Gadget Hilang? Tenang, Chat Pentingmu di WhatsApp Nggak Akan Lenyap Kok!

07 April 2018
|Galih Pangestu Jati
0SHARES

Kehilangan gadget mungkin menjadi mimpi buruk bagi banyak orang. Pasalnya, bukan hanya perkara harga gadget-nya, tetapi data yang tersimpan di sana lah yang bikin khawatir dan resah. Karena gadget sekarang ini bukan lagi sekadar alat komunikasi, tetapi juga merupakan media yang hampir sama fungsinya dengan komputer. Yakni menyimpan berbagai macam data pribadi penting, seperti foto, video, musik, bahkan dokumen lainnya. 

Tak hanya itu, hal yang perlu diresahkan pula adalah chat dengan seseorang yang bersifat pribadi yang ada di messanger WhatsApp. Pasalnya, percakapan di sini bisa juga disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa-bisa dimanfaatkan untuk tindak kriminal.

Namun, kini tidak perlu khawatir. Dilansir dari Gadgetnow, ternyata ada cara untuk menyelamatkan datamu yang terdapat dalam WhatsApp dan mengembalikan akun tersebut ke tanganmu secara mudah.

Yang perlu dicatat, kamu harus secara rutin melakukan back up data ke Google Drive secara berkala. Caranya, kamu bisa masuk ke aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu setting atau pengaturan. Lalu, pilih Chat Setting dan pilih Chat Back up. Di sana, kamu bisa mengatur back up data sesuai dengan keinginanmu dan kebutuhanmu.

Setelah memastikan data telah di-back up, langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan akun dan data WhatsApp-mu adalah menghubungi call center provider yang kamu gunakan. Mintalah kepada customer service untuk mengunci kartu SIM-mu. Dengan demikian, akunmu untuk sementara akan aman dan tidak ada yang menyalahgunakan. Kamu pun bisa kembali meminta kartu SIM baru dengan nomor yang sama dengan mendatangi gerai provider terdekatmu.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah membuka WhatsApp-mu di gadget-mu yang baru. Setelah mendapatkan kartu SIM yang baru, kamu mengaktifkan kembali akun WhatsApp kamu dan akunmu pun sudah kembali ke tangan. Lalu, untuk mengembalikan data-datamu, lakukan impor data yang ter-back up di Google Drive ke gadget barumu.

Nah, mudah bukan buat back up data di WhatsApp? Kini, kamu tak perlu lagi resah datamu dan akunmu akan disalahgunakan orang. Kamu juga bisa kembali menjalin silaturahmi dengan orang-orang kesayanganmu. Asalkan tahu caranya, kamu nggak lagi panik saat tiba-tiba gadget-mu hilang. Semoga nggak kejadian deh ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
0SHARES