Gaji Kurang dari 4 Juta, Tapi Tetap Bisa Beli Rumah? Begini Caranya!

21 Juli 2017
|Chandra W.
145SHARES

Ketika memasuki usia 21 tahun ke atas sekaligus ke dalam dunia kerja, sering kali membuat kita berpikir soal banyak hal. Mulai dari pasangan, membahagiakan orang tua, sampai menabung untuk investasi. Target-target pun mulai disusun demi tercapainya kemapanan di usia tertentu. Salah satu yang paling diinginkan orang-orang yang baru mulai bekerja adalah menabung untuk membeli rumah impian. Anggaplah harga rumah 300 juta rupiah. Jika gajimu di atas lima juta, mungkin akan lebih mudah menyisihkan uang untuk tabungan dan dapat mengambil kredit dengan besaran tertentu. Tapi, bagaimana jika gajimu di bawah empat juta, sedangkan untuk kebutuhan hidup pun sudah menghabiskan lebih dari setengahnya? Terus gimana caranya biar bisa beli rumah dengan mudah?

Tentu saja tidak ada cara yang mudah untuk dapat membeli rumah impian kamu. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu coba nih biar bisa beli rumah meskipun gaji di bawah empat juta. Mau tahu gimana caranya?

Pemerintah melalui Perumnas memiliki program pengadaan rumah bersubsidi untuk orang yang berpenghasilan di bawah 4,5 juta rupiah per bulan. Kita akan mengambil contoh di Yogyakarta. Kota yang katanya ramah ini nyatanya sekarang tak lagi bersahabat untuk kantong. Pembangunan hotel-hotel dan mal-mal yang semakin gencar mengakibatkan naiknya harga properti dan bahkan makanan sehari-hari. Belum lagi apartemen dengan tipe studio yang sebenarnya lebih terlihat seperti kamar kos, tapi harganya dapat mencapai satu milyar!

Padahal, UMR rata-rata Daerah Istimewa Yogyakarta hanya 1,5 juta rupiah. Dengan kenaikan harga properti yang menyebabkan harga rumah naik menjadi minimal 300 juta rupiah per unit untuk rumah sederhana (dua kamar, satu kamar mandi), siapa pula yang bisa mengajukan pinjaman untuk kredit rumah? Nah, rumah bersubsidi yang disediakan oleh Perumnas harganya jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga pasar, yaitu sekitar 120 jutaan saja per unit. Unit ini ditawarkan dalam bentuk perumahan. Di Yogyakarta, perumahan bersubsidi ada di Condongcatur dan Minomartani, Sleman serta beberapa tempat di Bantul.

Kamu bisa memiliki rumah bersubsidi ini dengan membayar DP sebesar 10% dari harga rumah. Dengan asumsi harga 120 juta, maka kamu harus menyiapkan uang sebesar 12 juta rupiah. Syarat lainnya adalah penghasilan kamu harus dibawah empat setengah juta rupiah per bulan, harus ditempati sendiri, rumah pertama, dan tidak akan diperjualbelikan selama lima tahun. Rumah yang bisa kamu beli dengan harga tersebut adalah tipe 27 dengan tanah seluas 60 meter persegi.

Simulasi perhitungan KPR nya akan seperti ini dengan perkiraan harga rumah Rp 123 juta. Dengan DP 10%, yakni sebesar Rp 12.300.000 dan cicilan selama 20 tahun, kamu bisa menyicil dengan besaran Rp 978.268 per bulan. Tapi, untuk dapat mengajukan kredit rumah subsidi ini kamu harus sudah bekerja selama minimal satu tahun.

Bagi kamu para pasangan muda, lebih baik dari sekarang, kamu mulai deh tuh buat simpan sebagian dari uang gaji kamu untuk bisa membeli rumah subsidi ini. Daripada dipake buat hal yang macem-macem 'kan? Yuk mulai menabung buat DP!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
145SHARES