Hal Penting yang Harus Diketahui Wanita Tentang Payudara

unsplash.com

Payudara menjadi salah satu bagian tubuh yang hanya dipunya oleh para kaum Hawa. Selain berfungsi untuk menyalurkan ASI setelah melahirkan, payudara juga menunjang faktor estetika wanita. Berlomba merombak bentuk dan ukuran payudara agar makin terlihat menarik juga sudah jadi hal yang biasa.

Sebenarnya dalam dunia medis, hal tersebut memang sah-sah saja untuk dilakukan. Selama dilakukan dengan tenaga medis yang mumpuni dan dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada.

Selain itu, payudara juga memiliki banyak hal untuk diperhatikan. Tak ayal, kalau payudara itu butuh perhatian yang lebih dan perawatan yang dapat menunjang hygene dan keindahannya tetap terjaga. Beberapa hal berikut perlu diketahui oleh wanita.

1. Yang menyebabkan payudara membesar

pexels.com

Pernah merasa payudaramu tiba-tiba membesar? Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Payudara yang membesar punya beberapa faktor penyebab yang mungkin belum kamu ketahui. Faktor tersebut, di antaranya adalah faktor perubahan hormon.

Perubahan hormon seringkali terjadi sesaat sebelum dan sesudah mentruasi, termasuk selama kehamilan berlangsung. Berat badan yang bertambah juga otomatis menjadi faktor penyebab payudara kita membesar. Hal ini karena semakin besar tubuh maka semakin banyak jaringan lemak di payudara kita.

Penggunaan alat kontrasepsi juga bisa mempengaruhi ukuran payudara wanita karena mengandung esterogen. Rajin nge-gym bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ukuran payudara membesar. Hal ini dipengaruhi oleh otot pectoralis di bawah payudara yang berpotensi meningkatkan ukurannya.

2. Areola payudara berubah warna

pexels.com

Kenapa areola atau puting dapat berubah warna? Kamu pasti pernah merasa heran kenapa warna putingmu tiba-tiba berubah dari cerah perlahan menjadi gelap? Kamu nggak perlu panik karena hal ini normal terjadi.

Hal ini terjadi karena ada perubahan hormon di dalam tubuhmu. Contohnya hormon progesteron dan esterogen yang meningkat selama kehamilan membuat payudara menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

Kalau diperhatikan, pada ibu hamil akan muncul garis lurus dari batas pusar ke atas dan ke bawah. Hal ini juga dipengaruhi hormon. Semakin meningkat hormon tersebut, semakin menghitam puting payudaramu. Menjelang menstruasi juga bisa bikin payudaramu gelap.

3. Payudara bocor bisa jadi sesuatu yang normal maupun berbahaya

pexels.com

Pernahkah menemukan cairan pada puting sementara kamu nggak sedang hamil? Menurut banyak sumber, hal tersebut menjurus pada kemungkinan kanker payudara. Faktanya payudara memang bisa bocor dan itu bisa jadi sesuatu yang normal terjadi. Hal ini terjadi karena setelah pubertas, semua wanita memiliki cairan di saluran ASI.

Cairan bening ini biasanya terlihat pada waktu PMS dalam satu bulan, mengering, dan menyebabkan puting sedikit berkerak. Selain itu, hal ini bisa dikarenakan stres, gula, obesitas, defisiensi yodium yang berpotensi meningkatkan cairan dari puting.

Namun yang perlu diwaspadai adalah ketika cairannya berwarna cokelat tua, berdarah, atau kehijauan. Sebaiknya cepat-cepat periksakan diri ke dokter. Memang benar bisa menjadi indikasi sebuah penyakit serius, bahkan kanker payudara.

4. Ciri awal kanker payudara yang bisa dideteksi diri sendiri
pexels.com

Ada beberapa hal yang bisa dicek untuk memastikan apakah potensi kanker payudara. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk mencegah penyakit sebelum jadi semakin parah. Lakukan hal berikut ini!

1. Angkat kedua tangan dan periksa ketiak apakah ada benjolan, luka, atau sesuatu yang asing yang nggak pernah dirasakan sebelumnya

2. Kenali apakah tekstur kulit dan payudara serta putingmu berubah. Seperti mengkerut  dan berubah bentuk secara signifikan

3. Apakah puting memiliki benjolan aneh dan menimbulkan rasa sakit bahkan berdarah

4. Cari tahu cairan yang keluar dari putingmu saat tidak sedang hamil. Apakah berwarna, berdarah, atau berbau

5. Amati dan raba area payudaramu sepeti sedang memijatnya secara memutar. Rasakan apakah terdapat benjolan asing di area tersebut

5. Kenapa payudara bisa terasa sakit?
pexels.com

Ketika payudara atau bagian putingmu tidak sengaja terkena sebuah benda, kamu otomatis langsung meringis merasa nyeri di bagian tersebut. Kemungkinan ada peningkatan hormone esterogen atau progesterone yang dapat menyebabkan puting atau payudara lebih sensitif dan sakit.

Hal ini bisa terjadi pada ibu hamil selama kehamilannya dan wanita yang sedang menstruasi. Bisa jadi juga karena kamu mengenakan bra yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

6. Tidur dengan bra yang ngggak menunjang bentuk payudara

pexels.com

Masih banyak yang beranggapan bahwa tidur dengan menggunakan bra itu dapat membentuk payudara agar lebih indah. Ada juga anggapan tidur menggunakan bra itu memicu kanker payudara.

Faktanya, tidur menggunakan bra nggak akan menunjang bentuk payudaramu. Bra bukan cetakan agar-agar dan payudara itu nggak sefleksibel itu. Bentuknya tergantung dari berat badan dan otot.

Sementara anggapan tidur mengenakan bra bisa bikin kanker payudara sudah ada dari era 90-an. Sampai sekarang, belum ada penelitian yang memastikan tidur dengan pakai bra bisa bikin seseorang mengidap kanker.

Jika nggak bisa tidur dan risih kalau nggak pakai bra, kamu bisa pakai bra yang longgar yang gak mengganggu sirkulasi udara. Ini bertujuan agar kulit bisa bernapas selama tidur.

7. Menyusui nggak selamanya bikin kendur

pexels.com

Banyak yang beranggapan bahwa menyusui itu bikin payudara kendur dan kempot. Anggapan ini keliru. Pasalnya, menyusui bayi itu bisa merangsang otot dan syaraf payudara untuk kembali kencang pasca mengandung dan melahirkan. Justru merokok lah yang menyebabkan payudara menjadi kendur dan kempot.

Mulailah untuk sadar dan paham tentang bagaimana merawat payudara yang tepat. Lebih dari itu, sempatkan waktu untuk mengecek kesehatan payudara kepada dokter supaya kesehatanmu tetap terkontrol.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Siap Guncang Box Office, Ini Daftar Film Superhero yang Bakal Tayang 2020-2022 | Keepo.me

Siap Guncang Box Office, Ini Daftar Film Superhero yang Bakal Tayang 2020-2022 | Keepo.me

Gaya Ikonik yang Selalu Jadi Style Andalannya Ariana Grande

Gaya Ikonik yang Selalu Jadi Style Andalannya Ariana Grande

Mau Konten Audio yang Jernih? Pakai Aplikasi Perekam Suara PC Ini! | Keepo.me

Mau Konten Audio yang Jernih? Pakai Aplikasi Perekam Suara PC Ini! | Keepo.me

Kelalaian dalam Merawat Kulit Wajah yang Sering Terabaikan

Kelalaian dalam Merawat Kulit Wajah yang Sering Terabaikan

Lupakan Rasa Pahitnya, Manfaat Pare Ini Berikan Efek Baik untuk Badan dan Wajahmu | Keepo.me

Lupakan Rasa Pahitnya, Manfaat Pare Ini Berikan Efek Baik untuk Badan dan Wajahmu | Keepo.me

Tips Mengatasi Keringat Berlebih Supaya Aktivitas Tak Ikut Terganggu

Tips Mengatasi Keringat Berlebih Supaya Aktivitas Tak Ikut Terganggu

loading