Hati-Hati, 6 Kebiasaan Buruk Saat Puasa Ini Bisa Bikin Jerawat Semakin Subur

26 Mei 2018
|Faizah Pratama
282SHARES

Puasa memang banyak manfaatnya buat kesehatan dan kecantikan. Namun, jangan mentang-mentang manfaatnya besar kamu jadi lalai merawat kulitmu. Sebab, saat berpuasa kamu cenderung melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang justru membuat jerawat semakin subur di kulitmu. Apa saja kebiasaan itu? Simak uraiannya!

1. Malas membersihkan makeup

Setelah beraktivitas seharian selama puasa, istirahat jadi tujuan utama begitu sampai di rumah. Lemas yang mendera terkadang membuat malas melakukan apapun termasuk membersihkan makeup di wajah. Jangan malas, kebiasaanmu ini bisa berakibat fatal pada wajahmu. Sisa makeup bisa menyumbat pori-pori wajah yang dapat memicu jerawat. Sebelum beranjak ke kasur, sebaiknya hapus makeup dengan susu pembersih dan cuci wajahmu dengan facial foam.

2. Makan makanan berlemak

Berbuka puasa terkadang bikin kita kalap. Setelah menyantap hidangan puasa seperti gorengan, makanan pedas nan berminyak, hingga yang manis-manis. Setelah itu, kamu melanjutkannya dengan makanan berat yang penuh lemak misalnya nasi padang berlauk rendang. Ketahuilah, konsumsi makanan berlemak tinggi secara berlebihan bisa memicu jerawat. Kurangi makanan berlemak saat puasa agar wajah terhindar dari jerawat.

3. Lupa makan buah dan sayur

Saat berbuka atau sahur kamu hanya fokus pada makanan yang membuat nafsu makanmu meningkat. Makan buah dan sayur sering terlewatkan. Padahal, buah dan sayur akan menutrisi tubuh dan kulitmu. Usahakan, konsumsi buah segar setelah tarawih dan sayur-sayur hijau saat sahur.

4. Kurang minum air putih

Seharian berpuasa bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Akibatnya kulit pun menjadi kering dan menyebabkan sel kulit mati bermunculan. Selain itu, kulit pun akan memproduksi minyak yang berlebih. Kombinasi tersebut sangat mampu menyuburkan jerawat muncul di kulitmu. Sebaiknya, perbanyak konsumsi air putih saat berbuka dan sahur.

5. Begadang

Sebaiknya kamu tidak begadang di bulan puasa karena akan mengurangi waktu tidurmu. Apalagi, kamu harus bangun dini hari untuk sahur. Meski kamu bisa menyambung tidurmu setelah sahur, tidur di malam hari bisa membantu meremajakan kulit. Saat kamu kurang tidur, regenerasi kulit akan terhambat sehingga memicu timbulnya jerawat. Usahakan kamu segera tidur setelah tarawih agar memiliki waktu tidur yang cukup.

6. Malas berolahraga

Saat berpuasa, kita cenderung berolahraga karena akan membuat tubuh semakin lelah dan cepat haus. Padahal, olahraga bisa mendetoksifikasi tubuh lewat keringat yang keluar. Kulitmu pun perlu dibersihkan oleh racun dengan berkeringat. Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan cepat, jogging, atau bersepeda satu jam sebelum berbuka.

 

Biar wajahmu bebas jerawat selama berpuasa, sebaiknya kamu kurangi kebiasaan buruk tersebut. Gunakanlah sunscreen dan moisturizer untuk menjaga kesehatan kulit saat puasa. Kalau wajah mulus tanpa jerawat, kamu bisa semakin percaya diri saat berbuka bersama sahabat. Selain itu, wajah bebas jerawat juga bikin ibadahmu semakin khusyuk.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
282SHARES