetahui terlebih dahulu profil perusahaan.

Jika kamu melamar ke perusahaan media kreatif, kamu bisa menggunakan pakaian formal namun tetap stylish. Sedangkan jika kamu melamar ke yang lebih kaku, kamu harus memakai pakaian formal yang memperlihatkan profesionalitasmu.

7. Tidak percaya diri

Selama sesi wawancara, kamu harus menjawab setiap pertanyaan dengan percaya diri. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang bisa diandalkan. Namun, jangan sampai sifat percaya dirimu membuat kamu terlihat sombong ya. Kamu harus tetap mengontrol diri agar pihak pewawancara memberi kesan yang positif untuk kamu.

Nah, itu dia berbagai hal yang harus kamu hindari ketika wawancara kerja. Hayo, ada yang pernah melakukan hal-hal tersebut ketika interview? Berarti nanti kesalahan ini nggak perlu diulang lagi ya agar kamu bisa lolos dengan mudah dan segera mendapat pekerjaan yang diinginkan! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES