Deteksi Dini Kanker Payudara Bisa Kamu Cek Sendiri dengan 7 Cara Ini, Ladies!

unsplash.com

Salah satu upaya dalam mencegah kanker payudara adalah dengan memeriksanya. Nggak perlu buru-buru ke dokter, kamu juga bisa memeriksa payudaramu sendiri. Sebaiknya kamu rutin memeriksa payudara minimal sebulan sekali, yaitu pada saat sebelum haid, saat haid, dan setelah haid karena pada ketiga masa itu, hormon di tubuh berubah-ubah.

Periksalah saat tubuhmu dalam kondisi kering dan apa adanya, maksudnya bukan lagi mandi atau udah pakai lotion di kulit. Kemudian lakukan cara berikut ini.

1. Sentuh bagian samping payudara

www.maurerfoundation.org

Cara ini dilakukan dengan berbaring dan letakkan bantal di belakang punggungmu. Angkat tangan kananmu ke arah dahi dan gunakan tangan kiri untuk memeriksa payudara kananmu. Seharusnya payudaramu akan tampak rata dan sejajar dengan dada. Sentuh perlahan bagian sisi payudara kananmu dan rasakan apakah ada benjolan atau terasa sakit. Lakukan pula pada payudara kirimu dengan posisi tangan yang berlawanan.

2. Gerakan melingkar dengan tiga jari

www.maurerfoundation.org

Masih dengan posisi berbaring, gunakan tiga jarimu (bukan hanya ujung-ujung jari aja ya) untuk merasakan jaringan payudara di bagian sisi payudaramu. Letakkan ketiga jarimu di spot-spot tertentu dan lakukan gerakan melingkar yang kecil. Sambil memutar, kamu harus menekan jarimu pada 3 level tertentu: ringan, sedang, dan kuat. Setelah itu ganti ke spot lainnya. Lakukan pula pada payudara kirimu dengan posisi tangan yang berlawanan.

3. Gerakan melingkar di sisi payudara

www.maurerfoundation.org

Nah kalau yang ini gerakan memutar yang lebih besar. Masih dengan posisi berbaring, arahkan ketiga jarimu untuk memijat dengan arah melingkar mulai dari bawah ketiakmu mengikuti garis bra menuju ke bagian dalam payudara hingga ke puting. Bisa juga dengan gerakan naik turun pada payudaramu hingga ke bagian puting. Sambil sesekali ditekan, rasakan apakah kamu merasa ada benjolan atau merasa sakit?

4. Sentuh bagian depan payudara dan puting
www.maurerfoundation.org

Kali ini, letakkan tanganmu sehingga membentuk posisi seperti di gambar, bukan lagi diletakkan pada dahi. Lakukan gerakan melingkar atau naik turun dengan ketiga jarimu pada bagian depan payudara sambil sesekali ditekan. Lalu letakkan tanganmu sehingga menjadi di sisi badanmu dan ulangi gerakannya. Kamu juga bisa memeriksa bagian puting dengan gerakan melingkar tanpa meremasnya. Lakukan pada kedua payudara.

5. Berdiri dengan tangan di sisi badan
www.maurerfoundation.org

Nggak hanya menyentuh, berdiri di depan cermin dan melihatnya pun bisa menjadi awal mula deteksi dini kanker payudara. Letakkan tanganmu di masing-masing sisi badan. Lalu perhatikan bentuk payudaramu. Umumnya memang bentuk payudara nggak identik, jadi normal banget kalau salah satu payudaramu lebih besar. Tapi kamu harus curiga kalau perbedaannya sangat signifikan dan nggak wajar.

6. Berdiri dengan tangan diangkat ke atas

www.maurerfoundation.org

Posisi kayak gini bisa kamu manfaatkan untuk melihat apakah ada bentuk payudara yang nggak wajar. Selain itu, perhatikan juga urat-urat atau pembuluh darah yang ada di sekitar payudaramu. Apakah ada yang tampak dari luar, ada yang timbul, dan sebagainya. Kamu perlu curiga karena dengan begitu kamu bisa lebih cepat memeriksakan diri ke dokter dan mencegah adanya tumor atau kanker yang mengganas.

7. Berdiri dengan tangan di pinggang dan sedikit membungkuk

www.maurerfoundation.org

Terakhir, kamu bisa lakukan gerakan seperti ini. Sambil bercermin, kamu juga bisa mengobservasi apakah kulit di bagian payudaramu kemerahan, terdapat ruam, hingga apakah bertekstur seperti kulit jeruk? Kamu juga bisa memerhatikan puting apakah bengkak, gatal, kemerahan dan apabila dipencet apakah mengeluarkan cairan atau nanah dan sebagainya. Dari sini, kamu perlu ambil tindakan yang tepat yaitu langsung periksa ke dokter.

Kalau kamu merasa ada benjolan, jangan panik. Sebenarnya sebagian besar benjolan bukan berarti tumor atau kanker payudara. Kamu harus periksa ke dokter untuk mendapatkan jawaban atas apa yang terjadi. Jadi, periksa payudara sendiri itu nggak sulit, bahkan bisa dibilang nggak sampai 10 menit kok! Semuanya bisa teratasi kalau kamu mau perhatian dan sayang dengan tubuhmu sendiri. Setuju?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Memanjakan Diri Itu Mudah, Bikin Nyaman dengan Pakai Piyama di Rumah Seharian

Memanjakan Diri Itu Mudah, Bikin Nyaman dengan Pakai Piyama di Rumah Seharian

5 Resep Brokoli Ini Nggak Cuma Enak, Tapi Juga Gampang Bikinnya!

5 Resep Brokoli Ini Nggak Cuma Enak, Tapi Juga Gampang Bikinnya!

Rambut Blonde Lagi Booming, Simak 7 Trivia Ini Sebelum Mengubahnya Jadi Pirang

Rambut Blonde Lagi Booming, Simak 7 Trivia Ini Sebelum Mengubahnya Jadi Pirang

5 Trik Masak Telur Ceplok Supaya Bentuknya Indah Paripurna, Anti Gagal!

5 Trik Masak Telur Ceplok Supaya Bentuknya Indah Paripurna, Anti Gagal!

Bukan Lagi Jadi Pelindung Kepala, 8 Bentuk Topi Ini Uniknya Susah Diterima Logika

Bukan Lagi Jadi Pelindung Kepala, 8 Bentuk Topi Ini Uniknya Susah Diterima Logika

Ketika Jadi Barbie dan Bibi Saat di Rumah, Jessica Iskandar Langsung Berubah Drastis

Ketika Jadi Barbie dan Bibi Saat di Rumah, Jessica Iskandar Langsung Berubah Drastis

loading