Heboh Kasus Penyalahgunaan Dumolid, Inilah 5 Trik Mengatasi Insomnia Tanpa Obat Tidur

www.nydailynews.com

Berita mengenai kasus kepemilikan Dumolid oleh pasangan selebritis, Tora Sudiro dan Mieke Amalia, yang telah diamankan pihak kepolisian pada hari Kamis (3/8/2017) lalu menjadi topik hangat di media sosial. Dumolid merupakan salah satu jenis obat penenang yang termasuk ke dalam "benzodiazepine". Jenis obat-obatan ini memang berfungsi untuk mengatasi serangan panik, gejala sulit tidur atau insomnia, hingga kecemasan berat. Cara penggunannya haruslah berdasarkan pada resep dokter karena jika dikonsumsi tanpa pengawasan akan menyebabkan kecanduan hingga overdosis dan kematian.

Mengonsumsi obat tidur bagi mereka yang mengalami insomnia memang nggak boleh sembarangan. Hanya pasien yang telah didiagnosis oleh dokter dan telah diberikan resep obat penenanglah yang bisa mengonsumsinya. Nah, bagi kamu yang merasa mengalami gangguan sulit tidur, kamu bisa coba kelima trik berikut ini untuk mengatasi insomnia tanpa obat tidur.

1. Aromaterapi akan ngebantu kamu untuk lebih rileks

via GIPHY

giphy.com

Insomnia membuat otakmu semakin sibuk memikirkan bagaimana caranya agar bisa segera tidur sehingga kamu lupa bahwa sebenarnya yang kamu butuhkan adalah perasaan rileks. Salah satu cara agar kamu lebih cepat merasa rileks adalah dengan mencium aroma yang menenangkan. Kamu bisa mendapatkannya dengan cara membakar lilin aromaterapi. Pilihlah aroma lavender atau chamomile. Selain menggunakan lilin, kamu juga bisa mandi dengan sabun beraroma tersebut agar tubuh bisa lebih rileks.

2. Hanya boleh tidur saat kamu benar-benar merasa ngantuk

via GIPHY

giphy.com

Jangan memaksakan diri kalau memang tubuhmu belum merasa ngantuk dan harus tidur. Hal itu hanya akan membuat tubuhmu frustrasi dan stres. Triknya, lakukan hal-hal yang melelahkan selama 30 menit hingga 2 jam sebelum tidur. Kamu bisa mencoba untuk melakukan olahraga ringan, belajar, atau sekadar jalan-jalan. Tubuh yang lelah akan lebih mudah mengantuk. Tapi, jangan biarkan tubuhmu terlalu diforsir sehingga menjadi sangat lelah karena nantinya akan berpotensi bangun kesiangan dan kembali insomia. Hindari begadang, apalagi kalau tiada artinya. Kalau belum ngantuk, tapi nggak tahu mau ngapain, coba baca buku aja, ya!

3. Biasakan menjadikan tempat tidurmu hanya untuk tidur

via GIPHY

giphy.com

Kalau biasanya kamu menjadikan tempat tidur sebagai tempat belajar, makan, atau melakukan hal lain selain untuk tidur, kamu udah harus merubah kebiasaan tersebut. Kenapa? Karena kebiasaan untuk melakukan hal di luar tidur di atas kasurmu akan membuat otakmu menganggap tempat tidur bukanlah tempat yang nyaman sehingga terjadilah insomnia. Kalau kamu tinggal di kosan atau apartemen yang nggak punya meja makan atau meja belajar, kamu bisa belajar atau makan di atas tempat tidur, minimal dengan posisi tubuh duduk.

4. Jangan tidur di sore hari menjelang magrib ternyata bukan hanya mitos belaka

via GIPHY

giphy.com

Mungkin orang tuamu dulu pernah melarangmu untuk tidur di sore hari atau magrib karena mitosnya bisa menyebabkan kamu linglung. Sebenarnya, larangan tersebut nggak sepenuhnya mitos karena akibat yang ditimbulkan dari tidur di sore hari menjelang magrib memang bisa mengganggu kesehatan, salah satunya adalah insomnia. Kalau kamu tidur di jam-jam menjelang magrib, kamu jadi sulit tidur di malam hari sehingga jam tidurmu pun akan mundur. Kalau udah keterusan, jam tidurmu akan berantakan dan akan lebih sulit untuk menyesuaikannya lagi.

5. Jauhkan gadget dan cahaya lampu 30 menit sebelum tidur

via GIPHY

giphy.com

Ini dia penyebab insomnia di era modern seperti sekarang ini. Matikan TV dan letakkan gadget dalam keadaan airplane mode di jarak yang hanya bisa kamu capai dengan berjalan. Kalau udah begini, kamu akan lebih malas untuk mengambil gadget-mu. Di sisi lain, meletakkan gadget yang berjauhan dengan tempat tidurmu akan meminimalisir radiasi penyebab kanker otak, serta membuatmu lebih cepat bangun di pagi hari karena harus mematikan alarm setelah sebelumnya harus berjalan terlebih dulu. Trik ini dijamin ampuh banget, deh!

Kalau kelima trik di atas udah coba kamu lakukan, tapi kamu tetap mengalami insomnia secara konsisten selama enam bulan, kamu harus segera periksa ke dokter atau psikiater, ya! Jangan terburu-buru untuk meminum obat karena bukannya sembuh kamu justru bisa mengalami gangguan yang lebih parah lagi. Semoga cepat sembuh!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tips Asik Menikmati Akhir Pekan Tanpa Gadget dan Uang

Tips Asik Menikmati Akhir Pekan Tanpa Gadget dan Uang

Inilah 7 Tips Sederhana Melenyapkan Perut Buncitmu yang Memalukan!

Inilah 7 Tips Sederhana Melenyapkan Perut Buncitmu yang Memalukan!

Para Pecinta Kucing Harus Tahu Nih Arti dari 5 Perilaku Aneh Kucing Ini!

Para Pecinta Kucing Harus Tahu Nih Arti dari 5 Perilaku Aneh Kucing Ini!

Pacaran Sama Anak Punk? Jangan Takut! Baca Nih Tipsnya Biar Langgeng

Pacaran Sama Anak Punk? Jangan Takut! Baca Nih Tipsnya Biar Langgeng

Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Sukses Mencuri Hati Calon Mertua Saat Pertama Bertemu

Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Sukses Mencuri Hati Calon Mertua Saat Pertama Bertemu

Mau Nge-Date, Tapi Nggak Bisa Make-Up? Jangan Galau! Ini Dia Tipsnya

Mau Nge-Date, Tapi Nggak Bisa Make-Up? Jangan Galau! Ini Dia Tipsnya

loading