Gaji 3 Jutaan, Bisa Menabung 500 Ribu dan Nongkrong? Begini Caranya!

28 Agustus 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Punya gaji di bawah 3 juta, terasa pas-pasan untuk bisa menabung. Kebutuhan yang beragam dan tuntutan jaman sekarang yang bikin kamu jadi lebih boros, mengharuskan kamu untuk memutar otak gimana caranya agar tetap bisa menabung.

Tapi ternyata kamu bisa kok menabung 500 ribu rupiah perbulannya dengan penghasilan kurang dari 3 juta! Dengan perkiraan alokasi yang tepat seperti ini, kamu bisa hidup sejahtera. Bahkan, masih bisa menganggarkan buat nongkrong asyik, kok. Segera simak dan terapkan tipsnya!

1. Menabunglah di awal saat gajian

Kalau mau sukses menabung, kamu harus menerapkan prinsip menabung di awal ketika gajian. Kalau perlu, saat gajian tiba kamu langsung memindahkan 500 ribu ke rekening bank kamu yang satunya lagi untuk ditabung. Dan penting juga untuk nggak mengganggu gugat rekening tabungan tersebut. Menabung di awal akan meminimalisir uang yang tiba-tiba kepakai untuk hal yang nggak perlu, nih.

Menabung = Rp 500 ribu

2. Hitung-hitung kebutuhan primer seperti makan

Sudah berpenghasilan sendiri, akan membuatmu merasa bertanggung jawab akan kelangsungan hidupmu sendiri tiap harinya. Untuk makan, misalnya. Kalau masih tinggal di rumah orangtua, kamu akan jauh lebih hemat. Tapi kalau kamu mau membiayai diri sendiri dan merantau di kota lain, kendalikan uang makanmu dengan membatasinya sekitar 25 ribu per hari untuk 2 kali makan. Terlebih lagi kalau kamu cukup jago memasak sendiri, bisa makin hemat, tuh!

Makan = Rp 25 ribu x 30 hari = Rp 750 ribu

3. Gimana dengan transportasi sehari-hari?

Bagi kamu yang tiap hari ke mana-mana dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum, nggak mungkin dong kamu nggak mengalokasikan dana untuk ongkos bensin? Nah, kamu bisa mengontrol pengeluaranmu di sini. Pilihlah alternatif kendaraan yang paling efektif, kalau bisa paling murah. Rata-rata kau bisa menghabiskan uang 600 ribu per bulannya untuk ongkos atau akomodasi, nih.

Ongkos = Rp 20 ribu x 30 hari = Rp 600 ribu

4. Harus alokasikan untuk belanja keperluan bulanan

Bagaimanapun, kamu butuh belanja. Entah itu dialokasikan untuk beli pulsa, kuota, belanja keperluan bulanan, hingga mungkin kamu butuh baju baru. Keperluan bulanan itu sebaiknya memang kamu tulis berdasarkan prioritas. Setelah itu hitung semua pengeluarannya dan pilih kebutuhan mana dulu nih yang akan kamu penuhi. Usahakan untuk nggak melebihi 400 ribu per bulannya. Jadi kamu masih bisa berhemat hingga bulan depannya lagi, 'kan?

Keperluan bulanan = Rp 400 ribu

5. Tenang, masih bisa nongkrong, kok!

Siapa bilang gaji di bawah 3 juta dan menabung 500 ribu nggak bisa nongkrong? Kamu juga perlu refreshing dong sesekali. Setiap akhir pekan kamu tetap bisa nongkrong, entah itu nonton bioskop atau sekedar hangout di café bersama teman-teman. Sisihkan 200 ribu per bulan untuk digunakan sebulannya. Sesuaikan tempat nongkrong dan aktivitasnya ya. Jangan hanya karena gaya-gayaan kamu jadi boros, tuh!

Nongkrong = Rp 50 ribu x 4 = Rp 200 ribu

Kalau di hitung-hitung, dalam sebulan total alokasi pendapatanmu adalah Rp 2.450.000 aja lho! Itu udah termasuk menabung 500 ribu juga kan? Kalau gajimu lebih dari itu, justru kamu bisa menabung lebih banyak lagi. Menabung 500 ribu per bulan, dalam 6 bulan kamu bisa jalan-jalan ke Bali atau Singapura, lho!

Nah gimana, ternyata menyisihkan uang untuk ditabung tidak sesulit yang dibayangkan! Selamat mencoba! Semoga tabunganmu segera beranak-pinak, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES