Hacks Ampuh untuk Hilangkan Bau Kaki di Sepatu

pixabay.com

Pernah mencium bau tidak sedap dari sepasang sepatu yang sedang digunakan? Tentu selain terganggu dengan baunya, kita pasti akan malu dan waswas apakah baunya tercium oleh orang lain atau tidak.

Bau kaki di sepatu ini disebabkan salah satunya karena sepatu tidak memiliki ruang sirkulasi dan penggunaan sepatu berhari-hari. Tips berikut ini bisa dicoba untuk menghilangkan bau tidak sedap di sepatu kamu.

1. Bubuk kopi

pixabay.com

Kalau kalian suka minum kopi, pasti sudah hafal dengan aroma yang kuat dari jenis minuman ini. Bubuk kopi bisa gunakan sebagai penetralisir bau sepatu. Sebagai salah satu fragrance alias pengharum, kopi biasa dijadikan pengharum ruangan.

Untuk membuat bubuk kopi menjadi pengahrum sepatu caranya, ini langkah yang paling mudah. Tuang satu sdm bubuk kopi ke dalam tisu. Lipat dan masukkan ke bagian sepatu paling dalam.

Cara ini ampuh dan bisa digunakan beberapa kali. Aroma kopi yang kuat bisa menetralisir aroma tidak sedap dari sepatu milik kalian. 

2. Baby powder

pixabay.com

Sepatu baru tidak akan bau sampai kamu memakainya berhari-hari tanpa kaus kaki. Kalau sudah bau, rasanya ingin buru-buru dicuci. Tapi karena masih sibuk, kalian jadi nggak sempat nyuci. Nggak apa, kalian bisa pakai bedak bayi kok!

Penggunaan bedak bayi yang ditaburkan langsung ke sepatu memang efektif menghilangkan bau dalam sekejap. Baby powder yang memiliki fragrance menyegarkan, bisa menghempas bau busuk yang menjadi sarang bakteri di sepatu kamu.

Kalau perlu taburkan bedak bayi ke kaki kalian sebelum menggunakan kaus kaki. Dijamin deh bau tidak sedap akan tergantikan bau bedak.

3. Cuci sepatu

pixabay.com

Cuci sepatu memang penting! Sepatu bersih mencerminkan penggunanya juga memperhatikan kesehatan. Meskipun beberapa sepatu memang tidak bisa dicuci seperti yang berbahan kulit, sepatu kets pada umumnya bisa dicuci kok!

Kalau cara merawat sepatu kulit dengan cara dipoles, sepatu berbahan teksil harus dicuci sebagai salah satu perawatannya. Tali dan lapisan sol seaptu kets bisa dicuci menggunaan mesin cuci.

Tapi harus dipastikan dulu ada tidak label yang menjamin penggunaan mesin cucinya. Sepatu yang dicuci juga harus dikeringkan dengan benar-benar kering supaya tidak ada bau lembap yang malah mikin sepatumu makin bau. 

4. Ganti kaus kaki
pixabay.com

Jangan pernah pakai sepatu seharian tanpa kaus kaki. Keringat di kaki yang menempel pada sol akan membuat sepatu bau. Kalau kalian bisa menggunakan sepatu seharian, ada baiknya membawa kaus kaki cadangan.

Kaus kaki yang terlalu lama dipakai memang membuat bau karena keringat dari kaki. Apalagi jika sepatu yang digunakan tidak memiliki sirkulasi udara, sehingga tingkat keringat jadi semakin banyak. Jangan gunakan kaus kaki yang sama lebih dari seharian, karena potensi kaki dan sepatu menjadi bau akan sangat tinggi.

5. Koran
pixabay.com

Masih suka baca koran konvensional? Kalau iya, kalian bisa memanfaatkan yang sudah tidak dibaca untuk menetralisir bau. Koran yang dilipat ke dalam sepatu ternyata ampuh untuk menghikangkan bau.

Sepatu yang diberi gumpalan koran memberikan ruang pada sepatu untuk ‘bernapas’. Menggunakan koran dalam sepatu ini juga bisa menjaga bentuk sepatu saat menyimpannya kembali ke kotak sepatu.

6. Cuka

pixabay.com

Cuka memang punya bau yang kuat untuk menghilangkan amis pada ikan. Makanya, tidak ada salahnya untuk mencoba spray cuka ini. Kamu juga bisa pakai cuka sebagai penghilang bau.

Tenang saja, cuka di sini dicampur air dan minyak wangi atau minyak esensial. Dengan perbanding 1:1:10, spray cuka kamu bisa langsung jadi! Pakai botol bekas parfum kamu saja sebagai wadah supaya spray ini bisa digunakan beberapa kali.

7. Tek kantong

pixabay.com

Teh dan kopi adalah pasangan yang berbeda namun punya banyak kesamaan. Menggunakan teh untuk menghilangkan bau terbukti ampuh.

Meskipun after effect dari kantung teh tidak sewangi kopi bubuk, tak ada salahnya untuk dicoba. Kantung teh ini punya aroma yang samar untuk menyegarkan sepatumu, juga menghilangkan aroma tidak sedap yang menempel di sol. 

Pilihan termudah agar sepatu tidak bau adalah mengganti sepatu seminggu dua kali. Hal ini dikarenakan udara di dalam sepatu bisa terganti. Menggunakan sepatu seharian boleh saja, tapi perlu memperhatikan sirkulasi udara di sepatu dan kaki kalian.

Jangan sampai bau sepatu jadi mengganggu acara saat kamu berkunjung ke rumah sanak saudara. Percuma dong sepatu mahal kalau bau? 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bergaya Seksi dengan Rambut Baru, Millendaru Disebut Mirip Kylie Jenner | Keepo.me

Bergaya Seksi dengan Rambut Baru, Millendaru Disebut Mirip Kylie Jenner | Keepo.me

Biar Nggak Asal, Ini 4 Tips Menentukan Keputusan di Tengah Pilihan

Biar Nggak Asal, Ini 4 Tips Menentukan Keputusan di Tengah Pilihan

Viral Babi Masuk Masjid, Emak-emak Pengajian Teriak Astagfirullah! | Keepo.me

Viral Babi Masuk Masjid, Emak-emak Pengajian Teriak Astagfirullah! | Keepo.me

Fashion Item Pendukung Gaya Preppy Look

Fashion Item Pendukung Gaya Preppy Look

Pria di Bali Bunuh Pacar Lalu Bunuh Diri, Surat Wasiat Jadi Petunjuk Lokasi Jasad Korban | Keepo.me

Pria di Bali Bunuh Pacar Lalu Bunuh Diri, Surat Wasiat Jadi Petunjuk Lokasi Jasad Korban | Keepo.me

Bahan Baju yang Cocok Dikenakan di Cuaca Super Panas

Bahan Baju yang Cocok Dikenakan di Cuaca Super Panas

loading