Gejala Flu dan Demam Bisa Sembuh dalam Semalam, Asal Tips Ini Nggak Kelupaan!

21 Maret 2018
|Dwi Ayu Silawati
537SHARES

Penyakit bisa datang kapan saja, bahkan ketika kamu pulang kerja. Entah karena kamu telat makan, kelelahan, terlalu lama terpapar AC, atau tertular penyakit dari temanmu. Biasanya, yang paling sering menyerang kamu yang imunnya udah mulai nge-drop adalah flu. Bakal berabe kalau keesokan harinya kamu ada agenda penting yang tidak bisa kamu lewatkan.

Tenang, ternyata penyakit ringan seperti gejala flu yang masih pada tahap awal bisa semuh dalam waktu semalam saja asal cepat kamu tangani segera. Simak beberapa cara mudahnya berikut, ya! 

1. Saat kamu mulai merasa nggak enak badan, langsung konsumsi makanan atau minuman hangat

Bisa sup, soto, atau wedang jahe, teh, apapun yang bisa menghangatkan badanmu. Makanan sehat adalah senjata utama untuk melawan penyakit. Pastikan perutmu terisi, jangan terus dibiarkan kosong. 

2. Setelah makan, perkuat imunmu dengan suplemen tambahan

Biasakan kamu memiliki persediaan obat-obatan dan vitamin di kamar. Jika belum, saat kamu pulang kantor dan sudah merasa nggak enak badan, cepat-cepat meluncur ke apotek dan beli beberapa suplemen dan obat pereda gejala demam dan flu seperti paracetamol atau sanmol, juga obat flu dosis rendah. Tambahkan juga vitamin C atau multivitamin bila perlu. 

3. Terpaksa nggak bisa beli obat atau vitamin, manfaatkan bumbu dapur

Sadar atau tidak, saat kita kecil ibu atau nenek kita sering memberikan kita obat-obatan alami untuk pertolongan pertama seperti bawang putih yang ditumbuk atau perasan jeruk nipis. Bawang putih memiliki kandungan antibiotik yang bisa juga melawan virus, sementara jeruk punya kandungan vitamin C untuk daya tahan tubuhmu. Kamu juga bisa manfaatkan persediaan buah-buahan lainnya yang kamu punya. 

4. Kenakan kaus kaki yang basah

Memang kedengarannya aneh dan gila, sedang demam malah mengenakan kaus kaki basah yang dingin. Namun, menurut penelitian para ahli juga pengalaman banyak orang mengenakan kaus kaki basah bisa melancarkan peredaran darah di bagian kaki. Tahu sendiri 'kan saat kita demam, kaki menjadi sangat dingin, kaos kaki dingin bisa membuat darah mengalir ke kaki dan membuatnya lebih hangat.

Caranya basahi kaus kakimu dengan air dingin, peras dengan baik. Kemudian kenakan pada kakimu, agar tidak membasahi kasur kamu, lapisi dengan kaus kaki kering atau ikat dengan plastik. 

5. Minum banyak air putih

Saat tenggorokan mulai terasa tidak nyaman, cepat-cepat minum banyak air putih. Air putih berfungsi sebagai penangkal racun, ia juga bisa mengencerkan lendir yang terjebak di hidungmu saat kamu flu.  

6. Coba obat alami lain seperti cuka apel

Cuka apel selain berguna di dapur juga punya manfaat besar dalam kesehatan. Cuka apel memiliki fungsi antibiotik karena sifatnya yang asam bisa mengusir kuman dan virus dalam tubuhmu. Kalau kamu punya uang lebih, coba beli cuka apel untuk persediaan.

Cuka apel langsung terasa manfaatnya ketika kamu sakit tenggorokan. Jika kamu punya riwayat penyakit maag, hati-hati jangan langsung mengkonsumsinya. Larutkan dulu dengan air atau campur dalam minuman atau makananmu. 

Penyakit demam dan flu termasuk penyakit ringan yang memang mengganggu jika dibiarkan dan tambah parah. Makanya, sebelum memburuk cepat tangani dengan istirahat cukup dan konsumsi makanan sehat serta obat-obatan secara proporsional. Semoga sehat selalu ya, guys!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
537SHARES