Gampang Sakit? Kembalikan Ketahanan Tubuhmu dengan Menyantap 9 Makanan Ini

25 Februari 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Cuaca tidak menentu ini dengan didukung makanan dan gaya hidup tidak sehat mengakibatkan manusia mudah terjangkit penyakit. Mudahnya manusia sakit ini timbul setelah daya tahan tubuh semakin hari semakin melemah. Flu, penyakit yang paling akrab dengan manusia, kini semakin mudah bersarang di tubuh manusia.

Itu semua disebabkan oleh ketahanan tubuh manusia yang semakin lemah. Padahal daya tahan tubuh sangat penting untuk membantu manusia dapat menjalani rutinitas sehari-harinya. Sedangkan daya tahan tubuh manusia melemah, tentu rutinitasnya pun terganggu.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah mengubah gaya hidup yang salah satunya mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Memang, apa aja sih makanannya?

1. Air mineral

Air mineral sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk tubuh. Mengonsumsi air mineral akan membuat tubuhmu tetap terhidrasi, membuang racun dan bakteri jahat, serta memperlancar saluran pernapasan. Oleh sebab itu, setiap harinya kita disarankan mengonsumsi air mineral sebanyak 10-12 gelas per harinya.

2. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini mempunyai khasiat antibakteri dan antivirus yang baik untuk kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, bawang putih juga mengandung antioksidan, fosfor, potasium, seng, dan kalsium yang di antaranya berfungsi memperlancar pernapasan dan menambah sel darah putih.

3. Jeruk

Kaya akan vitamin C membuat jeruk dianggap sebagai makanan penjaga kekebalan tubuh. Selain vitamin C, jeruk juga kaya akan nutrisi lain seperti serat, kalium, kalsium, dan magnesium. Buat kalian yang punya masalah dengan kekebalan tubuh, sangat disarankan mengonsumsi jeruk secara rutin.

4. Madu

Bukan rahasia lagi jika madu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh bahkan kecantikan. Madu mengandung antioksidan yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyaki. Selain itu, madu juga bisa menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan tentunya menjaga sistem kekebalan tubuh.

5. Bawang bombay

Selain bawang putih, jenis bawang yang satu ini juga berkhasiat untuk tubuh. Mengandung vitamin, garam mineral, magnesium, belerang, sodium dan zat besi membuat bawang bombay mampu mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah pencernaan. Oleh sebab itu, bawang bombay baik untuk kekebalan tubuh.

6. Buah dan sayur berwarna merah

Warna buah dan sayur menjadi penanda kandungan di dalamnya. Buah-buahan dan sayuran berwarna merah dipercaya mengandung karoten dan vitamin A. Kandungan ini sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh. Buah dan sayur seperti strawberry, semangka, bit, paprika merah, dan lain-lain juga mengandung antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit.

7. Jamur

Jamur tidak hanya lezat untuk dijadikan bahan makanan. Jamur juga mempunyai banyak khasiat untuk tubuh. Mengandung antimikroba dan antiviral, serta mengandung potassium membuat jamur dapat mengelola cairan tubuh, membantu menyeimbangkan tekanan darah, mempercepat metabolisme dan tentunya menjaga sistem kekebalan tubuh.

8. Sayur berwarna hijau

Sayur berwarna hijau seperti brokoli, bayam, paprika hijau, selada, dan lain-lain dipercaya kaya akan kandungan zat besi. Zat besi sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain sayur berwarna hijau, zat besi juga terdapat pada ikan laut.

9. Kedelai

Kedelai adalah salah satu bahan makanan yang banyak  mengandung vitamin E. Vitamin E berkhasiat untuk menangkal berbagai penyakit sehingga sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Selain kedelai, vitamin E pun terdapat pada kacang almond, alpukat, dan lain-lain.

Nah itu dia guys makanan-makanan yang mampu mengembalikan daya tahan tubuh kamu menjadi kuat kembali. Emang sih di zaman sekarang ini susah banget untuk menjaga daya tahan tubuh tetap baik, namun bukan berarti nggak bisa ya. Selain kamu harus menjaga pikiranmu tetap bahagia, konsumsi juga makanan-makanan yang baik untuk tubuhmu ya. Ingat, sehat itu nomor 1!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES