Grogi Mau Sidang Skripsi? Lakukan Ini Yuk Biar Sidangmu Lancar Jaya!

28 Juli 2017
|Naftalia Inge Fabian
0SHARES

Setelah berjuang mati-matian melawan pertanyaan, “kapan lulus,” rupanya penderitaan seorang mahasiswa belumlah berakhir. Masih ada beberapa tahapan sebelum akhirnya kita menyandang gelar yang sudah susah payah kita kejar selama beberapa tahun belakangan. Salah satu yang paling bikin nggak bisa tidur, yaitu saat mendengar kata sidang skripsi. Ya, emang sih skripsinya udah kelar, tapi perjuanganya belum usai. Kita masih harus memasuki sebuah ruangan yang berisi para penguji yang akan membuat kita kelimpungan hanya dengan sebuah tatapan. Meskipun deg-degan luar biasa ketika akan menghadapi sidang skripsi, kita nggak boleh gagal, guys! Untuk itu, YuKepo bakalan kasih beberapa tips persiapan bagi kamu yang lagi di ambang putus asa buat ngejalanin sidang skripsi.

1. Riset dan konsultasi

Guna mendapatkan pokok bahasan materi skripsi yang mantap, kita wajib hukumnya untuk melakukan berbagai riset, mulai dari internet, buku, hingga narasumber yang berkaitan dengan tema yang sudah kita tentukan. Jangan malas juga untuk senantiasa melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing yang kadang suka menghilang tiba-tiba. Jangan sampai kamu kurang wawasan tentang isi skripsi kamu waktu masuk ke ruang sidang, yah!

2. Hard dan softcopy

Semua persiapan haruslah matang, termasuk juga dengan bahan materi skripsi kamu, guys. Untuk mengurangi risiko dipandang nggak niat oleh dosen penguji, ada baiknya kalau kamu membuat materi bahan skripsi dalam dua bentuk, yaitu hardcopy dan softcopy. Biasanya, softcopy akan berbentuk presentasi. Nah, pastikan bahan presentasimu sudah lengkap dan menarik untuk dipertunjukkan. Untuk hardcopy, pastikan nggak ada kesalahan ketik atau kesalahan materi.

3. Backup data

This is very important guys, seriously! Kalau nggak pengen hari penting kalian hancur cuma gara-gara laptop atau data yang rusak, kamu harus rajin untuk mem-back up data ke berbagai sumber yang mudah untuk diakses. Misalnya aja ke flash disk, harddisk, atau bahkan di media online. So, nggak ada alesan buat kamu nyerah sebelum berperang.

4. Baca dan latih!

Alih-alih materi sudah 100% siap, bukan berarti kamu bisa berleha-leha, guys. Demi menghadapi berbagai pertanyaan nggak terduga dari dosen penguji, sudah seharusnya kamu terus membaca dan memahami isi dari materi skripsi milikmu. Jangan sampai kalah telak dan gagal dalam menjelaskan materi yang sudah kamu periapkan jauh-jauh waktu. Nggak cuma paham dan menguasai materi, kamu juga mesti berlatih untuk berbicara di depan dosen penguji. Cara tergampang adalah dengan berdiri dan berbicara di depan cermin atau kamu juga bisa minta bantuan teman untuk berpura-pura menjadi dosen penguji. Jadi, kamu nggak bakal kaget ngadepin banyak pasang mata yang penuh pertanyaan dan sanggahan itu.

5. Kenali dan pahami

Sebagai benteng pertahanan terakhir, kamu bisa mencari tahu mengenai sifat dan karakter dari dosen pengujimu nanti. Apakah mereka orang yang kritis dalam pengolahan data, orang yang menyukai hasil penelitian langsung, atau orang yang gemar melontarkan pertanyaan di luar dugaan. Dengan memahami karakteristiknya, kamu akan lebih siap dan tau bagaimana mengatasi mereka dalam sidang skripsi nanti.

6. Persiapkan penampilan

Meskipun bukan dihitung sebagai bagian dari materi skripsi, penampilan ternyata memiliki peran penting ketika kita akan menghadapi sidang skripsi, lho. Kalau kamu masuk dengan penampilan yang bersih dan rapi, selain makin percaya diri, kamu juga bakal mendapat poin plus dari tim penguji karena terlihat melakukan persiapan yang baik dan detail.

7. Sehat dan bahagia

Kunci lain dari kesuksesan menghadapi sidang skripsi ialah kesehatan dan kebahagiaan. Sesibuk apa pun, sempatkanlah untuk berolahraga ringan serta mengonsumsi makanan yang bergizi. Jangan begadang, tenangkan pikiran, dan bergembiralah seakan nggak ada beban apa-apa. Kalau kita menjalani sesuatu dengan awal yang bahagia, niscaya akhirnya juga akan membahagiakan bukan?

8. Berdoa

Sekuat apa pun manusia berusaha, pastinya akan tetap membutuhkan bantuan dari Sang Maha Kuasa bukan? Apa pun agamamu, baiknya berdoalah dan mintalah agar diberi kelancaran dalam menjalani sidang skripsi. Pasti akan jauh lebih menenangkan dan melegakan deh.

Begitulah lika-liku yang akan dialami oleh seorang pelajar, terkhusus seorang mahasiswa tingkat akhir. Bagian terpenting adalah melakukan yang terbaik. Seperti kata pepatah, usaha nggak akan mengkhianati hasil, kok. Semangat, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
0SHARES