Hal yang Harus Dipahami Seputar Makeup untuk Kulit Sensitif

www.pexels.com

Tidak lengkap rasanya beraktivitas tanpa memakai riasan bagi sebagian besar wanita. Sayangnya, nggak semua dari kamu memiliki kulit yang normal dan bebas diaplikasikan segala jenis dan produk kecantikan. Apalagi bagi yang memiliki kulit sensitif.

Lahir dengan kulit sensitif memang susah-susah gampang untuk merawatnya. Maka dari itu, sebagai pemilik kulit ini sebaiknya memperhatikan setiap hal yang menempal di wajah, terlebih lagi makeup.

Hal ini bertujuan untuk menghidari kulit yang sensitif menjadi iritasi karena ketidakcocokan ketika memakai produk yang digunakan. Walaupun lumayan merepotkan, sebaiknya mulai kamu harus lebih paham dan aware mulai sekarang.

1. Usahakan wajah untuk lembap sebelum mulai berias

pexels.com

Sebelum mengaplikasikan makeup ke wajah, terlebih dahulu mengaplikasikan pelembab khusus untuk kulit sensitif adalah kewajiban. Kamu bisa memakai yang spray dan yang bertekstur krim.

Diamkan setidaknya selama 15 menit sebelum mengaplikasikan makeup agar wajah tidak terlalu basah maupun berminyak. Melembapkan membuat wajah tidak terlalu kering dan meminimalisir peluang terjadinya iritasi.

2. Makeup organik maupun mineral nggak selamanya baik

pexels.com

Banyak yang berpikiran jika produk kecantikan organik dan mengandung banyak mineral jauh lebih baik. Jangan buru-buru mengiyakan, anggapan ini belum tentu benar.

Produk kecantikan organik dan mengandung banyak mineral itu memang baik. Tapi kamu juga harus tetap memperhatikan kandungan bahan produknya. paling tidak hindari untuk memakai yang mengandung parfum.

3. Tekstur padat cenderung lebih baik ketimbang cair

pexels.com

Kulit sensitif sangat mudah terinfeksi bakteri. Pertumbuhan bakteri tidak hanya melalui alat rias yang menyentuh kulit kita, tapi juga dari produk bertekstur cair.

Maka dari itu, lebih baik mulai lah berpindah ke produk makeup padat ketimbang yang cair. Selain itu, produk padat tidak menggunakan banyak pengawet dan relatif lebih aman untuk yang memiliki kulit sensitif.

4. Tanggal kedaluwarsa produk
pexels.com

Banyak dari kita yang menyepelekan tanggal kedaluwarsa produk makeup. Meski sekalipun produk tersebut bedak tabur, ada baiknya untuk tidak lagi memakainya setelah expiry date.

Hal ini dapat memicu reaksi berlebihan pada kulit sensitif. Ada beberapa produk yang memang memungkinkan penggunanya tidak akan mendapatkan reaksi berlebih saat digunakan. Namun, jangan coba-coba kalau kamu memiliki kulit yang sensitif.

5. Pakai BB krim ketimbang foundation
yanapaz.com

Kenapa yang punya kulit sensitif justru lebih disarankan untuk menggunakan BB cream ketimbang foundation? Tekstur BB cream mengandung lebih sedikit pigmen dan tidak membuat kulit kering.

Produk yang mengandung pigmentasi tinggi seperti foundation membuat kulit sensitif cenderung lebih kering ketimbang hanya BB cream. Meskipun begitu, akan jauh lebih baik lagi jika kamu hanya menggunakan bedak tabur dan meratakannya tipis di wajah.

6. Hindari beauty blender berbahan latex

iamfy.com

Penggunaan beauty blender memang memudahkan untuk mengaplikasikan krim dan bedak secara menyeluruh. Namun untuk yang berkulit sensitif, ada baiknya untuk menghindari beauty blender atau sponge berbahan latex sebagai aplikator langsung ke kulit.

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah timbulnya infeksi karena ketidakcocokan bahan dengan kulit yang bisa menimbulkan gatal pada kulit wajahmu kontak langsung dengan karet. Jangan sampai lupa, ya.

7. Eyeshadow dan lipstik yang terlalu pigmented bisa memicu reaksi

teenvogue.com

Sama halnya dengan saran penggunaan BB cream dari segi pigmentasi, penggunaan eyeshadow dan lipstik yang terlalu pigmented akan memicu kekeringan pada kulit wajah maupun bibirmu.

Maka dari itu, disarankan untuk tidak menggunakan warna yang terlalu gelap. Kamu lebih disarankan untuk menggunakan shade pastel dan warna yang cenderung cerah.

Memiliki kulit sensitif menuntutmu untuk lebih cermat dalam menggunakan berbagai produk kecantikan. Maka dari itu, selalu kedepankan keamanan supaya wajahmu bebas dari iritasi.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Presiden Soeharto Dulu Berharap Indonesia Maju di 2020, Sekarang Potret Generasinya Memilukan | Keepo.me

Presiden Soeharto Dulu Berharap Indonesia Maju di 2020, Sekarang Potret Generasinya Memilukan | Keepo.me

Merek Handcream yang Bikin Tangan Lembap dan Selembut Sutera

Merek Handcream yang Bikin Tangan Lembap dan Selembut Sutera

Penuh Asap dan Langit Memerah, Begini Dahsyatnya Kebakaran Hutan di Australia | Keepo.me

Penuh Asap dan Langit Memerah, Begini Dahsyatnya Kebakaran Hutan di Australia | Keepo.me

Foundation Terbaik dan Paling Recommended untuk Kaum Hawa

Foundation Terbaik dan Paling Recommended untuk Kaum Hawa

Mirip Banget Sama Donnie Yen, Penjual Es dari Singkawang Ini Viral di Media Sosial | Keepo.me

Mirip Banget Sama Donnie Yen, Penjual Es dari Singkawang Ini Viral di Media Sosial | Keepo.me

Rekomendasi Face Oil Terbaik yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Rekomendasi Face Oil Terbaik yang Sesuai dengan Jenis Kulit

loading