Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Sukses Mencuri Hati Calon Mertua Saat Pertama Bertemu

02 Agustus 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Siapa sih yang nggak ingin diterima sebagai calon menantu idaman mertua? Terlebih bagi kamu yang udah serius menjalani masa pacaran. Tapi, bagi sebagian orang, bertemu calon mertua untuk pertama kalinya bukanlah hal yang mudah. Ada yang grogi, tapi ada pula yang menyepelekan. Nah, agar kesan pertamamu oke, kamu harus hindari lima hal berikut ini agar sukses mencuri hati calon mertua, bahkan saat pertama kali bertemu.

1. Nggak memperhatikan sikap dan penampilan

Nggak bisa dipungkiri, kamu pasti deg-degan saat bertemu calon mertua untuk yang pertama kalinya. Di sisi lain, kamu juga ingin menampilkan kesan yang terbaik. Sebelum bertemu, tarik napas pelan-pelan dan hembuskan sampai kamu merasa rileks. Usahakan untuk tetap tersenyum dan bersikap sopan santun selama bersama mereka. Perhatikan juga penampilan kamu. Kenakan pakaian yang sopan dan nggak berlebihan. Intinya, kalau kamu bisa bersikap baik dan penampilanmu oke, kesan pertama bisa didapet, deh!

2. Berpura-pura jadi orang lain demi pencitraan

Meski kamu harus berusaha sekalem mungkin, tapi bukan berarti kamu harus berpura-pura jadi orang lain. Tetap jadi dirimu sendiri dengan menunjukkan sisi positif dari dirimu. Misalnya, jika kamu orang yang ceplas-ceplos, usahakan untuk tetap bisa mengendalikan dirimu, namun nggak membuatmu berpura-pura jadi pendiam. Tampil rileks dan nggak perlu dibuat-buat. Apalagi kalau sampai harus berbohong demi terlihat menarik di depan calon mertua. Duh, nggak banget, tuh!

3. Nggak tahu tentang keseharian dan latar belakang keluarganya

Sebelum bertemu, ada baiknya kamu bertanya pada pacarmu tentang keseharian dan latar belakang keluarganya. Apa pekerjaan orang tuanya hingga kebiasaan di keluarganya. Dengan begitu, kamu akan lebih muda mencairkan suasana dengan ngobrolin hal-hal yang mereka senangi. Semakin nyambung obrolannya, semakin mudah pula kamu akrab dengan sang calon mertua. Makanya, sebelum bertemu dengan calon mertua, lebih baik kamu riset dulu, ya! Jangan sampai malah kelihatan sok tahu!

4. Terlalu mendominasi obrolan

Ketika ngobrol, sebisa mungkin jangan mendominasi. Kalau orang tuanya bukan orang yang banyak bercerita, cobalah untuk melontarkan pertanyaan-pertanyaan simpel seperti, “Katanya, Tante suka bikin kue, ya? Kalau boleh tahu suka bikin kue apa, Tante?” Biasanya orang tua akan senang jika diminta untuk bercerita. Dengarkan dan tanggapi cerita mereka dengan sopan. Memuji boleh, tapi jangan berlebihan karena bisa-bisa kamu terlihat seperti cari muka di depan calon mertua.

5. Datang dengan tangan kosong

Martabak sepertinya identik banget dengan buah tangan yang tepat untuk diberikan pada calon mertua. Kamu bisa membawakan mereka makanan ringan atau membawakan buah-buahan biar pada sehat. Sebelum membawa sesuatu, ada baiknya kamu tanya dulu apa makanan kesukaan orang tuanya. Kalau mau memberikan barang, usahakan nggak berlebihan karena justru yang sederhana akan lebih berkesan daripada yang wow, tapi nggak pernah-pernah lagi, kan?

Bertemu calon mertua bukan berarti menjadi momen di mana kamu harus menyesuaikan diri dengan keluarganya, tapi juga bagaimana keluarganya bisa menjadi bagian dari dirimu nantinya. Jangan hanya berpikir bagaimana caranya agar bisa diterima di keluarganya, tapi kamu juga berhak menilai apakah keluarganya cocok denganmu atau tidak. Oh iya, pacar yang ingin menjalani hubungan secara serius itu bisa dilihat dari usahanya mendekati sang calon mertua, lho!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES