Hati-Hati, Ternyata 7 Hal Ini Penyebab Ambeien. Jangan Disepelekan Lagi!

13 September 2017
|Robertus Ari
0SHARES

Beberapa orang berpikir penyebab wasir atau ambeien dikarenakan kurangnya konsumsi serat atau mengejan terlalu keras saat buang air besar. Namun, faktanya tidak demikian. Wasir bisa disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin selama ini kamu tidak menyadari hal tersebut.

Perlu kamu tahu juga, ambeien penyakit pada bibir anus yang mengalami pembengkakan, bahkan terkadang pendarahan ini juga ada dua jenis. Ambeien dalam dan luar. Apa sih bedanya?

Ambeien dalam (internal) terjadi di dalam rektum dan biasanya, rasa sakit yang ditimbulkan hanya sedikit. Ambeien jenis ini umumnya tak terlalu menggangu bagi penderitanya, bahkan beberapa dari mereka tak menyadari kalau sedang mengalami ambeien.

Ambeien luar (eksternal) terjadi pembengkakan berupa benjolan kecil di sekitar anus yang terasa sakit dan keras saat disentuh. Jika hal ini tidak segera ditangani, biasanya bisa menyebabkan komplikasi seperti trombosis. Untuk itu, kalau kamu mengalami hal ini ada baiknya untuk segera diperiksakan ke dokter.

Lalu, apa saja sih penyebab dari ambeien dan cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Kurangnya konsumsi serat

Kurangnya serat menyebabkan sulitnya buang air besar. Hal ini menyebabkan feses menjadi keras dan membuat kamu perlu mengejan saat BAB yang biasanya terasa sedikit sakit.

Saat mengejan inilah yang memicu terjadinya wasir, yakni karena tekanan pembuluh darah dan otot di sekitar dubur meningkat. Untuk ambeien jenis ini, kamu bisa mengatasinya dengn banyak konsumsi sayur dan buah.

2. Mengalami obesitas

Obesitas bisa memicu terjadinya ambeien. Sebab, berat badan berlebih akan memberi tekanan lebih besar di sekitar pinggul dan rektum, sehingga pembuluh darah melemah dan otot meningkat. Jadi ada baiknya kalau kamu mengalami obesitas, cobalah untuk melakukan diet dan olahraga. Jika perlu, kamu bisa meminta bantuan para ahli gizi untuk menurunkan berat badan.

3. Sedang hamil

Wanita yang sedang hamil memiliki resiko wasir lebih besar. Sama halnya dengan obesitas, hal ini juga disebabkan tekanan pada pinggul dan rektum karena kandungan dan berat badan kamu yang meningkat saat hamil. Kondisi ini menyebabkan banyak darah terbendung di ares anus yang bisa melebar dan memicu ambeien.

Lalu harus bagaimana? Imbangi dengan makan serat cukup seperti sayur, buah, dan juga perbanyak minum air putih. Hal ini bisa mengurangi resiko wasir saat hamil.

4. Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, akan membuat jaringan otot dan pembuluh darah area dubur melemah, sehingga risiko ambeien juga meningkat. Jadi ada baiknya untuk memulai hidup sehat, olahraga, dan makan makanan sehat. Hal ini akan mengurangi resiko obesitas yang bisa memicu wasir.

5. Gelaja kanker usus besar

Gelaja kanker usus besar biasanya ditandai dengan rasa sakit di sekitar perut, pendarahan saat BAB, turunnya berat badan, hingga ambeien yang tak kunjung sembuh. Jika mengalami hal ini, segeralah diperiksakan diri ke dokter agar tak terlambat menanganinya.

 

6. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Gangguan pencernaan seperti IBS, memicu ambeien yang membuat penderitanya mengalami diare atau sembelit yang cukup sering. Selain ambeien, penderita biasanya juga akan merasakan kram pada perut dan kembung. Kalau kamu mengalami hal ini, perbaiki pola makanmu dengan cukup serat dan air putih. Jika tak kunjung sembuh, periksakan ke dokter.

7. Radang usus Crohn dan Ulcerative Colitis

Radang usus pada umumnya ditandai dengan diare dan ambeien. Penyakit Crohn ini dikarenakan gangguan autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Sedangkan radang usus Ulcerative Colitis, juga sama membuat penderita mengalami ambeien, namun lebih parah lagi karena disertai dengan diare dan keluarnya darah saat BAB. Jika kamu mengalami hal ini, segeranya periksakan diri ke dokter sebelum bertambah parah.

Nah, itu tadi 7 sebab ambeien dan juga cara mengatasinya. Ada wasir yang bisa kamu obati sendiri, namun ada pula yang perlu bantuan dokter. Yang terpenting, lakukan pola hidup sehat dan seimbang. Semoga informasi ini bermanfaat ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES